Pengertian Modernisasi Adalah - Ciri Ciri, Dampak dan Contoh

Pengertian Modernisasi Adalah : Ciri Ciri, Dampak dan Contoh

Posted on

Pada saat ini manusia sangat membutuhkan bantuan teknologi untuk kemudahan berbagai macam hal dalam hidupnya. Di Era modrn ini, masyarakat memanfaatkan media telekomunikasi untuk mempermudah mendapatkan informasi secara cepat. Sebagai contohnya bisa dilihat alam masyarakat sangat jarang untuk tidak membutuhkan kuota internet. Bahkan, beberapa jaringan sengaja diperbaharui agar bisa dijangkau oleh masyarakat di pedesaan kecil yang hampir luput dalam perolehan jaringan.

Pada zaman ini, Mesin, komputer, internet, menjadi sudah menjadi hal sangat penting bagi seseorang untuk mempermudah berbagai macam urusan menjalankan hidup. Hal – hal ini juga menyebabkan berevolusinya sistem sosial yang ada pada manusia dimana banyak kesenjangan – kesenjangan di antaranya. Sistem evolusi ini dinamakan dengan Modernisasi.

A. Pengertian Modernisasi

1. Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Astrid S. Susanto, modernisasi yaitu proses suatu pembangunan yang mampu memberikan kesempatan menuju arah perubahan demi sebuah kemajuan.
  • Selanjutnya, pandangan Alex Thio yang mengatakan bahwa modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial berupa masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri.
  • R. Soekmono menyatakan dimana modernisasi yaitu suatu tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sampai sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat – sifat pedesaan suatu masyarakat berlangsung.

2. Definisi Modernisasi Secara Umum

Berdasarkan pandangan – pandangan para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum definisi modernisasi adalah proses perubahan yang ditujukan demi kemajuan dengan melakukan pembaharuan dari sifat tradisional masyarakat menuju sifat baru yang didasarkan pada bidang perindustrian.

B. Faktor Penyebab Modernisasi

Modernisasi memungkinkan suatu masyarakat yang awalnya berpikiran secara tradisional mulai mencari jalan keluar bagaimana cara tradisional tersebut bisa berevolusi menjadi suatu cara yang lebih maju dan lebih mudah untuk diterapkan.

Dari kesimpulan tersebut, dapat dicontohkan bahwa modernisasi antara lain

  1. Kemunculan Mesin – dimana terjadi peralihan dari alat – alat tradisional yang semula digunakan dalam menjalankan aktivitas hidup terganti dengan peran sebuah mesin dalam bidang perindustrian. Tentu saja, penciptaan mesin ini membutuhkan kecerdasan dan keterampilan sehingga masyarakat mampu menciptakan teknologi yang bertujuan untuk memajukan kehidupan.
  2. Kemunculan Sosial Media – sosial media memegang peran penting dalam proses modernisasi. Semula masyarakat hanya mengandalkan sebuah lapangan luas atau papan pengumuman yang digunakan untuk menyebarkan informasi dan melakukan pembicaraan.
  3. Kemunculan Media Hiburan – dahulu masyarakat hanya mengandalkan mainan – mainan tradisional yang menggunakan alat – alat tubuh dan permainan – permainan tersebut dilakukan lebih dari satu orang. Seiring oleh waktu berkat kehadiran modernisasi, hiburan bukan hanya mainan tradisional tetapi kemunculan film, permainan dari gawai atau gadget, dan taman hiburan.
  4. Media Transportasi – berkat kecerdasan dan teknologi yang semakin berkembang, transportasi tidak hanya mengandalkan kaki, hewan, dan memakan waktu yang lama. Akan tetapi, modernisasi membawa keunggulan dimana transportasi menjadi lebih cepat dan lebih nyaman dengan menggunakan mesin yang dirancang hingga terbentuklah pesawat, kapal laut, kereta api, sepeda motor, mobil, dan sepeda.

C. Ciri – Ciri Modernisasi

Ciri ciri modernisasi yang bisa kita rasakan diantaranya adalah:

1. Kemajuan Pendidikan Masyarakat

Era modernisasi benar – benar membawa kemudahan pada setiap hal, salah satunya pendidikan. Modernisasi memungkinkan suatu sistem pendidikan tidak hanya bersumber dari satu tempat melainkan dari berbagai tempat. Ide – ide mudah terlahir melihat berbagai pengaksesan jalan pendidikan telah dipermudah.

Hal ini dapat dicontohkan melalui berlimpahnya bahan bacaan atau buku. Buku menjadi bahan belajar seseorang dari zaman ke zaman bahkan modernisasi juga mengambil peran di dalamnya. Buku yang jumlahnya masih sedikit berubah dari masa ke masa menjadi semakin banyak dengan beberapa revisi maupun pembaharuan yang disebabkan oleh peran modernisasi dalam perkembangan daya pikir masyarakat. Bukan hanya materi dari buku, bahan bacaan tersebut juga sangat mudah ditemukan, bahkan sekarang hanya bermodalkan internet kita sudah bisa membaca sebuah buku.

