Paypal adalah platform berbasis online yang digunakan untuk melakukan pembayaran dalam berbagai macam mata uang. Platform ini sudah sangat lama bekerja dibidang keuangan. Meski sudah lama, perusahaan asing ini cukup awam bagi masyarakat di Indonesia.

Pembayaran melalui paypal biasanya dapat Anda temukan di situs belanja online luar negeri, seperti eBay, Amazon, Agoda dan lain sebagainya. Untuk Anda yang suka belanja barang import mungkin Paypal tidak asing lagi.

Buat Anda yang belum mengetahui apa itu paypal, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai paypal, fitur, kegunaan dan manfaatnya.

Penjelasan Apa Itu Paypal?

Paypal dibuat dengan tujuan membantu transaksi seperti pembayaran, tagihan, menerima pembayaran maupun transfer dalam berbagai mata uang. Tetapi pada umumnya, Anda akan mendapatkan saldo paypal dalam bentuk dollar apabila menerima pembayaran. Kalau sebagai pengirim uang, maka mata uang yang Anda bayarkan ke paypal akan dikonversi ke dollar.

Sebenarnya, Paypal memiliki fungsi yang sama seperti rekening bank di Indonesia. Tetapi kelebihannya, Paypal dapat digunakan untuk melakukan transaksi beda negara. Tidak peduli apa mata uang Anda, Anda masih bisa melakukan transaksi ke orang lain dengan mata uang negara sendiri.

Fungsi Paypal yang bisa digunakan untuk transaksi beda mata uang ini banyak ditiru oleh perusahaan lain seperti Jenius. Meskipun begitu, Paypal masih tetap populer dan menjadi pilihan pertama bagi beberapa pengguna seperti reseller barang import, maupun pengusaha go-internasional.

Agar bisa melakukan semua fitur transaksi Paypal, Anda harus mendaftar menggunakan akun email yang nantinya, setiap pengiriman saldo paypal akan dikirim ke email Anda. Anda juga dapat menghubungkan akun paypal dengan rekening tabungan atau kartu kredit sehingga sangat praktis untuk melakukan transaksi virtual. Namun, hanya bank-bank tertentu yang mendukung Paypal.

Secara garis besar, berikut adalah layanan yang diberikan oleh Paypal bagi para penggunanya.

  • Transfer uang dari bank ke akun Paypal, biasanya kita sebut dengan Top Up namun saldo Anda akan dikonversi menjadi dollar
  • Transfer saldo Paypal ke akun Paypal orang lain meski berbeda negara, prosesnya mudah dan hanya perlu menggunakan akun email
  • Transfer saldo Paypal ke rekening bank pribadi, biasanya disebut withdraw dan dikenakan fee
  • Melakukan pembayaran belanja online di beberapa marketplace beda negara, seperti Amazon, eBay, banggood dan lainnya.

Keuntungan dan kerugian menggunakan Paypal

Setiap layanan pasti ada kelebihan dan kekurangan tersendiri. Setiap pengguna pasti memiliki penilaiannya sendiri, tapi berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian yang umumnya diutarakan para pengguna Paypal.

1. Keuntungan pakai Paypal

  • Kecepatan transfer uang ke sesama akun Paypal beda negara membutuhkan waktu sangat singkat yaitu kurang dari 24 jam. Hal ini berbeda jika Anda kirim uang dengan western union yang memakan waktu berhari-hari dan biaya administrasi besar.
  • Fee transaksi relatif lebih murah dibanding layanan lain. Bahkan untuk pengiriman uang antar sesama akun Paypal gratis biaya admin.
  • Keamanan data terjamin karena Paypal telah memiliki sertifikat SSL pada websitenya dan perusahaannya pun sudah besar.
  • Sudah tersedia aplikasi di smartphone sehingga lebih mobile dan mudah digunakan.

2. Kerugian pakai Paypal

  • Rentan disalahgunakan. Meskipun keamanan data Paypal terjamin, namun keterbukaan informasi antar beda negara bisa disalahgunakan untuk melakukan penipuan.
  • Komplain pelanggan yang sulit karena customer care di Indonesia belum tersedia.
  • Bagi pengusaha kecil, biaya administrasi terbilang mahal untuk kirim uang Paypal ke non-Paypal yaitu sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah 0,3 dollar.