Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam dasar yang dipergunakan sebagai dasar dari ilmu-ilmu yang lain. fisika adalah sebuah ilmu yang bertujuan untuk mempelajari segala hal mengenai gejala alam di dunia ini secara keseluruhan. Sangat banyak yang dipelajari dalam fisika diantaranya mempelajari materi, energi, dan fenomena atau kejadian alam, baik yang bersifat makroskopis maupun yang bersifat mikroskopis, serta pada hal yang berkaitan dengan perubahan zat atau energi.

Fisika menjadi satu dasar dari berbagai pengembangan ilmu dan teknologi. Keilmuan yang berkaitan antara fisika dan disiplin ilmu lain bisa membentuk suatu disiplin ilmu yang baru. Contoh dari keilmuan baru dari kedua hal tersebut adalah dengan adanya ilmu astrofisika. Sedangkan fisika dengan biologi membentuk ilmu baru yakni biofisika. Lalu ada lagi hubungan antara fisika dengan ilmu kesehatan yang terbentuk menjadi fisika medis. Dan masih banyak lagi mengenai keilmuan-keilmuan baru yang berhubungan dengan fisika tersebut.

Mengenai ruang lingkup ilmu Fisika, ini terbagi menjadi dua hal yang mana bisa untuk memudahkan dalam penggolongan atau pengklasifikasian penggolongan bab dan sub babnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk lebih memudahkan dalam proses belajar. Karena bisa mempelajari secara spesifik dan tidak tercampur-campur dengan disiplin ilmu yang lain. Untuk itu agar lebih jelasnya fisika, maka hal-hal tersebut dibedakan yang pertama adalah ruang lingkup ilmu fisika klasik dan yang kadua adalah ruang lingkup ilmu fisika modern.

1. Ruang lingkup ilmu Fisika klasik

Mengenai ruang lingkup ilmu Fisika dibedakan berdasarkan pada sebuah landasan dari bagaimana cara dan juga pengalaman manusia dalam mendapatkan sebuah aksi reaksi atau peristiwa.

Aksi reaksi yang dimaksud itu adalah pada hal-hal yang berhubungan dengan mekanika, magnet, listrik, listrik statis, bunyi, panas, optik, cahaya, relativitas maupun radioaktif. Ruang lingkup dalam ilmu fisika klasik ini bisa diklasifikasikan dari hal-hal yang dapat ditangkap oleh panca indra manusia, yaitu indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa dan juga peraba. Ada hal yang menjadi perbatasan dalam ruang lingkup fisika klasik kepada ruang lingkup fisika modern yakni gelombang.

2. Ruang lingkup ilmu Fisika modern

Yang kedua dari klasifikasi ruang lingkup fisika adalah ruang lingkup fisika modern yang mana alasan bisa disebut sebagai ruang lingkup ilmu fisika modern karena ilmu fisika yang satu ini berkembang pada abad ke-20. Pengembangan dalam ilmu-ilmu fisika ini didasari dari penemuan-penuam yang dilakukan oleh Albert Einstein yang menjadi ilmuwan ternama ilmu fisika. Albert Einstein merupakan orang yang menemukan dan mengembangkan teori-teori keilmuan mengenai relativitas serta juga membuat rumus yang kemudian menjadi dasar penetapan berkembangnya ruang lingkup ilmu fisika modern ini.

Selain itu keluarga Curie yang dipelopori oleh Marie Curie juga berhasil menemukan dan mengembangkan sebuah keilmuan mengenail prinsip kerja radioaktif atau radioaktivitas yang kini juga sudah menjadi penetapan munculnya ruang lingkup ilmu fisika modern. Bisa disimpulkan bahwa ruang lingkup ilmu fisika modern ini meruapakan cabang dari ilmu fisika yang mempelajari mengenai perilaku dari materi-materi dan juga energi pada skala kecil atau skala atomik. Selain ilmu ini juga membahas dan mempelajari mengenai partikel-partikel subatomik atau gelombang. Partikel subatomik atau gelombang ini di antaranya seperti relativitas, inti atom dan radioaktif atau radioaktivitas.