Pembuatan Lem Perekat Menempel Seperti Tokek

0
149
Pembuatan Lem Perekat Menempel Seperti Tokek

Alasan kenapa cicak dapat menempel dan merayap di dinding karena – Sejak dahulu para ilmuwan terpikat dengan kemampuan tokek yang bisa berjalan melewati dinding maupun diatas atap rumah. Beberapa tahun terkahir, ilmuwan menemukan bahwa rambut-rambut kecil yang berada di bagian bawah telapak kaki tokek menjadi penyebab tokek memili kemampuan untuk menempel dengan kuat. Para ilmuwan pun mulai meniru hal ini untuk menciptakan lem perekat.

Sayangnya lem perekat yang ditiru dari tokek ini tak memiliki daya lengket yang mumpuni seperti yang dimiliki oleh tokek, setelah digunakan beberapa kali maka daya lengketnya pun berkurang.

Tak kurang akal maka para ilmuwan dari Northwwestern University di Everton mulai melirik ke hewan lain yang biasa hidup di air, yaitu sejenis remis. Remis ini seperti kerang, dan biasa hidup di sungai, danau atau laut. Remis ini memiliki kemampuan yang kuat untuk menempel di batu atau badan kapal, bahkan walaupun ada ombak yang menerjangnya, remis ini tetap kuat menempel di badan kapal.

Lalu sebenarnya bahan lengket apa yang dikeluarkan oleh remis ini? Ternyata dari kaki-kakinya remis ini mengeluarkan zat lengket mirip plester yang bisa menempel di obyek tempat dia bersandar. Zat ini bisa dipakai hingga 1000 kali tanpa kehilangan daya lengketnya. Tidak seperti plester yang biasa kita pakai jika dipakai berulang-ulang maka daya lengketnya akan berkurang. Dan kelebihan yang lain adalah mampu bekerja di bidang basah maupun kering.

Ilmuwan menyebut zat ini sebagai 3,4-dihydroxy-L-phenylalanine atau disingkat sebagai DOPA. Para ilmuwan pun membuat sebuah material mirip kaki tokek yang terdiri dari rambut-rambut halus dengan panjang 600 nm dan lebar 400 nm. Satu nanometer panjangnya adalah seperbilion meter.

Ilmuwan pun kemudian melapisi material ini dengan DOPA dan hasilnya material itu lengket ke sebuah obyek seperti layaknya sebuah plester. Lalu apa dari manfaat penemuan ini? Banyak sekali hal yang akan bisa dikembangkan misalnya dibidang kedokteran kita bisa membuat perban yang bisa menempel kuat ditubuh kita jadi perban itu tak akan bisa lepas walaupun kita sedang berenang atau dokter bisa menggunakannya untuk menutup luka akibat operasi.