Pengertian suhu adalah suatu besaran yang menunjukkan derajat panas pada benda. Benda yang panas berarti menunjukkan suhu yang tinggi dibandingkan benda yang tidak panas atau dingin. Untuk mengetahui seberapa besar suhu benda, dapat digunakan alat yaitu termometer.

Secara mikroskopis, suhu menunjukkan adanya energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda bergerak baik dalam bentuk perpindahan atau gerakan pada tempat getaran. Jadi, semakin tinggi energi atom penyusun benda, semakin tinggi pula suhu benda tersebut.

Pembahasan Mengenai Suhu

Suhu juga dapat disebut sebagai temperatur. Untuk mengukur temperatur, dapat digunakan empat jenis satuan ukur yaitu, celcius, reamur, fahrenheit dan kelvin. Setiap satuan temperatur memiliki standar yang berbeda dan memiliki perbandingan C : R : (F-32) = 5 : 4 : 9 dan K = C + 273.

Rumus Konversi Suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin

Setiap satuan temperatur memiliki nilai berbeda pada suatu keadaan benda. Berikut adalah data mengenai informasi titik didih, titik beku, selisih kedua titik dan perbandingan antara Celcius(C) : Reamur(R) : Fahrenheit(F) : Kelvin(K).

  • Titik didih = 100(C) : 80(R) : 212(F) : 373(K)
  • Titik beku = 0(C) : 0(R) : 32(F) : 273(K)
  • Selisih kedua titik = 100(C) : 80(R) : 180(F) : 100(K)
  • Perbandingan = 5 : 4 : 9 : 5

Sedangkan berikut adalah rumus konversinya.

  • Konversi Suhu Celsius ke Reamur : R = ( 4/5 ) C
  • Konversi Suhu Celsius ke Fahrenheit : F = ( 9/5 ) C + 32
  • Konversi Suhu Celsius ke Kelvin : K = C + 273

Satuan SI (Standar Internasional) dari suhu adalah kelvin. Namun, skala yang umumnya (familiar) digunakan di dunia adalah skala 0o Celsius merupakan titik beku air dan 100o Celcius merupakan titik didih air dalam tekanan 1 atmosfer.

Selisih antara titik didih dan titik beku kelvin sama dengan celsius yakni 100 derajat, sehingga untuk mengkonversi dari Celsius ke Kelvin cukup ditambahkan 273 derajat. Sebagai satuan baku, Kelvin tidak memerlukan tanda derajat dalam penulisannya, misal 300 K.

Sedangkan untuk skala fahrenheit merupakan skala yang umumnya dipakai untuk negara Amerika Serikat. Disana suhu air yang membeku berada pada suhu 32 oF dan pada suhu 212 oF adalah titik didih air.

Alat Ukur Suhu

Semua suhu dapat diukur menggunakan alat yang disebut termometer. Namun, dalam prakteknya termometer memiliki jenis yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis termometer yang sering digunakan.

1. Termometer untuk zat cair

Untuk mengukur zat cair, termometer ini ada beberapa jenis yakni seperti termometer laboratorium yang dapat mengukur suhu dengan memakai air raksa dan alkohol. Selain itu, ada termometer ruang, termometer klinis dan termometer six-bellani.

2. Termometer untuk zat padat

Pada termometer zat padat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Seperti termometer bimetal yang memakai logam dengan prinsip logam akan memukai jika dipanaskan dan menyusut apabila di dinginkan. Untuk termometer zat padat, ada juga termometer hambatan dan termometer termokopel.

3. Termometer untuk gas

Pada benda gas, jenis termometer yang dipakai menggunakan gas hidrogen dan has helium. Pada prinsipnya, gas akan memuai apabila terjadi perubahan suhu dan akan menunjukkan angka atau tingkat suhu.

4. Termometer optis

Pirometer dan termometer inframerah adalah dua jenis termometer yang sering digunakan dalam mengukur suhu yang dipancarkan oleh radiasi.