Mengapa kita dianjurkan berjemur pada pagi hari karena matahari pagi memancarkan sinar ultraviolet yang dapat membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sangat penting bagi tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit tulang seperti tulang bengkok.

Sinar ultraviolet dari sinar matahari mampu menembus kulit dan mengubah senyawa dehydrocholesterol dalam kulit menjadi previtamin D3 yang kemudian akan dibuah menjadi vitamin D. Namun, berbeda dengan sinar matahari terik di siang hari yang justru akan membakar sel kulit hingga membuat hitam.

Penjelasan tentang berjemur di pagi hari

Dengan bantuan sinar matahari, vitamin D dalam tubuh dapat terbentuk sehingga berefek positif bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat dilihat orang yang sering berjemur di pagi hari akan memiliki kesehatan tulang yang baik dan juga bisa memperlambat beberapa pertumbuhan kanker. Biasanya, orang yang kekurang vitamin D akan mengalami berbagai masalah kesehatan terutama pada tulang.

Sebenarnya, alur pembentuk tulang kuat tidak langsung dari vitamin D, tetapi vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium pada usus. Tak hanya itu, vitamin D akan mempertahankan konsentrasi kalsium dan fosfat yang memadai untuk kemudian dapat membantu pembentukan tulang.

Vitamin D akan sangat diperlukan dalam perombakan sel tulang osteoblas dan osteoklas. Dengan demikian, kecukupan vitamin D dalam tubuh akan mencegah tulang menjadi tipis, rapuh dan cacat. Oleh karena itu, berjemur di pagi hari sangat dianjurkan khususnya anak bayi sampai orang tua (lansia).

Manfaat berjemur di pagi hari dan aktivitasnya

Selain meningkatkan pembentukan vitamin D, ada beberapa macam manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan aktivitas rutin di pagi hari di bawah sinar matahari.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak akan mudah sakit apabila terkena virus. Ketika terpapar sinar matahari pagi, tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak. Seperti yang diketahui, sel darah putih sangat berguna bagi perlindungan tubuh.

Orang yang biasanya kurang sel darah putih karena jarang terpapar sinar matahari pagi, akan mudah sakit apabila terkena virus seperti influenza dan semacamnya. Sel darah putih ini memang penting dalam melawan berbagai macam penyebab infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan, pencernaan dan lain sebagainya.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang memiliki durasi tidur yang cukup dan berkualitas. Tanpa tidur yang nyenyak, tubuh seseorang akan terasa lemas dan sama seperti ketika bekerja, padahal tubuh sedang terbaring. Nah, untuk membantu memperbaiki kualitas tidur, alangkah baiknya rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin dalam tubuh. Melatonin merupakan hormon yang berperan mengatur siklus tidur seseorang. Apabila kadar melatonin dalam darah Anda rendah, biasanya akan mengganggu siklus tidur Anda. Misalnya, susah tidur ketika waktu ideal tidur, dan baru mengantuk ketika dini hari. Perlu diingat bahwa orang yang tidak memiliki durasi tidur yang cukup, akan memicu berbagai macam penyakit.

3. Mengatasi penyakit kulit

Perlu diketahui bahwa penyakit kulit tidak hanya bisa diatasi dengan krim jerawat, tetapi bisa juga dengan bantuan sinar matahari pagi. Mendapatkan paparan sinar matahari akan membantu mengatasi penyakit kulit seperti jerawat, eksim, jamur kulit dan psoriasis.

Untuk memperoleh manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari pagi, sebaiknya Anda tidak terlalu lama. Durasi yang dianjurkan biasanya 5 menit hingga 15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Waktu berjemur sebaiknya sebelum jam 10 pagi untuk menghindari bahaya sinar ultraviolet.