Ciri-Ciri Teman Yang Baik

Ciri-Ciri Teman Yang Baik

Posted on

Bila ada seseorang yang patut anda perjuangkan selain keluarga dan kerabat, jawabannya tak lain dan tak bukan adalah teman. Karena teman juga merupakan salah satu harga yang paling berharga, yang dimiliki oleh hampir setiap manusia. Teman juga adalah tempat yang tepat, untuk mengutarakan segala keluh kesah dan setiap masalah yang ada.

Bahkan teman yang baik selalu bisa dijadikan tempat untuk berbagi kesedihan dan rasa bahagia. Dengan memiliki teman maka hidup anda juga akan menjadi lebih berarti. Tetapi yang namanya teman tidak selalu menjadi teman yang baik, karena ada juga jenis teman yang tidak baik. Atau teman yang merugikan kita. Sehingga anda harus pandai-pandai memilih teman yang baik.

Ciri Teman Yang Baik Dan Tulus

Berikut ini beberapa hal yang merupakan ciri dari teman yang baik dan tulus yang memang cocok dijadikan tempat berbagi. Diantaranya yaitu :

1. Teman yang selalu ada di segala kondisi

Teman adalah tempat yang tepat untuk menumpahkan segala suka dan duka, dan bukan teman yang hanya ketika mereka butuh saja. Teman yang baik dan tulus akan menjadi orang pertama, yang menghibur anda pada saat anda sedih dan gundah. Teman yang seperti itulah yang harus anda pertahankan.

2. Teman yang selalu memberi

Ciri teman yang baik dan tulus berikutnya adalah teman yang selalu memberi bantuan, pada saat anda membutuhkannya. Serta teman sering membantu anda diam-diam, agar anda tidak tahu. Tipe teman tersebut adalah teman yang baik dan tulus, dan tidak akan menuntut anda dalam melakukan berbagai macam hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang teman.

3. Teman yang mampu menjaga segala rahasia

Anda juga harus memilih teman yang mampu menjaga rahasia apapun, yang anda miliki. Dengan menjaga rahasia tersebut, maka anda bisa saling menjaga rahasia masing-masing. Karena ada banyak tipe teman yang bersikap baik di hadapan anda, tetapi akan balik mencemooh ketika di belakang anda. Sehingga jenis teman seperti itu, tidak akan pandai menjaga rahasia.

4. Teman yang apa adanya dan sikapnya tidak dibuat-buat

Teman yang baik adalah teman yang tulus sikapnya pada anda, dan perilakunya pun tidak dibuat-buat. Jenis teman yang apa adanya, terkadang sikapnya menyebalkan karena ia akan mengatakan apapun tentang anda misalnya saat pakaian yang anda kenakan tidak cocok. Tapi teman tersebut adalah teman yang jujur, dan peduli dengan apa yang terbaik bagi anda.

5. Teman yang selalu mau memaafkan

Diantara teman atau sahabat tentu akan ada kesalahpahaman, atau perbedaan pendapat. Tapi bila teman anda memiliki sikap yang pemaaf, maka hal-hal yang kurang berkenan tidak akan menjadi masalah yang besar. Sebaliknya anda pun harus bersikap memaafkan, ketika teman anda melakukan suatu kesalahan.

6. Teman yang mampu menjadi seorang pendengar yang baik

Hal yang penting dari seorang teman adalah, ketika mereka bisa menjadi pendengar yang baik. Ketika anda sedang tertimpa masalah atau musibah, teman yang baik akan menjadi seorang pendengar yang baik. Yang akan mendengarkan segala keluh kesah anda, dan dapat menghargai segala sesuatu yang terjadi dengan anda.

7. Selalu memberi bantuan

Seorang teman yang baik tentu akan memberi bantuan ketika anda sedang dalam kesusahan, mereka juga tidak akan meninggalkan anda sendiri saat anda membutuhkan bantuan. Baik bantuan yang diminta oleh anda ataupun tidak. Mereka akan senantiasa memberi bantuan dengan tulus, dan menolong anda dari segala kesulitan yang ada.