Pengertian lingkungan alam adalah satu kesatuan antara seluruh makhluk hidup baik biotik dan abiotik yang telah diciptakan oleh Tuhan tanpa adanya campur tangan manusia. Lingkungan alam yang kita ketahui di dunia saat ini misalnya seperti gunung, laut, bukit, gurun, danau, sungai, lembah, hutan dan lain sebagainya.

Di atas adalah pengertian lingkungan alam secara umum, sedangkan menurut para ahli lingkungan alam didefinisikan secara berbeda. Berikut ini adalah definisi lingkungan alam menurut beberapa ahli yang telah berhasil dirangkum.

Lingkungan alam menurut para ahli dan sumber

1. Menurut Bintarto

Bintarto menjelaskan bahwa lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita baik itu berupa benda maupun makhluk hidup dan terpengaruh oleh kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Hewan, tanah, air dan sebagainya yang berada disekitar kita adalah lingkungan alam.

2. Menurut Soemarwoto

Sedangkan menurut Soemarwoto, lingkungan alam merupakan seluruh benda dan kondisi yang ada di dalam ruangan yang sedang ditempati manusia dan mempengaruhi kehidupan serta aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

3. Menurut Emil Salim

Istilah lingkungan alam menurut Emil adalah sesuatu yang mengacu kepada semua benda, keadaan, kondisi dan juga pengaruh sesuatu yang berada di dalam ruangan yang sedang ditinggali dan hal itu mempengaruhi kehidupan di sekitarnya baik hewan, tumbuhan dan manusia.

4. Menurut kamus ekologi

Isitilah lingkungan alam atau environment itu merujuk pada keseluruhan hal yang saling berkaitan antara makhluk hidup dan non makhluk hidup yang berada secara alamiah di bumi atau sebagian area hidupnya.

5. Menurut UU No 32 Tahun 2009

Lingkungan alam menurut UU No 32 Th. 2009 adalah kesatuan ruang semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup dan termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, keberlangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lainnya.

Kesimpulan dari semua pengertian lingkungan alam menurut beberapa ahli dan sumber diatas adalah bahwa lingkungan alam merupakan sebuah kesatuan yang meliputi segala bentuk makhluk hidup dan benda mati yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi terhadap keberadaan makhluk hidup yang lain.

Makhluk hidup senantiasa berinteraksi secara terus-menerus dengan berbagai komponen yang ada di sekitarnya. Ia tidak hanya bertempat tinggal secara pasif. Kondisi lingkungan akan sangat mempengaruhi setiap organisme yang ada di tempat tersebut. Demikian pula sebaliknya, bahwa di alam ini terdapat miliaran interaksi antara tanaman, tanah, air, bakteri, cahaya, suhu, hewan dan sebagainya.

Misalnya dalam satu ekosistem laut, akan ada interaksi antara ikan dengan hewan laut lainnya. Ikan dengan air, trumbu karang, biota laut, ganggang, lumut dan lain sejenisnya yang masih dalam satu lingkup ruang. Istilah lingkungan biasanya disebutkan sebagai penyebutan habitat.

Unsur-unsur lingkungan alam

Komponen pembentuk lingkungan alam terdiri dari beberapa unsur seperti berikut ini.

1. Unsur lingkungan biotik atau hayati terdiri atas makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan beberapa ada yang menyebutkan mikroorganisme.

2. Unsur lingkungan abiotik ini terdiri dari banyak hal seperti air, tanah, iklim, udara, api dan semua benda yang berada dilingkungan sekitar kita. Keberadaan abiotik ini sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup. Misalnya, keberadaan oksigen sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernafas, tanpa oksigen makhluk hidup yang bernafas akan mati.

3. Unsur sosial merupakan sistem nilai, gagasan dan keyakinan dalam menentukan perilaku manusia sebagai makhluk hidup sosial dan membutuhkan semua komponen lingkungan lain.