Jenis Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Secara Umum – LENGKAP

Jenis Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Secara Umum - LENGKAP
Jenis Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Secara Umum – Vitamin adalah zat yang sangat penting bagu tubuh. Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh dari berbagai penyakit. Bila kita kekurangan Vitamin akan menderita Avitaminosis ( menyebabkan ganguan metabolisme tubuh). Jika kelebihan vitamin akan menyebabkan Hipertaminosis.

 

Fungsi vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme adalah perputaran zat pada makluk hidup yang mencakup proses Fisika dan kimia (proses perputaran tubuh). Metabolisme merupakan sejumlah sel reaksi kimia yang mendorong aktivitas sel.

 

Ada beberapa jenis Vitamin yaitu Vitamin A, B, C, D, E dan K. Vitamin dapat kita peroleh dari sayuran dan buah-buahan. Vitamin dibagi menjadi 2 macam yaitu Vitamin yang larut dalam air (Vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A,D,E, dan K). Vitamin yang larut dalam lemak( A,D, E dan K ) dapat di simpan dalan tubuh. Dan bisa berfungsi sebagai cadangan makanan.

Macam Macam Vitamin dan Manfaatnya Bagi Tubuh Berserta Contoh :

☑ Vitamin A

Sumber Vitamin A Dan FungsinyaVitamin A adalah vitamin yang larut lemak yang di simpan terutama dalam hati. Ada 2 bentuk Vitamin A retinol dan betakarotin. Betakarotin adalah bahan anti oksidan yang berguna untuk menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel yang sehat dan meningkatkan resiko mempercepat proses penuaan. Retinol yang trerdapat pada dalam produk hewan. Contoh telur, susu dan ikan. Betakarotin yang terdapat pada produk tumbuhan. Contoh wortel, kangkung dan brokoli.Betakarotin terdapat pada sayuran dan buah-buahan yang berwarna jingga dan hijau.

Fungsi Vitamin A berguna untuk :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga kesehatan kulit.
Vitamin A juga memacu pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Kekurangan Vitamin A akan menyebabkan rabun senja.

 

☑ Vitamin B

Macam Jenis Vitamin B Vitamin B1 B2 B3 B5 B6 B12 Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Vitamin B mempunyai sifat tersendiri dan memiliki peranan biologis yang unik. Vitamin B biasanya disebut B komplek. Secara umum vitamin B berperan dalam menjaga kesehatan saraf, pencernaan dan pertumbuhan.  Vitamin  B mempunyai fungsi yang berbeda dan jenis makanan yang berbeda.
Jenis jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B 12

 

☑ Vitamin C

SUMBER VITAMIN C DAN FUNGSINYAVitamin C  merupakan vitamin yang larut di dalam air dan sangat penting. Fungsinya sangat penting bagi kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan luka. Vitamin C terdapat pada sayur dan buah-buahan. Jenis makanan yang mengandung vitamin c yaitu apel, pir, pisang, mangga, pepaya kubis , wortel b,kelapa, bawang putih dan sayuran hijau. Kekurangan Vitamin c dapat menyebabkan daya tahan tubuh berkurang, sulit tidur, sariawan, dan sakit pada persendian.

 

☑ Vitamin D

SUMBER VITAMIN D DAN FUNGSINYAVitamin D adalah vitamin larut lemak yang memainkan peranan dalam mengawal penyerapan kalsium, yang membantu perkembangan tulang dan juga sangat penting bagi pembentukan darah. Vitamin D  berguna untuk kesehatan tulang, otot dan gigi. Vitamin D merupakan jenis vitamin yang dapat di simpan didalam tubuh. Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk mengaktifkan provitamin D yang tersimpan dalam tubuh menjadi vitamin D. Jenis makanan vitamin D yaitu keju , kuning telur, susu, minyak ikan dan biji bunga matahari. Kekurangan vitamin D  dapat menyebabkan penyakit rakhitis pada anak serta dapat melemahkan otot dan tulang pada orang dewasa.

 

☑ Vitamin E

SUMBER VITAMIN E DAN FUNGSINYAVitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah kemandulan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah taoge, gandum, minyak, dan kacang – kacangan.

 

☑ Vitamin K

SUMBER VITAMIN K DAN FUNGSINYAVitamin K diperlukan dalam pembekuan darah. Kekurangan Vitamin K dapat mangakibatkan darah sukar membeku atau hemofilia. Bahan makanan yang banyak menadung vitamin K adalah hati, sayuran segar, susu, dan kacang kedelai.

 

Karena tubuh kita membutuhkan semua vitamin ini agar tetap sehat, sulit untuk mendapatkan semua vitamin ini dengan mengonsumsi makanan seimbang. Kebanyakan dari kita memiliki gaya hidup yang sibuk dimana kita bekerja serta melakukan rutinitas lainnya dan juga kita mungkin memiliki gaya hidup kurang baik. Bagi anda yang ingin cara praktis tentunya meminum Suplemen atau sejenisnya tetapi bagi anda yang tidak memiliki uang cukup banyak anda bisa melakukan gaya hidup sehat seperti makan teratur dan juga rajin dalam berolah raga.