Jawaban untuk pertanyaan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah adalah karena iman kepada malaikat Allah merupakan salah satu rukun islam dan untuk mengakui keagungan-Nya. Malaikat adalah bukti dari kekuasaan Allah SWT yang diciptakan dari nur atau cahaya dan selalu beriman kepada Allah.

Beriman kepada malaikat ciptaan Allah artinya meyakini sepenuh hati bahwa Allah memiliki malaikat-malaikat-Nya yang senantiasa taat kepada Allah serta tidak pernah membangkang atas perintah Allah. Apapun yang diperintahkan oleh Allah, pasti para malaikat akan tunduk dan patuh. Salah satu bukti bahwa malaikat Allah ini sangat taat adalah perintah untuk bersujud kepada manusia pertama yaitu Adam dan mereka menuruti perintah-Nya, kecuali iblis.

Para malaikat Allah senantiasa bertasbih setiap waktu tanpa lelah mengagungkan nama Allah. Jumlah pasti dari malaikat tidak bisa diketahui kecuali Allah yang Maha Mengetahui. Allah membebankan kepada malaikat untuk tugas-tugas mulia dan berbeda-beda. Diantara malaikat yang wajib kita ketahui adalah berjumlah 10. Namun, sebenarnya jumlah malaikat lebih dari pada itu.

Pembahasan mengapa harus beriman kepada Allah

Sebagai seorang muslim yang awam dan mualaf, mungkin banyak pertanyaan yang muncul dibenak kita bahwa kenapa kita harus beriman kepada malaikat. Pada dasarnya malaikat tidak dapat dilihat dan gaib. Sedangkan kita sebagai manusia hanya akan mengimani dan mempercayai sesuatu yang terlihat.

Sebagai hamba yang taat dan sebagai seorang muslim, beriman kepada malaikat adalah keharusan dan wajib. Sejak dulu para ulama sepakat bahwa apabila seseorang tidak mengakui keberadaan malaikat Allah maka ia telah sesat dan kafir. Mereka yang tidak percaya adanya malaikat berarti telah menentang Al-Qur’an, sunnah, serta ijma ulama atas dasar kehidupan agama islam.

Orang yang sesat dan kafir telah disebutkan Allah dalam surah An-nisa ayat ke 136 yang artinya, “Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, rosul-rosulnya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-sejauhnya”.

Melalui ayat diatas dapat disimpulkan bahwa beriman kepada malaikat Allah sangat penting dan apabila kita mengingkarinya berarti kita telah sesat dan kafir. Karena sangat penting, hingga Allah menurunkan wahyu berupa ayat dalam Al-Qur’an yang menyatakan keimanan kepada malaikat Allah.

Bagaimana cara beriman kepada malaikat Allah?

Persepsi mengenai cara beriman kepada Allah umumnya adalah mengakui keberadaan malaikat-malaikat Allah bahwa mereka adalah makhluk ciptaan Allah SWT, meskipun tidak dapat dilihat melalui indera penglihatan.

1. Mengetahui malaikat-malaikat Allah

Untuk mengatakan bahwa seseorang telah beriman kepada malaikat Allah, Ia harus mengetahui malaikat-malaikat yang telah disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an dan dalam hadist. Arti dari mengetahui disini bukanlah harus lihat secara langsung.

Secara terperinci mengetahui malaikat-malaikat Allah artinya adalah meyakini asal kejadian malaikat, jumlah malaikat, nama-nama malaikat yang wajib diketahui, sifat-sifat mereka dan tugas-tugas dari malaikat Allah.

2. Meyakini malaikat sebagai makhluk

Meskipun diciptakan dari nur dan memiliki kekuatan dahsyat yang tidak dimiliki oleh manusia, malaikat tetap makhluk Allah seperti manusia dan makhluk-makhluk lainnya. Namun, malaikat memiliki sifat istimewa yakni selalu takut dan bertasbih kepada Allah dan tidak pernah melanggar perintah-Nya.

Apabila kita meyakini bahwa malaikat adalah makhluk Allah, berarti kita tidak boleh menyembah mereka atau meminta pertolongan kepada malaikat. Kita hanya boleh menyembah Allah karena kekuatan yang dimiliki malaikat merupakan ciptaan dari Allah SWT.