Tips Memilih Investasi Yang Tepat Dan Benar

Tips Memilih Investasi Yang Tepat Dan Benar

Tips Memilih Investasi Yang Tepat Dan Benar – Setelah membaca dan mengetahui alternatif investasi, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya memilih investasi yang begitu banyak pada saat ini. Jika kita sudah memutuskan ingin berinvestasi, dalam memilih investasi paling tidak kita harus mempertimbangkan empat faktor penting, yaitu:

Modal

Yang dimkasud dengan modal adalah berapa banyak dana yang kita perlukan untuk bisa melakukan investasi sampai kita memperolah keuntungan yang melebihi dari investasi yang kita lakukan. Prinsipnya, semakin kecil modal yang diperlukan maka semakin baik bagi investor.

Tingkat Pengembalian

Tingkat pengembalian adalah berapa persen keuntungan yang bisa diperoleh dari modal yang keluarkan dalam waktu tertentu. Semakin tinggi tingkat pengembalian dan semakin cepat jangka waktunya maka semakin baik bagi investor.

Tingkat Resiko

Resiko adalah berapa besar kemungkinan terjadinya kerugian yang dapat mengurangi jumlah modal kita dan bahkan menghabiskan modal kita. Semakin kecil tingkat resikonya, maka semakin baik bagi investor.

Arus Dana

Terakhir adalah arus dana yang berupa seberapa cepat dana dalam bentuk uang kas secara fisik kita tarik dari modal yang telah kita setor. Semakin cepat maka semakin baik bagi investor.

 

Selain keempat faktor penting diatas, ada juga faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan seperti biaya investasi, informasi, waktu, perdagangan, likuiditas pasar, dan aktivitas.