Apa Itu Check Disk – Belajar Komputer Otodidak

Apa Itu Check Disk - Belajar Komputer Otodidak

Apa Itu Check Disk ? Checkdisk adalah perintah atau syntax pada komputer yang hanya bisa dijalankan di dalam DOS (Disk Operating System), OS/2 dan Windows yang dapat menampilkan status integrity system file di dalam harddisk (HDD), serta memperbaiki error yang terjadi pada harddisk ataupun file system pada windows.

Checkdisk atau biasa disingkat dengan sebutan chkdsk. Banyak sekali error yang terjadi pada windows ataupun harddisk yang disebabkan oleh naik turunnya tegangan listrik, hardware yang tidak support atau tidak kompetibel atau mungkin karena virus. Untuk masalah error yang kecil misalkan karena sering mati listrik atau naik turunnya tegangan listrik sehingga tidak bisa masuk windows, checkdisk sangat berguna sekali untuk masalah seperti ini. Karena checkdisk memiliki fungsi AutoRepair yang dimana jika ditemukan data atau file system yang rusak maka checkdisk akan memperbaikinya secara otomatis.

Atau mungkin jika anda penasaran ingin mengetahui status harddisk PC anda memiliki BadSector atauphysical error, anda cukup ketikan saja perintah “chkdsk c:” atau partisi yang lain selain “C:\” di DOS. Maka akan muncul tampilan seperti ini.

Fungsi checkdisk ini serupa dengan perintah fsck pada OS Linux. Versi checkdisk ini juga dapat menangani sejumlah physical error dan me-recover data-data yang masih dapat dibaca oleh harddisk.

Mungkin penjelasan pengertian tentang checkdisk yang saya berikan ini masih belum sempurna, tetapi saya harap dengan penjelasan yang diberikan tadi diatas dapat menambah ilmu komputer anda semua.

Contact Us!