Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Posted on

Sepak bola merupakan permainan bola dimana bola digiring menggunakan kaki dan dimasukkan ke dalam gawang untuk mendapatkan point. Permainan sepak bola terdiri dari dua tim yang bermain di lapangan terbuka. masing-masing tim terdiri dari 11 orang, satu diantaranya sebagai penjaga gawang. Permainan sepak bola merupakan permainan yang paling lazim dimainkan di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, permainan ini digemari oleh seluruh lapisan kalangan karena selain teknik permainan yang dianggap seru juga memainkan sepak bola teramat mudah. Permainan sepak bola kini dijadikan salah satu cabang olahraga bergengsi dunia yang di lombakan yaitu FIFA World Cup. Adapun setiap negara diberikan kesempatan untuk mengirimkan timnya dan bertanding melawan tim negara lain.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah sepak bola dunia ini pertama kali muncul sejak abad ke 2 sampai ke 3 sebelum masehi. Olahraga ini pertama kali muncul di Tiongkok tepatnya pada masa pemerintahan dinasti Han. Dahulunya masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit yang digiring ke dalam jaring kecil. Di Jepang juga ditemukan sebuah permainan yang sama menggunakan bola dan jaring dan disebut dengan Kemari.

Di benua Eropa, tepatnya di Italia terdapat permainan menendang dan menggiring bola ke dalam jaring atau gawang yang muncul pada abad ke 16. Dari beberapa permainan bola di seluruh dunia tersebut sebenarnya menjadi cikal bakal adanya permainan sepak bola yang kita kenal sekarang ini. Akan tetapi, sejarah awalnya sepak  bola modern dengan peraturan dasarnya pertama kali berkembang di Inggris.

Pada abad ke 13 sampai 14, di Inggris permainan sepak bola sangat populer, banyak kalangan memainkan sepak bola bahkan sampai menimbulkan kekerasan fisik pada saat kompetisi. Hal ini membuat Raja Edwrad III melarang olahraga sepak bola. Serupa terjadi di Skotlandia, Raja James I juga melarang diadakannya permainan sekaligus olahraga sepak bola karena dianggap berbahaya.

Pada tahun 1815, popularitas sepak bola kembali muncul di sekolah-sekolah dan universitas di Inggris. Menyusul tahun 1863, peraturan baku untuk permainan sepak bola mulai di rumuskan di Freemasons Traven, London. Kala itu, 11 sekolah dan klub sepak bola berkumpul untuk merumuskan peraturan tersebut. olah raga sepak bola dan rugby pun mulai menemukan titik terang perbedaan dan dipisahkan.

Peraturan tersebut juga berisi larangan membawa atau menggiring bola menggunakan tangan sehingga pada saat itu, permainan sepak bola dalam bahasa inggris disebut ‘Football’. Pada saat revolusi industri dan kolonialisme negara barat tahun 1800an, para pelaut, pedagang, serta tentara Inggris membawa permainan sepak bola ke seluruh dunia dimana mereka berlabuh dan memperkenalkannya.

Satu abad kemudian yaitu tepatnya pada tahun 1904, dibentuklah asosiasi sepak bola dunia tertinggi yaitu FIFA (Federation Internationale de Football Association). Sejak saat itu, permainan sepak bola menjadi permainan yang paling populer di dunia. Asosiasi ini menaungi berbagai klub sepak bola dunia bahkan kini setiap negara memiliki perwakilan dalam piala dunia FIFA world cup.

Sejarah Masuknya Sepak Bola Di Indonesia

Sepak bola masuk ke Indonesia ketika Indonesia masih di bawah jajahan Belanda yaitu pada tahun 1914. Permainan sepak bola dibawa oleh tentara kolonial Belanda yang datang ke Indonesia. tahun 1930, Indonesia kemudian mengembangkan sepak bola modern yang dibuktikan dengan dibentuknya PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) tepatnya di kota Yogyakarta.

Sampai saat ini, sepak bola masing menjadi permainan yang digemari oleh semua kalangan di Indonesia. Setiap daerah juga memiliki perwakilan klub sepak bola yang memperebutkan piala nasional. Nantinya di masing-masing klub sepak bola daerah akan di seleksi beberapa orang terbaik yang akan menjadi tim nasional Indonesia.