Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat – Belajar Otodidak

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat – Kali ini saya akan memberi sedikit tips bagaimana cara memperbaiki atau me-Repair BadSector pada hardisk, karena sering sekali hardisk terkena BadSector dan tanpa disadari bahwa badsector yang sudah menempel pada hardisk akan bertambah jika kita diamkan saja. Untuk memeriksa apakah hardisk kita ada badsectornya atau tidak anda bisa memeriksanya dengan Checkdisk.
Bagaimana hardisk bisa terkena badsector? Berikut ini salah satu penyebab hardisk terkena badsector.
  • Kabel data jelek atau sudah tidak layak pakai.
  • Power Supply kurang bagus atau beban dari power supply tidak sesuai dengan beban PC.
  • Tegangan Listrik tidak stabil atau naik turun. Disarankan menggunakan Stabilizer/Stavol.
  • Hardisk pernah jatuh.

Saya akan membantu memberikan solusi untuk anda yang mungkin baru mengalami badsector pada hardisk anda.

  • Kabel data usahakan agar selalu bagus 6 atau 12 bulan sekali ganti.
  • Power Supply usahakan kabel power untuk hardisk tidak ada sambungan dengan kabel lain. Lebih bagus lagi Power Supply menggunakan yang Pure 500W, tetapi jika anda menggunakan hardisk 1TB (Terrabytes) saya sarankan menggunakan Power Supply yang Pure 1000W agar listrik yang dialirkan lebih stabil.
  • Jika anda suka lepas pasang hardisk alangkah baiknya jika bepergian hardisk dimasukan kedalam tas atau tas kecil agar terhindar dari kecelakaan hardisk jatuh.

Jika semua tips diatas sudah anda coba dan ternyata hardsisk anda terkena badsector misalkan 4Kb silahkan anda coba menggunakan HDD Regenerator atau Flobo Hardisk Repair. Silahkan anda coba salah satu yang menurut anda bagus yang mana, 2 software tersebut adalah software yang biasa saya gunakan untuk merepair hardisk badsector atau hardisk yang tiba-tiba hilang partisi nya. Jika anda belum tau cara melakukan partisi hardisk anda bisa baca artikel cara partisi menggunakan fdisk dan jika anda bingung untuk memilih sistem partisi pada hardisk silahkan baca juga tentang NTFS Vs FAT.

Sekian dulu tips dan informasi tentang repair badsector yang bisa saya berikan saat ini, semoga tips diatas bisa menambah ilmu komputer kita dan bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk para pemula yang ingin belajar komputer.

Contact Us!