Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari kegiatan ekonomi. Setiap kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup bisa disebut sebagai kegiatan ekonomi. Bentuk dari kegiatan ekonomi pada dasarnya adalah adanya transaksi baik berupa barang atau jasa, sehingga penjual mendapat keuntungan dari selisih modal dengan harga jual. Kegiatan ekonomi era sekarang semakin bervariasi mengingat kreativitas manusia semakin berkembang.

Kreativitas bermanfaat bagi manusia tidak hanya pada kehidupan ekonomi tetapi juga pada beberapa bidang lain. Timbulnya kreativitas manusia khususnya pada bidang ekonomi akan memiliki manfaat baik bagi dirinya sendiri atau manusia yang lain. Berikut ini adalah manfaat dari adanya kreativitas manusia dalam kehidupan ekonomi.

Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi

Revolusi industri saat ini menuntut setiap manusia untuk menciptakan inovasi. Inovasi hanya dapat diwujudkan melalui daya kreatif manusia. Tanpa kreativitas yang benar-benar baru, maka inovasi akan jalan ditempat. Untuk merangsang ide-ide baru, berikut adalah manfaat dari berani melakukan inovasi baru berdasarkan tingkat kreativitas.

1. Mempercepat dan mudah

Sebelum munculnya ide-ide baru, mungkin aktivitas ekonomi begitu-begitu saja tidak ada perubahan yang signifikan. Saat ini ide baru yang muncul bisa menjadi jalan untuk mempercepat dan memudahkan aktivitas manusia. Masyarakat ekonomi menengah ke atas contohnya, memiliki kebiasaan praktis dimana kebutuhan untuk makan saja biasanya harus instan, sebab jam kerja nya yang padat.

Karena hal itulah muncul peluang bisnis yakni layanan antar makan secara online. Selain itu muncul pula layanan jasa lain seperti ojek online, taxi online, akomodasi pariwisata secara online hingga layanan kesehatan pun sekarang bisa dengan mudah melalui aplikasi online. Apalagi saat ini telah banyak toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan baik barang primer hingga barang mewah dan pembeli pun bisa dengan mudah memilih dan membelinya dari rumah.

2. Berbeda dan jadi trend center

Ketika kreativitas di bidang ekonomi semakin berkembang, akan memunculkan trend baru seperti mengubah kebiasaan manusia dalam kehidupan misalnya dalam hal belanja, beli kebutuhan dasar dan lain sebagainya. Oleh karena itu, akan sangat beruntung orang yang pertama melakukan inovasi dengan kreativitasnya dan menjadikan itu sebagai trend center.

Selain menjadi trend center, kreativitas ini akan merangsang masyarakat lain untuk berinovasi dan berusaha lebih keras menemukan ide baru yang lebih unik sehingga dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif. Adanya trend center akan menimbulkan iklim persaingan yang sehat dimana mereka akan selalu berlomba menjadi yang terbaik.

3. Kualitas produk semakin baik

Kualitas produk terhadap harga jualnya akan semakin efisien apabila dalam memproduksi barang tersebut didukung oleh inovasi baik dalam teknologi produksi, pemasaran dan distribusi. Persaingan pasar ini akan mendorong perusahaan untuk berinovasi agar tidak ketinggalan dengan perusahaan lainnya. Semakin efisien suatu produksi karena didukung inovasi dan kreativitas sumber daya manusia, maka nilai tambah dari produk tersebut semakin baik.

Selain kualitas produk yang semakin baik, kreativitas di bidang ekonomi akan memberikan keuntungan bagi konsumen dan produsen. Dimana konsumen akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau, produsen mendapat keuntungan maksimal dengan biaya produksi yang dapat ditekan. Misalnya, di Papua dulu sebelum kebijakan satu harga, harga BBM di sana sangat mahal karena pendistribusiannya yang sulit dan memakan waktu lama, karena inovasi di bidang infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi akhirnya bisa menekan biaya distribusi dan harga BBM di Papua bisa sama dengan di daerah lain di Indonesia.