Pengertian Definisi Manajemen Strategi -Tujuan, Manfaat dan Proses

Pengertian Manajemen Strategi : Tujuan, Manfaat dan Proses

Posted on

Secara umum yang dimaksud dengan manajemen strategi adalah sebuah proses atau rangkaian dari suatu pengambilan keputusan, yang bersifat mendasar dan juga menyeluruh. Yang disertai dengan penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh semua jajaran yang ada di dalam sebuah organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Definisi lainnya dari manajemen strategi adalah seni atau ilmu pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pada setiap keputusan lintas fungsional. Yang dimana hal itu akan memungkinkan sebua organisasi, untuk mencapai tujuannya sendiri. Manajemen strategi biasanya akan fokus pada proses penetapan tujuan di dalam sebuah organisasi.

Tujuan Manajemen Strategi

Sama halnya dengan namanya, di dalam manajemen strategi ini memiliki manajer yang tugasnya adalah menyusun serangkaian strategi di dalam perusahaan. Biasanya hal ini dihubungkan dengan bidang pemasaran. Manajer harus menyusun, mengatur, mengimplementasikan dan juga mengevaluasi strategi apa saja yang telah disepakati bersama.

Dengan tujuan utamanya di dalam bidang bisnis, seperti berikut ini :

1. Untuk memberikan arah dalam mencapai tujuan bersama

Manajer memiliki peran dalam mengarahkan seluruh pihak, yang dalam hal ini merupakan sumber daya perusahaan dalam melakukan kegiatan yang mengarah pada tujuan perusahaan tersebut. arah kegiatannya juga harus jelas, dan menjadi landasan dalam mengendalikan serta mengevaluasi keberhasilan.

2. Untuk menjaga kepentingan dari berbagai pihak

Manajer juga harus menyusun strategi dalam mempertemukan kebutuhan, dari masing-masing pihak seperti misalnya supplier, karyawan, pemegang saham, perbankan, dan masyarakat. Komponen ini juga berperan dalam berhasil atau tidaknya kebijakan yang telah dibuat.

3. Untuk mengantisipasi perubahan dengan cara yang merata

Dengan adanya manajemen strategis tersebut, maka hal itu akan memungkinkan para eksekutif dalam mengantisipasi perubahan dan menyiapkan pedoman dalam hal pengendalian. Tujuannya adalah untuk memperluas kerangka berpikir, dengan cara yang lebih perspektif.

Manfaat Manajemen Strategi

  1. Manajemen strategi dapat menghasilkan keputusan terbaik, bagi setiap organisasi.
  2. Kegiatan dalam merumuskan kebijakan strategi akan membantu untuk meningkatkan kemampuan organisasi, untuk menghadapi segala tantangan yang ada.
  3. Keterlibatan pegawai di dalam merumuskan strategi tentu akan membuat mereka mengerti dan menghargai produktivitas, yang pada akhirnya akan meningkatkan motivasi di dalam bekerja.
  4. Implementasi di dalam manajemen strategi yang baik, akan membuat suatu organisasi menjadi lebih peka pada setiap ancaman yang timbul dari luar.
  5. Sebuah manajemen strategi yang baik, juga akan membantu mencegah beragam masalah yang asalnya dari dalam atau dari luar.

Proses Serta Tahapan Di Dalam Manajemen Strategi

Seorang pemula di dalam dunia bisnis khususnya yang berskala kecil, akan mengabaikan dasar-dasar dalam melakukan sebuah bisnis. Mereka cenderung memulai bisnis tanpa rencana yang matang. Berikut ini ada beberapa tahapan dalam menyusun manajemen strategi dalam berbisnis :

1. Merumuskan sebuah strategi

Di tahap ini organisasi akan melakukan pengembangan dalam hal visi dan juga misi, kemudian melakukan analisis SWOT, menetapkan dan menentukan tujuan dalam organisasi secara jangka panjang, dan beragam alternatif lainnya.

2. Menerapkan strategi

Strategi pun telah ditetapkan yang kemudian diimplementasikan contohnya dalam hal merancang struktur sebuah organisasi, distribusi sumber daya, membuat kebijakan, mengembangkan proses dalam pengambilan keputusan, mengelola sumber daya manusia dan lain sebagainya.

3. Mengevaluasi strategi

Lingkungan akan terus berubah seiring dengan berjalannya waktu, sehingga dibutuhkan evaluasi dengan cara berkala. Tujuannya adalah untuk melihat faktor baik secara internal maupun eksternal di dalam suatu perusahaan. Di dalamnya juga terdapat kegiatan dalam mengevaluasi kembali strategi yang telah dibuat.