Upgrade Shared Hosting ke VPS di Niagahoster dengan Mudah

Niagahoster merupakan layanan penyedia hosting di Indonesia yang sudah dipercaya banyak webmaster tentang kualitas yang dimiliki oleh penyedia lokal yang satu ini. Banyak penawaran hosting yang selalu ada Diskon besar disetiap paket yang disediakan, bahkan pada even even tertentu Niagahoster juga selalu memberikan diskon yang terbilang murah sekali. Seperti penyedia lainnya, diskon yang diberikan pertamakali memang besar tetapi pastikan anda mengetahui harga perpanjangnya yang memang jarang ada diskon untuk perpanjang Hosting ataupun Domain.

Paket Hosting personal yang disediakan oleh Niagahoster mampu menampung hingga PV 36k/day. Untuk ukuran dan kapasitas Shared hosting masih terbilang sangat bagus karena mampu menampung jumlah PV yang tinggi dengan User Online sekitar 200-300 Active User secara bersamaan. Saya sendiri setelah mengalami lonjakan Visitor pada saat waktu tertentu mengalami Resource Limit sehingga server down dan Situs tidak dapat diakses untuk sementara. Jangan khawatir, Niagahoster memberikan fitur untuk upgrade paket Shared Hosting kapanpun juga. Tidak perlu bayar lagi untuk melakukan Upgrade, hanya akan dihitung semisal masa aktif paket personal tinggal 3 bulan lagi jika upgrade paket bisnis akan dipotong masa aktif tersisa 2 bulan.

Setelah melakukan Upgrade Shared Hosting paket Bisnis mampu menampung User Online 410 dan PV 67k/day tanpa ada kendala dan juga Resource Limit. Kehebatan dari Hosting di Niagahoster walapun mengalami peningkatan Visitor yang tiba tiba bisa diatasi dengan cepat dan mudah, kecepatan servernya pun masih sama cepat dan stabil. Tetapi karena memang saya sangat serius membangun website tersebut akhirnya saya putuskan untuk melakukan migrasi ke VPS di Niagahoster.

Niagahoster memiliki banyak pilihan paket VPS, tentunya sangat disarankan untuk melakukan konsultasi sebelum memutuskan untuk menggunakan VPS. Sayangnya Niagahoster hanya menyediakan VPS Unmanaged yang artinya pengguna harus menyeting dan melakukan migrasi sendiri. VPS Managed memudahkan pengguna hanya tinggal Upgrade maka akan dilakukan oleh pihak penyedia hosting untuk memanagemen serta melakukan proses migrasi yang mana pengguna tidak akan repot dan bingung untuk melakukannya sendiri. Kekurangan VPS Managed tentunya jika seorang yang dipercaya melakukan kesalahan atau hal yang tidak bertanggungjawab tentunya resiko akan diterima pemilik website oleh sebab itu maka sangat disarankan untuk melakukan migrasi VPS sendirian yaitu dengan menggunakan VPS Unmanaged. Walapun dilakukan secara sendiri oleh pemilik website tentunya pihak Niagahoster akan selalu siap membantu memberikan tutorial tahap demi tahap untuk menuntun pengguna melakukan pemindahan secara mandiri. Keuntungannya menggunakan VPS Unmanaged yaitu tidak ada campurtangan pihak lain, rahasia website tetap terjaga aman dan pengguna bisa sekalian belajar tentang teknik dan ilmu seorang webmaster.

1. Order Paket VPS

Pilih paket VPS sesuai dengan kebutuhan paket anda, sangat disarankan berkonsultasi dengan Customer Service terlebih dulu sebelum menggunakannya. Jika anda tidak yakin dengan pendapat yang diberikan pihak Customer Service anda bisa menanyakan dengan teman, group blogger, forum dan lain sebagainya untuk didiskusikan bersama dan mendapat jawaban yang memuaskan dan tepat.