Selain dari buku, modernisasi juga membawa dampak atas kemajuan tenaga pengajar. Tenaga pengajar atau seorang guru dari setiap waktu berevolusi, dimana dahulu guru yang jumlahnya terbatas berkembang sehingga mampu memenuhi kebutuhan pendidikan. Bahkan, beberapa guru digantikan oleh kehadiran sebuah video atau program – program aplikasi yang nilai materialnya sama dengan tenaga pengajar.

Inspirasi yang ditimbulkan oleh para penemu beserta hasil ciptaannya juga dapat menumbuhkan motivasi untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi sehingga masyarakat melakukan gerakan perubahan secara terus – menerus.

2. Sifat Gotong Royong yang Mulai Punah

Modernisasi menimbulkan berbagai perubahan, salah satunya perubahan sifat seseorang yang awal mulanya bergerak dari masyarakat bergotong royong dan perlahan berubah menjadi masyarakat mandiri. Hal ini disebabkan oleh keefektifan dan keefisiensian yang menjadi tolok ukur pola pikiran masyarakat dalam bertindak.

Dahulu masyarakat masih saling membutuhkan proses gotong royong untuk bisa mencapat sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan sehari – hari. Sekarang, proses gotong royong tersebut digantikan oleh kehadiran penggunaan teknologi yang bisa membantu seseorang menyelesaikan problema sehari – harinya secara efektif dan efisien sehingga memunculkan jiwa kemandirian tersendiri pada diri seseorang.

3. Kemajuan Ekonomi Masyarakat

Modernisasi membawa kemajuan dalam proses kebutuhan masyarakat, salah satunya diwujudkan dalam perdagangan. Tata cara perdagangan yang berkembang seiring waktu membuat kemungkinan – kemungkinan dimana barang yang dijual pada satu daerah dapat dijangkau oleh daerah lain dengan mudah, cepat, dan tepat. Pola pikir masyarakat mengambil tindakan untuk mewujudkan hal tersebut.

Proses kemudahan perdagangan tersebut memungkinkan pertumbuhan ekonomi secara pesat dengan tidak hanya mengandalkan satu sumber untuk meraih penjualan serta pendapatan, tetapi mengandalkan sumber – sumber lainnya yang dengan seiring waktu akan terlahir sebagai proses modernisasi. Selain itu, hal ini juga berpengaruh terhadap penciptaan lapangan kerja, dimana dalam pembukaan sumber – sumber perdagangan yang lain sang pemilik usaha akan membutuhkan tenaga kerja lebih dari jumlah yang dimilikinya pada saat itu. Hal ini tentunya memajukan ekonomi rakyat.

D. Dampak Modernisasi

1. Dampak Positif

a). Kemudahan di Mana – Mana

Proses modernisasi memberikan dampak positif dimana kemudahan dalam menjalani kegiatan yang ada di dunia ini. Salah satunya dengan kecerdasan masyarakat yang semakin baik melalui kemunculan teknologi. Baik dari bangun tidur hingga tidur lagi kita mendapatkan kemudahan, yaitu bangun tidur dengan alarm handphone, makan dengan grabfood, tidur lagi dengan aplikasi penenang tidur. Semua terasa lebih mudah dan memberikan kebahagiaan.

b). Memperluas Jangkauan Komunikasi

Jangkauan komunikasi lebih diperluas pada zaman sekarang. Hal ini tentunya berkat kemajuan teknologi yang melahirkan berbagai macam alat untuk berkomunikasi.

c). Pikiran Manusia Mulai Rasional

Banyak pikiran – pikiran atau mitos – mitos yang berkembang pada zaman dahulu, seiring waktu mitos – mitos tersebut mulai lenyap sehingga dijadikan dengan idiom “kata orang dulu”. Masyarakat modernisasi mulai mempertimbangkan fakta dan logika dalam berpikir, sehingga sangat jarang ditemukan mitos – mitos yang berkembang seperti “kata orang dulu”.

2. Dampak Negatif

a). Menipisnya Sumber Daya Alam

Dalam era modernisasi, kemajuan – kemajuan yang terjadi di dalamnya terjadi karena penggunaan sumber daya alam. Sumber daya alam memiliki nilai yang terbatas sehingga usaha dalam membangun kemajuan tersebut menyebabkan ketersediaan sumber daya alam menipis.

b). Timbulnya Jiwa Kemalasan

Kemudahan dimana – mana banyak membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif adalah terbantunya orang banyak karena proses kemudahan tersebut, sedangkan dampak negatifnya adalah timbulnya jiwa pemalas dalam tubuh seseorang. Timbulnya hal ini dapat membuat seseorang berhenti dalam berkarya dan berakibat pada pembangunan yang sebenarnya ditujukan pada era modernisasi.

c). Penyakit – Penyakit Bermunculan

Era modernisasi dimana semuanya membawa kemajuan ternyata bisa menyebabkan kemunculan berbagai penyakit. Penyakit tersebut biasanya hanya berasal pada satu daerah bisa dengan cepat berkembang ke daerah lain. Hal ini tentunya disebabkan oleh kemudahan seseorang untuk berpergian ke daerah lain yang ternyata membawa dampak buruk.

Modernisasi banyak membawa dampak positif dan negatif pada suatu kehidupan. Namun, kita sebagai masyarakat millenials haruslah menyikapinya dengan benar. Modernisasi harus tetap berjalan semestinya dengan arahan yang tepat agar memakmurkan masyarakat.