Pernahkah anda mengamati pergerakan suatu makhluk hidup? Suatu makhluk hidup memiliki sebuah pergerakan atau aktivitas yang membutuhkan pihak lain untuk memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup. Dalam aktivitas tersebut terjadi sebuah pertukaran suatu hal yang bersifat menguntungkan, merugikan, atau bahkan netral. Salah satu kegiatan menguntungkan yang bisa menguntungkan kedua belah pihak dari suatu makhluk hidup dinamakan dengan simbiosis mutualisme.

A. Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan dari kedua belah pihak makhluk hidup yang saling menguntungkan. Pada hal ini, tindakan makhluk individu satu yang bertujuan untuk menguntungkan dirinya juga menguntungkan pula pada individu lainnya.

B. Gambar dan Contoh Simbiosis Mutualisme

1). Hubungan antara Kerbau dengan Burung Jalak

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Kerbau dengan Burung Jalak

Contoh pertama dari simbiosis mutualisme dapat ditemukan pada aktivitas burung jalak yang turut menghinggapi tubuh kerbau. Burung jalak yang lapar akan mengonsumsi kutu yang mengganggu kehidupan kerbau. Hubungan ini saling menguntungkan dimana burung jalak berhasil mempertahankan kehidupannya dengan mendapatkan makanan dari kutu dari tubuh kerbau dan kerbau terbebas dari kutu yang menghisapi darahnya tersebut.

2). Hubungan antara Bunga dengan Lebah atau Kupu – Kupu

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Bunga dengan Lebah

Bunga dan lebah memiliki hubungan khusus yang merupakan perwujudan dari simbiosis mutualisme. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas lebah yang turut menghinggapi bunga untuk mendapatkan nektar atau madu. Proses penyerapan madu tersebut berpengaruh terhadap penyerbukan yang terjadi pada bunga. Sehingga dalam kedua hal ini ditinjau bahwa lebah mendapatkan makanannya dengan menguntungkan bunga yang akan melakukan penyerbukan.

Hal sama juga terjadi pada kupu – kupu yang menghinggapi suatu bunga. Kupu – kupu memiliki aktivitas yang sama dengan lebah yaitu menghisap nektar atau madu dari suatu bunga dan membantu bunga tersebut dalam proses penyerbukannya.

3). Hubungan antara Manusia dengan Burung Hantu

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Manusia dengan Burung Hantu

Hubungan antara manusia yang merupakan seorang petani dan burung hantu memiliki sifat menguntungkan. Seorang petani yang sering mendapati hama di ladangnya terkhususnya tikus akan cukup terbantu dengan kehadiran burung hantu yang akan memakan tikus tersebut. Alhasil, ladang petani terbebas dari tikus yang merugikan petani dan burung hantu mendapatkan makanan untuk bertahan hidup.

4). Hubungan antara Lalat dengan Bunga Rafflesia

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Lalat dengan Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga ikonik ternyata memiliki hubungan khusus yang saling menguntungkan dirinya dan lalat. Bunga yang terkenal dengan sebutan bunga bangkai ini dihinggapi oleh lalat yang sedang membutuhkan makanan. Kegiatan tersebut saling menguntungkan dikarena lalat membantu proses penyerbukan bunga bangkai ini.

5). Hubungan antara Buaya dengan Burung Plover

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Buaya dengan Burung Plover

Buaya yang merupakan predator berdarah dingin juga memiliki hubungan khusus yang menguntungkan dirinya dan burung plover. Buaya yang memiliki kotoran di giginya dihinggapi oleh burung plover, burung ini turut mendapatkan makanan dari kotoran yang bisa berupa sisa makanan dari buaya. Hasilnya, kegiatan ini menguntungkan buaya dimana kotoran di mulutnya berhasil dimakan oleh burung dan terbebas dari penyakit mulut dan tentunya burung plover mendapatkan makanan.

6). Hubungan antara Bakteri dan Tanaman

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Bakteri dan Tanaman

Suatu bakteri bernama Rhizobium Leguminosarum memiliki fungsi untuk mengikat nitrogen di udara dan membuat suatu tanaman lebih subur. Selain itu, fungsinya juga dapat menjaga kestabilan PH tanah dan menjaga suhu tanah. Aktivitas ini turut diterapkan pada tanaman bernama Legum. Bakteri tersebut disebarkan pada tanah yang akan ditanamkan tanaman Legum. Kegiatan ini menghasilkan tanaman Legum yang tumbuh dengan baik dan bakteri mendapatkan makanan dari kacang – kacangan yang dihasilkan oleh tanaman tersebut.

7). Hubungan antara Manusia dengan Tumbuhan

Aktivitas manusia dan tumbuhan ternyata juga menghasilkan sifat saling menguntungkan. Manusia melepaskan suatu zat bernama karbon dioksida yang dapat membantu proses fotosintesis tumbuhan. Tumbuhan juga menghasilkan sebuah zat bernama oksigen yang memberikan udara segar bagi manusia.

8). Hubungan antara Kuda Nil dengan Burung Bangau

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Kuda Nil dengan Burung Bangau

Hubungan kuda nil dan burung bangau merupakan wujud lain dari simbiosis mutualisme. Kuda nil yang turut dihinggapi oleh kutu dan parasit akan dikunjungi oleh burung bangau yang membutuhkan makanan. Pada akhirnya, kuda nil terbebas dari kutu dan parasit dan burung bangau mendapatkan makanannya.

9). Hubungan antara Semut Rangrang dan Pohon

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Semut Rangrang dan Pohon

Semut rangrang yang sering berkeliaran di pohon ternyata mendapatkan makanan dari hama yang berada pada daun sebuah pohon. Keuntungan terdapat pada aktivitas tersebut dimana semut rangrang mendapatkan makanan untuk mencukupi kebutuhannya dan pohon terbebas dari hama yang mengganggu hidupnya.

 10). Hubungan antara Ikan Badut dan Anemon Laut

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Ikan Badut dan Anemon Laut

Ikan badut yang terkenal pada film Finding Nemo ini memiliki hubungan yang menguntungkan dengan anemon laut. Anemon laut turut menjadi tempat ikan badut mendapatkan makanannya yaitu dengan memakan parasit yang menempel pada anemon laut tersebut. Anemon terbebas dari parasit yang merugikan dan ikan badut yang sering disebut dengan ikan nemo mendapatkan makanannya.