Macam Jenis Vitamin B Complex Beserta Fungsi Dan Manfaatnya

Macam Jenis Vitamin B Vitamin B1 B2 B3 B5 B6 B12 Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Macam Jenis Vitamin B Complex Beserta Fungsi Dan Manfaatnya – Vitamin B adalah 8 vitamin atau juga dikenal dengan Vitamin B Komplek yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Vitamin B Komplek terdiri dari delapan Vitamin B. Meskipun pada umumnya dikenal sebagai kelompok dan sering bekerja bersamaan dalam tubuh, masing-masing vitamin B memiliki fungsi tersendiri dan penting.

 

Vitamin B mempunyai sifat tersendiri dan memiliki peranan biologis yang unik. Vitamin B biasanya disebut B komplek. Secara umum vitamin B berperan dalam menjaga kesehatan saraf, pencernaan dan pertumbuhan.  Vitamin  B mempunyai fungsi yang berbeda dan jenis makanan yang berbeda.

 

Macam Jenis Vitamin B Beserta Fungsi Dan Manfaatnya :

• VITAMIN B1 (Tiamina) [C12H17N4OS+]
Macam Jenis Vitamin B1 Beserta Fungsi Dan ManfaatnyaFungsi vitamin B1 memelihara kesehatan otot dan saraf.  Jenis makanan B1 yaitu gandum  kacang tanah dan kedelai dan Nasi (beras Padi). Kekurangan B1 menyebabkan susah tidur dan sulit berkonsentrasi , kerusakan syaf dan penurunan otot.

 

• VITAMIN B2 (Riboflavin) [C17H20N4O6]
Macam Jenis Vitamin B2 Riboflavin Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Vitamin B2 berfungsi untuk pertumbuhan anak perbaikan sel dan pemeliharaan jaringan. Jenis makanan yang mengandung vitamin B2 yaitu brokoli , keju dan susu. Kekurangan vitamin B2 adalah timbulnya masalah pada kulit, gatal pada mata dan sensitif pada cahaya.

 

• VITAMIN B3 (Niacin) [C6H5NO2]
Macam Jenis Vitamin B3 Niacin Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Fungsi vitamin B3 untuk memproses zat sisa dan menguraikan asam lemak. Jenis makanan B3 yaitu daging , jamur, minyak ikan kacang tanah , kedelai dan gandum. Vitamin B3 akan bekerja secara efektif jika vitamin B1 dan B2 tersedia. Kekurangan B3 dapat menyebabkan otot melemah, pecah-pecah pada kulit dan timbulnya masalah depresi.

 

• VITAMIN B5 (Asam Pantotenat) [C9H17NO5]
Macam Jenis Vitamin B5 Asam Pantotenat Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Fungsi Vitamin B5 untuk memproses energi dari karbohidrat dan lemak. Vitamin B5 terdapat pada daging dan brokoli. Kekurangan B5 menyebabkan mati rasa pada kaki, kelelahan dan sakit perut.

 

• VITAMIN B6 (Piridoksina) [C8H11NO3]
Macam Jenis Vitamin B6 Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Fungsi  Vitamin B6 untuk memproses dan menyusun protein. Jenis makanan yang mengandung vitamin B6 yaitu pisang, daging dan kedelai. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan busung lapar, depresi, masalah kulit dan saraf.

 

• VITAMIN B12 (Kobalamin) 
Macam Jenis Vitamin B12 Beserta Fungsi Dan Manfaatnya
Fungsi B12 adalah untuk membentuk sel darah merah. Jenis makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu keju, telur, dan daging. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia.

 

Itulah beberapa Jenis Fungsi dan mandaat yang terdapat pada Vitamin B secara singkat. Jika seseorang kekurangan dalam salah satu Vitamin tersebut tentunya ankan menyebabkan efek samping seperti yang dituliskan di atas. Selalu penuhi Vitamin dalam tubuh agar Badan selalu sehat dan fit untuk menjalani aktifitas sehari-hari.