Jenis Mineral Dalam Makanan Yang Diperlukan Tubuh Manusia

Jenis Mineral Dalam Makanan Yang Diperlukan Tubuh Manusia

Jenis Mineral Dalam Makanan Yang Diperlukan Tubuh Manusia – Mineral dalam konteks nutrisi merupakan unsur kimia yang dibutuhkan sebagai nutrisi penting oleh organisme untuk melakukan fungsi yang diperlukan dalam proses kehidupan. Mineral berasal dari bumi dan tidak bisa dibuat oleh organisme hidup. Tanaman mendapatkan mineral dari tanah. Sebagian besar mineral dalam makanan manusia berasal dari memakan tumbuhan dan hewan atau dari air minum. Tubuh manusia menggunakan 16 mineral yang berbeda untuk membentuk segudang komponen struktural.

Macam Macam Mineral dan Fungsinya Bagi Manusia :

1. Kalsium

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Kalsium juga membantu dalam proses pembekuan darah. Contoh bahan makanan yang mengandung kalsium adalah susu, ikan, kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, dan telur.

2. Fosfor

Kegunaan Fungsi Fosfor Bagi Tubuh Manusia

Fosfor berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan juga membentuk tulang dan gigi. Bahan makanan yang banyak mengandung fosfor antara lain : kacang merah, jagung kuning, kacang mede, udang, daging ayam, dan sapi.

3. Zat Besi

Zat Besi Terkandung Dalam Makanan Apa Saja

Zat besi atau Fe berguna sebagai pembentuk hemoglobin dalam darah. Hemoglobin bertugas mengangkut oksigen dalam tubuh. Jika kekurangan hemoglobin akan mengakibatkan orang menderita anemia (kurang darah). Contoh bahan makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain : bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, kacang panjang, hati, telur, dan daging.

4. Yodium

Fungsi Yodium Dan Sumbernya

Yodium diperlukan tubuh untuk membentuk hormon thyroxin. Kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran kelenjar gondok atau disebut dengan penyakit gondok. Bahan makanan yang banyak mengandung yodium contohnya garam dapur, ikan laut, sayuran, dan lain – lain.

5. Seng (Zinc)

Manfaat Zinc Pada TubuhSeng adalah mineral yang terlibat dalam berbagai reaksi kimia yang dilakukan tubuh Anda setiap menit. Setiap sel di tubuh Anda membutuhkan seng dalam beberapa kapasitas. Misalnya, seng berperan penting dalam penglihatan, pendengaran, pertumbuhan, kesuburan, dan penyembuhan luka. Yang juga penting adalah perannya dalam fungsi kekebalan tubuh. Menurut buku gizi Nutritional Medicine, seng memiliki khasiat anti vital yang bisa membantu melawan virus flu biasa.

Ratusan Enzim pada tubuh manusia tidak bisa bekerja tanpa Seng. Pada tubuh setiap mahluk hidup terdapat seng. Defisiensi Seng pada tubuh manusia akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit, hal itu telah terbukti pada penelitian ilmiah dimana suatu penduduk yang mengalami defisiensi mineral zinc untuk tubuh.

Makanan yang banyak mengandung seng sangat mengarah ke sumber berbasis hewani contohnya yaitu daging sapi, domba, kalkun, makanan laut, dan udang. Sumber lain yang baik untuk dikonsumsi berasal dari tumbuhan adalah kacang kering dan kacang polong. Jika Anda merupakan seorang vegetarian atau vegan, Anda berisiko lebih besar terkena defisiensi (Kekurangan) seng, terutama jika Anda tidak makan kacang polong.

6. Natrium (Sodium)

Fungsi Natrium Dalam Tubuh Manusia

Sodium (Na) adalah mineral yang penting bagi tubuh manusia. Natrium diatur dalam tubuh oleh ginjal manusia yang akan membantu mengendalikan keseimbangan cairan tubuh Anda. Selain itu Natrium juga membantu mengirim impuls saraf dan mempengaruhi fungsi otot.

7. Kalium

Fungsi Kegunaan Kalium Dalam Tubuh Manusia

Kalium sangat efektif sabagai pemembuat semua sel, jaringan, dan seluruh organ didalam tubuh manusia agar bisa berfungsi secara baik. Kalium juga merupakan sebuah elektrolit, yaitu suatu zat yang akan melaksanakan fungsi listrik pada tubuh, yang bekerja bersama klorida, kalsium, natrium dan magnesium. Selain itu Kalium berperan penting untuk fungsi jantung, serta menjaga fungsi pada otot dan pencernaan agar selalu normal. Sumber Nutrisi pada makanan yang kaya akan Kalium antara lain  kubis, wortel, kentang, bawang dan jeruk.

8. Sulfur

Fungsi Sulfur Bagi Tubuh Manusia

Manfaat sulfur pada tubuh manusia membantu menjaga keseimbangan oksigen untuk fungsi otak. Selain itu sulfur juga bersama-sama dengan vitamin B kompleks dapat membantu memperlancar metabolisme didalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Makanan yang mengandung Nutrisi Sulfur adalah bawang bombay, kacang-kacangan, kubis-kubisan dan bawang putih.

Itulah beberapa mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Mungkin masih banyak jenis mineral yang dibutuhkan manusia belum dapat saya tuliskan. Tentunya tidak hanya cukup untuk memenuhi Nutrisi dalam tubuh manusia, semua itu harus diseimbangi dengan polah hidup sehat serta rajin berolah raga.