Kandungan Buah Nangka Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan Buah Nangka Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted on

Kandungan Buah Nangka Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan – Buah nangka dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebuat Jack Fruit merupakan salah satu buah yang sangat populer di wilayah Asia. Tanaman buah nangka masih tergolong dalam famili Moraceae, genus: Artocarpus dan masih berkaitan erat dengan buah ara, murbei dan sukun. Buah nangka yang mentah berwarna hijau, pada saat matang warnanya menjadi kuning hingga coklat. Jika sudah masak, daging buahnya memiliki rasa yang sangat manis.

Berikut ini ada beberapa manfaat daripada buah nangka yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

1. Sumber Energi yang Baik

Ada banyak sekali manfaat buah nangka untuk kesehatan, salah satunya adalah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang meliputi fruktosa dan sukrosa. Kedua zat ini apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung.

2. Kaya Akan Serat

Buah Nangka diketahui memiliki kandungan serat makanan yang tinggi, sehingga dapat menjadi obat pecahar yang baik. Serat membantu untuk melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

3. Mengandung Vitamin A

Buah Nangka yang segar memiliki sejumlah vitamin pigmen-A dan flavonoid seperti karoten-B, xanthin, lutein dan cryproxanthin-B. Secara bersamaan, senyawa ini memberikan peran penting dalam antioksidan dan fungsi penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya vitamin A dan karoten dapat melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

4. Sumber Vitamin C dan Antioksidan

Buah Nangka juga merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin C-, serta menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.

5. Sumber Vitamin B

Buah yang kaya akan Vitamin B-kompleks, memiliki kandungan vitamin B-6 (pyridoxine), niacin, riboflavin, dan asam folat. Buah nangka segar merupakan sumber potasium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung, serta tekanan darah.