Pengertian Dan Proses Cara Kerja SEO On Page - Optimasi Website

Pengertian Dan Proses Cara Kerja SEO On Page – Optimasi Website

Posted on

On Page SEO (Search Engine Optimization) adalah pengoptimalan suatu konten website atau blog pada Search Engine menggunakan elemen-elemen dalam halaman web atau blog tersebut, seperti teks, image, meta tag, dan link. On Page SEO bukanlah suatu trik untuk memanipulasi Search Engine, melainkan hanya sarana untuk memudahkan Search Engine meng-indeks suatu halaman web atau blog.

Berikut adalah cara-cara memaksimalkan SEO melalui On Page SEO :
1. Atas ke bawah, kiri ke kanan
Aturan Crawler dari Search Engine membaca suatu halaman web atau blog adalah dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Jadi Anda harus mengatur halaman situs Anda sesuai dengan aturan ini. Yang harus dilakukan :

  • Letakkan teks judul yang mengandung kata kunci di kiri atas.
  • Crawler menyukai konten. Jadi setelah header dan judul, disitulah konten halaman seharusnya diletakkan.
  • Setelah itu bagian lain yang kurang penting diletakkan di bagian kanan atau bawah.

2. Letakkan kata kunci di dalam nama domain
Crawler akan memberi nilai lebih pada suatu kata kunci yang diletakkan pada nama domain. Jadi sebisa mungkin Anda menggunakan target kata kunci ke dalam nama domain. Dan juga gunakan layanan hosting yang populer, yang memungkinkan web atau blog memperoleh traffic lebih.

3. Prioritas letak kata kunci di halaman web atau blog
Ada prioritas letak kata kunci suatu halaman yang dibaca crawler, yaitu : domain atau url > title tag > image tag > 200 kata pertama > kata-kata setelahnya. Maka untuk mengoptimalkan suatu kata kunci, ikuti petunjuk tersebut. Tetapi Anda harus berhati-hati dan pertimbangkan keyword density, dan jangan coba-coba mencurangi Search Engine.

4. Analisa kompetitor Anda dalam mengoptimalkan kata kunci
Coba Anda lihat dalam hasil pencarian suatu kata kunci di Seach Engine (Google atau Yahoo). Pelajari bagaimana kompetitor Anda mengoptimalkan kata kunci tersebut. Lihat juga dari mana saja kompetitor memperoleh link. Tidak ada salahnya Anda mencobanya, asalkan tidak menggunakan cara-cara yang curang (Black Hat SEO).

5. Gunakan HTML tag dan juga tag dalam image (gambar)
Ada beberapa jenis HTML tag yang bisa digunakan dalam halaman web atau blog, seperti meta tag, title tag, content tag, dll. Dan juga sangat penting untuk memberikan alt tag dan title tag pada image (gambar), karena crawler tidak bisa membaca grafik.

6. Link-kan halaman utama (home page) ke setiap halaman web atau blog
Ketika pengunjung datang ke halaman web atau blog Anda melalui Search Enginge, tidak semua orang akan mencari halaman utama. Maka navigasi ke halaman utama sangat penting, supaya pengunjung lebih mudah mengingat nama situs web atau blog Anda.

7. Buat sitemap
Sitemap memudahkan Search Engine meng-indeks tiap halaman web dan blog. Sehingga setiap Anda membuat halaman baru, kemungkinan halaman tersebut untuk cepat ter-indeks semakin besar. Untuk membuat sitemap, Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci “XML Sitemap Generator”. Akan banyak tersedia layanan untuk membuat sitemap secara gratis.

8. Sertakan file robots.txt ke folder utama dari hosting
File robots.txt ini akan dibaca pertama kali oleh setiap crawler Search Engine yang datang. Untuk petunjuk cara membuatnya, akan saya bahas di postingan berikutnya. Untuk sementara silahkan cari di Google.

9. Usahakan konten web atau blog sesuai dengan judul
Hal ini berhubungan dengan keyword density. Jika Anda membuat judul yang heboh tetapi inti dari konten tidak sesuai judul, maka susah halaman tersebut bersaing di Search Engine. Usahakan kata kunci yang ada pada judul, juga sering ditulis dalam konten. Beberapa pendapat mengatakan keyword density yang terbaik sekitar 4%.