Tugas Staff Gudang

Tugas Staff Gudang

Posted on

1. Bertanggungjawab Atas Bongkar Muat Barang Di Gudang

Dalam sebuah perusahaan pada bidang gudang pastilah tidak akan pernah terlepas dari aktivitas bongkar muat. Dalam hal pergudangan  seseorang yang bertugas dan mempunyai tanggung jawab penuh dinamakan dengan staff gudang. Staff gudang juga bertugas mengawasi sekaligus mencatat setiap barang yang dimuat dari gudang maupun barang-barang yang di bongkar dari gudang. Dan dalam pencatatatn itu akan di bantu oleh staff administrasi gudang yang mencatat berdasarkan jumlah barang, nama barang, jenis barang, pengirim  barang dan penerima barang atau bahkan sampai sopir yang mengangkut juga tak lepas dari pencatatan.

2. Menandatangani Surat Penerimaan Barang

Sebagai petugas yang berkewajiban atas bagian gudang tentu seorang staff gudang mempunyai peran dalam menandatangani surat penerimaan barang dari produsen, eksportir, dan sebagainya. Di setiap barang yang datang ke gudang maupun barang yang keluar dari gudang harus atas sepengetahuan dan telah melakukan pengecekan dari staff gudang. karena prosedurnya seperti itu maka sebagai bukti legal harus sudah mendapat tanda tangan dari staff gudang. Namun, disini staff gudang hanya menandatangi pada aktifitas yang terkait dengan barang di lingkungan gudang saja.

3. Melakukan Pengecekan Barang di Gudang

Staff gudang bersama staff administrasi gudang harus bekerja sama atas pengecekan barang yang ada di gudang mengenai kualitas dan kuantitas barang yang ada di dalam gudang baik itu berada di ruangan penyimpanan atau pada saat ada pembongkaran barang. Mereka harus memastikan barang tersebut sesuai dengan data gudang mengenai jumlah barang dan barang apa saja. Dan ini bertujuan untuk dibuat laporan secara berkala.

4. Menyiapkan Barang Yang Akan Dikirim Dan Barang Yang Akan Disimpan Di Gudang

Tugas seorang staff gudang juga ikut serta dalam menyiapkan barang yang akan disimpan dan barang yang akan dikirim. Dan jika ada konsumen yang memesan barang dalam jumlah tertentu, tentu seorang staff gudang akan menyiapkan barang yang dipesan tersebut mulai dari alamat tujuan, kelengkapan administrasi, penghitungan barangnya, packing barang, hingga siapa yang akan mengantarnya sampai tujuan.

5. Membuat Laporan Aktivitas Barang

Jumlah barang dalam gudang tentu akan naik dan turun hal ini karena ada barang yang keluar untuk dikirim juga barang yang datang untuk disimpan hal ini tentu harus ada pelaporan secara berkala dan untuk itu dibutuhkan pencatatan atau membuat laporan aktivitas barang yang masuk maupun keluar tersebut.

Yang masuk dalam pencatatan juga meliputi barang yang rusak, pengembalian barang, hinggo stock yang tersedia dalam gudang. Pembuatan laporannya ini biasanya dibuat untuk laporan harian, mingguan dan tahunan.

6. Melakukan Koordinasi Dengan Bidang Lain Dan Klien

Dalam semua perkerjaan dalam sebuah perusahaan tentu saja semua dibutuhkan koordinasi antar divisi satu dengan divisi yang lain. Begitu pula dengan staff gudang juga dibutuhkan koordinasi juga dengan divisi lain. Misalnya koordinasi mengenai barang yang dipesan oleh klien, biasanya pemesanan barang akan melalui divisi pemasaran dan juga penjualan lalu divisi pemasaran akan berkomunikasi mengenai barang apa saja yang dipesan berikut berapa jumlah-jumlahnya. Koordinasi antar divisi sangat dibutuhkan karena di masing-masing bidang semua tugas pokoknya cukup kompleks serta akan selalu berkaitan dengan bidang-bidang lain seperti dengan bidang pemasaran, bidang penjualan  hingga bidang produksi.

Melihat rincian beberapa tugas staff gudang diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa tugas seorang staff gudang tidak bisa dianggap remeh. karena, ternyata banyak sekali yang harus dikerjakan, dan juga mempunyai tanggung jawab yang  besar pula. Dengan itu seorang staff gudang dituntut untuk sangat teliti, punya inisiatif, terampil, dan energik.