Cara menghormati orang tua dan guru adalah bersikap sokap dalam perkataan dan perbuatan kepada mereka. Apabila dihadapan orang tua atau guru menjaga norma kesopanan adalah cara penghormatan kepada mereka yang paling minimal. Umumnya, sejak kecil kita diajarkan untuk menghormati orang tua dan guru dengan menuruti perintah darinya. Tetapi saat ini, kita perlu meluruskan hal tersebut.

Pembahasan cara menghormati orang tua dan guru

Konsep durhaka kepada orangtua seperti memberikan ruang batas bagi kita anak muda dan anak-anak untuk tidak berani menegur, atau menyampaikan pendapat apabila orang tua atau guru melakukan kesalahan. Kita selalu diberikan doktrin bahwa orang yang lebih tua memiliki pengalaman lebih banyak, jadi kita harus menurutinya. Tetapi, perlu diingat bahwa kita semua adalah manusia yang pasti tidak sempurna dan bisa saja melakukan kesalahan.

1. Cara menghormati orang tua

Di dalam rumah pastinya selalu bertemu dengan orang tua. Nyatanya, dewasa ini kita sering salah mengartikan bahwa menghormati orang tua harus memberikan apa yang kita punya untuk mereka, membelikan ini itu, membalas jasa mereka dan memberikan semua hal yang bersifat materiil. Namun, ada hal yang sebenarnya sangat sederhana untuk menunjukkan sikap hormat kepada orang tua.

Jujur dan terbuka adalah sikap menghormati kepada orang tua. Dengan berkata jujur dan terbuka akan semua hal yang kita alami, orang tua akan merasa bahwa mereka hadir dalam kehidupanmu. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai. Menceritakan masalah serta meminta saran orang tua adalah hal yang membuat orang tua bahagia. Apalagi ketika beranjak dewasa, masalah pasti semakin kompleks.

Berkata santun merupakan hal yang kadang sulit dilakukan karena terbawa oleh emosi. Ketika beranjak dewasa, biasanya kita bisa menilai apakah orang tua benar atau salah atau kurang tepat dalam melakukan sesuatu. Sehingga, apabila tidak bisa kontrol emosi dan berkata kasar atau bernada tinggi, akan menyebabkan hati orang tua terluka. Untuk itu, ketika ingin menyampaikan pendapat kepada orang tua, akan sangat baik disampaikan dengan kata yang santun. Apabila orang tua tidak menerima pendapat kita, lebih baik kita diam.

Perhatian khusus kepada orang tua apabila orang tua mengalami kesusahan adalah hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengabdi dan menghormati orang tua. Orang tua terkadang tidak membutuhkan masalahnya dapat dibantu hingga selesai, hanya dengan kamu memberikan perhatian, memberikan motivasi dan semangat itu sudah cukup.

2. Cara menghormati guru

Seseorang yang biasanya kita anggap sebagai guru adalah seseorang yang mengajarkan kita tentang ilmu pengetahuan. Guru di sekolah adalah orang tua kedua kita. Oleh karena itu, menghormatinya menjadi keharusan dan kewajiban bagi kita selaku siswa atau orang yang diberikan ilmu. Cara-caranya sebagian besar sama ketika kita menghormati orang tua di rumah. Hanya saja, perlu disesuaikan dengan situasinya. Berikut ini adalah cara-cara menghormati guru di sekolah atau lingkungan pendidikan.

Menyapa terlebih dahulu. Ini adalah cara menghormati guru atau dosen yang paling sederhana tetapi jarang yang melakukan. Sapaan ketika berpapasan di jalan atau dimanapun itu, pasti akan membuat guru dihargai dan dihormati. Jangan sampai ketika berhadapan wajah, kita memalingkan muka. Mungkin bagi kita yang pemalu, bertemu dengan guru atau dosen adalah hal yang membuat malu, tetapi perlu digaris bawahi bahwa tidak semua guru memahami karakter muridnya, jadi lebih baik menyapa guru dimanapun ketika bertemu.