2. Pilih OS dan Control Panel Hosting

Sebelum memulai memindahkan Website ke VPS baru anda ada baiknya pilihlah Operating System sesuai kebutuhan anda dan juga pilih Control Panel yang cocok untuk anda. Umumnya Niagahoster menawarkan Control Panel Webuzo dengan lisensi berbayar yang murah dan tetap mudah digunakan. Bagi anda pengguna Cpanel pada saat menggunakan Shared Hosting tentunya tidak jauh beda dengan fitur yang ada di Webuzo. Di VPS sendiri jika anda menginginkan menggunakan Cpanel tentunya harus membutuhkan harga lebih untuk menggunakan lisensi dari Cpanel.

3. Setup Webuzo pertama kali

Pertama kali anda melakukan setting webuzo dengan cara mengakses melalui IP yang anda miliki dan port 2002. Di situ anda akan diminta untuk menentukan username serta password untuk mengakses VPS anda melalui panel Webuzo.

4. Memindahkan Data Shared Hosting ke VPS

Jika banyak tutorial yang memberikan contoh dengan cara melakukan Backup kemudian di Download dari shared hosting dan selanjutnya di Upload ke VPS ternyata cara ini cukup memakan waktu dan bisa menghabiskan kuota anda untuk melakukannya secara manual. Ada cara yang lebih efektif yaitu langsung mengirimkan data dari Shared Hosting Cpanel ke VPS Webuzo secara langsung. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Webuzo Enduser Panel kemudian pada Server Utilities pilih Import From cPanel. Masukan alamat IP CPanel anda serta Username dan passwordnya. Perlu diperhatikan bagi anda yang melakukan migrasi dengan cara ini sangat beresiko dikarenakan terkadang proses migrasi tidak bisa dilakukan secara otomatis karena terjadi benturan antar script atau pengaturan tertentu.

5. Setting Name Server ke VPS baru

Jika proses pemindahan atau pencopyan file yang dilakukan dari Cpanel ke Webuzo telah selesai pastikan anda cek dengan benar setelah itu langkah selanjutnya mengubah name server untuk diarahkan di VPS anda. Biasanya anda harus menunggu proses Propagasi Name Server kurang lebih 1×24 Jam.

Nah itulah tutorial singkat cara migrasi Shared Hosting ke VPS menggunakan media Cpanel to Webuzo. Bagi anda yang pertama kali menggunakan VPS Hosting sangat disarankan menggunakan VPS Managed yang mana anda akan belajar cara menggunakannya dengan dipandu oleh yang lebih ahli. VPS di Niagahoster hanya menyediakan paket Unmanaged, jika anda rasa sudah siap dan memiliki ilmu tentang VPS tentunya akan lebih mudah memindahkan Website anda dari shared hosting ke VPS apalagi jika anda memiliki banyak Domain yang terdapat ci Shared Hosting sebelumnya.

Mengapa harus beralih ke VPS ? terkadang saat dirasa Shared Hosting sudah terlalu lemah untuk menampung Visitor anda yang terus meningkat sangat disarankan untuk melakukan proses migrasi secepat mungkin. Niagahoster sangat cocok bagi anda yang masih pemula, mungkin jika anda bandingkan harga dengan penyedia luar akan terlihat mahal tetapi dengan fasilitas yang ada paket ini tetap layak untuk digunakan karena Server lokal akan baik untuk pengunjung yang berada di sekitar wilayah target visitor yang anda tuju, Komunikasi yang mudah dengan Costumer ataupun teknis sehingga tidak akan kesulitan untuk melakukan konsultasi secara online, perlu diketahui menurut beberapa orang Niagahoster merupakan penyedia hosting dengan support terbaik dan sangat cepat merespon.

Dari berbagai keuntungan yang akan didapatkan sesuai dengan yang sudah dituliskan di atas, mengapa tidak langsung mencoba dan bertanya untuk segera menggunakan hosting di Niagahoster. Langsung saja kunjungi Web Hosting Indonesia

Contact Us!