Cara Mengaktifkan SEO Di Blog – Pentingkah SEO Website?!

0
59
Cara Mengaktifkan SEO Di Blog - Pentingkah SEO Website
Cara Mengaktifkan SEO Di Blog – Setelah lama menelusuri mengenai dunia bloging terutama mengenai SEO (maklum gw masih lom ngerti masalah SEO) saya menemukan hal yang menarik disalah satu blog mengenai SEO. Dari sekian banyak blog yang sering saya baca rata-rata memberikan info untuk dapat bersaing di SERP, bahwa harus sering update agar blog dapat bersaing di SERP. Tapi hal yang sangat menarik dan mungkin bisa saya terima dalam akal pikiran adalah hal utama blog agar disukai mesin pencari terutama google, itu bukan karena sering update atau terus memperbanyak jumlah postingan. Memang sih menurut saya bagus bila kita sering update blog dengan sebisa mungkin menambah jumlah postingan tapi jauh-jauh lebih penting adalah konten atau artikel yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Dalam hal ini bagaimana membuat para pengunjung kita untuk bisa memanfaatkan postingan kita dengan memberikan komentar-komentar pada postingan kita yang tentunya juga berkualitas.
Jadi menurut saya hal yang paling utama dalam dunia bloging adalah bagaimana bisa menyajikan konten atau artikel yang bisa membuat pengunjung meberikan komentar-komentarnya. Tidak terlepas dari manfaat atau kualitas konten tersebut. Saya mohon maaf kepada para peblogger yang sudah sudah lama menggeluti dunia bloging, saya belum cukup sebulan mempelajari dunia bloging ini tentunya masih umur yang sangat-sangat awam. Untuk sebelum mempelajari blog-blog yang baik SERP saya hanya ingin menambah istilah dari para master bahwa KONTEN ADALAH RAJA. saya mempunyai sedikit pendapat dan menambahkan sedikit menjadi KONTEN ADALAH RAJA DAN KOMENTAR PENGUNJUNG ADALAH RATU.
Saya sering mendapati blog yang bagus di SERP tapi ngak punya banyak kontent atau artikel, setelah saya amati dan mengambil kesimpulan sendiri bahwa blog tersebut bisa mempunyai posisi bagus di SERP itu karena banyaknya jumlah pengunjung dan meberikan komentar pada setiap postingan. Apakah dengan banyaknya komentar pada setiap postingan sudah bisa dianggap bahwa postingan tersebut berkualitas ? anda jawab sendiri ya.
Jadi kesimpulan saya (ini pribadi saja) : bagaimana membuat konten yang berkualitas dan dapat membuat pengunjung untuk dapat meninggalkan komentar-komentar kalau bisa sech yang berkualitas juga, jadi bagaimana membuat konten yang bisa betah dibaca dari awal hingga akhir oleh pengunjung jadi dengan begitu besar kemungkinan bisa meniggalkan komentar. Kalau pengunjung bosan untuk membaca bagaimana bisa memberikan komentar, khan dia ngak tahu isi dari konten tersebut. Ohh iya untuk konten yang berkualitas itu terserah dari masing-masing, mungkin bisa artikel itu lucu, menarik, bermanfaat, aneh, atau lain-lain deh. Sehingga bisa banyak pengunjung dan bisa memberikan komentar .

Belajar SEO Dari Master Google

Setelah membaca dan melihat video di youtube dari google webmaster help, dapat diambil pernyataan yang tidak diragukan lagi keabsahannya. Dalam tayangan video tersebut, om mattcuts mengatakan bahwa frekuensi update posting dari sebuah blog tidak terlalu diperhitungkan oleh algoritma google. Bahkan beliau mengatakan :

Jauh lebih baik menunggu hingga beberapa hari atau bahkan beberapa minggu — jika sobat membutuhkan waktu — untuk menulis dan mempelajari topik yang ingin dibahas dari sebuah konten atau artikel yang benar-benar berkualitas untuk pembaca. Sehingga dapat pengunjung dapat meninggalkan komentar
Dengan kata lain, kualitas (quality) konten benar-benar sangat penting dimata google dibandingkan dengan jumlah posting (quantity) dan frekuensi update posting.
Walau demikian, update posting tetap saja perlu. Minimal untuk para pembaca yg selalu menginginkan konten fresh, untuk para pelanggan feed, Untuk menambah keyword baru digoogle, dll. Hanya saja, tidak harus terbebani jika tidak update blog, karena google tidak akan memberi hukuman apapun.
update blog jangan dijadikan beban, manfaatkankanlah waktu untuk menyiapkan sebuah konten yang berkualitas atau bermanfaat (berkualitas dalam arti bisa meningkatkan jumlah pengunjung dan pengunjung memberikan komentar berkualitas dan mendukung)
Maksud : silahkan sobat membuat sebuah artikel yang betul-betul menurut sobat baik, setelah selesai sobat cari di mesin pencari tentang topik artikel sobat. Apakah hanya artikel sobat yang ada, saya rasa tidak. Pasti banyak yang membuat artikel tentang topik yang sama. Artikel sobat mempunyai komentar pengunjung 10 orang dan pada blog lain yang membahas topik yang sama mempunyai komentar pengunjung 50 orang. Bila dibandingkan dengan tulisan mulai dari tata bahasa, isi atau apalah. Konten sobat lebih bagus. Kira-kira yang mana lebih dilirik mesin pencari? Tentunya yang akan mendapatkan point lebih dimesin pencarian bukan karena komentar tetapi karena lama durasi pengunjung menggunakan konten di blog anda. Semakin lama pengunjung berada di konten yang terdapat di blog anda maka mesin pencarian akan merekam dan menjadikan suatu nilai lebih yang akan membuat blog yang lama tayang lebih unggul daripada blog yang hanya sekali klik dan ditinggalkan.

Kesimpulan : “Cara Mengaktifkan SEO Di Blog”

SEO pada dasarnya akan aktif secara sendiri sejalan dengan kualitas konten yang anda miliki. Banyak sekali yang mengaggap Search Engine ROBOT adalah faktor utama “KESALAHAN FATAL” SEO di sini juga tergantung pada faktor Manusia, mereka akan memilih konten yang diaggapnya baik serta Website terpercaya yang memberikan pelayanan sesuai informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung blog. Benar memang kita harus melakukan Submit artikel di Google Webmaster Tool, tetapi daripada terlalu memaksakan teknik SEO ;ebih baik buat konten yang berkualitas sepenuh hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here