Penyebab Badan Kurus Kering Susah Gemuk Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Badan Kurus Kering Susah Gemuk Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab Badan Kurus Kering Susah Gemuk Dan Cara Mengatasinya – Anda pasti pernah melihat orang yang berbeda di masyarakat dengan masalah kurus, mungkin itu anda sendiri. Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang kurus (berat badan kurang). Penyebabnya bisa berbeda-beda dari satu orang dengan orang lainnya. Orang yang menderita penyakit seperti kurang gizi, Tifoid, malaria dll bisa menjadi alasan kekurangan berat badan normal pada seseorang. Itu semua adalah penurunan berat badan yang sementara, Begitu Anda mendapatkan kembali kekebalan tubuh Anda untuk melawan penyakit setelah pemulihan, akan wajar jika mengembalikan berat badan normal. Tapi, terdapat beberapa orang yang mengalami kekurangan berat badan sejak lahir.

Orang yang Kurus (kekurangan berat) badan bukanlah pertanda baik. Ini sama buruknya dengan orang yang kelebihan berat badan. Terdapat cara yang lebih sehat dan alami untuk mengobati orang dengan penambahan berat badan. Jika Anda kekurangan berat badan sejak kelahiran Anda, ini mungkin penyebab turun-temurun. Juga ada masalah seperti kekurangan protein dan vitamin yang menyebabkan berat badan kurang.

Alasan Umum Seseorang Kurus (Kekurangan Berat Badan) :

1. Faktor Genetika 

Penyebab Badan Kurus Karena Genetika

Banyak yang bisa menjadi penyebab faktor genetika, dari pola hidup kurang memiliki nafsu makan normal hingga faktor genetika yang berasal dari kesehatan seperti Ganguan metabolisme tubuh dimana seseorang yang berbadan kurus mempunyai kerja metabolisme berbeda dari yang lain yaitu kerja metabolisme yang terlalu cepat. Hal ini yang membuat seberapa banyak makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan lebih cepat untuk diolah oleh tubuh menjadi energi. Apabila ada gangguan pada metabolisme tubuh anda, lebih baik melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter.

2. Mengalami Penyakit Penyebab Kurus :

Penyebab Badan Kurus Karena Penyakit

  • Hipertiroidisme

    Sebagian besar orang yang menderita kekurangan berat badan harus memeriksa hormon tiroksin mereka. Ini bisa menjadi alasan utama untuk memiliki berat badan kurang. Metabolisme tubuh akan menjadi normal jika produksi hormon tiroksin sudah memadai. Bahkan kesehatan Anda akan bisa berjalan normal dan Anda akan merasa segar seumur hidup Anda. Jika Anda menghadapi masalah karena tiroid, mungkin ini adalah alasan untuk mendapatkan berat badan kurang. Penting untuk segera mengobati tiroid.

  • Tuberkulosis

    Sudah menjadi wajib bagi anak-anak untuk mendapat suntikan beberapa hari atau bulan setelah kelahiran mereka. Vaksinasi ini melindungi bayi baru lahir dari berbagai penyakit yang mungkin juga termasuk Tuberkulosis. Seseorang yang menderita penyakit ini mungkin menderita masalah kekurangan berat badan. Ini mungkin efek samping dari seseorang tidak bisa gemuk.

  • Diabetes

    Seseorang yang menderita kadar glukosa tinggi dalam darahnya menderita diabetes. Saat ini, orang-orang menjalani berbagai prosedur pengobatan karena menjauh dari masalah diabetes. Salah satu alasan kekurangan gizi adalah diabetes. Pasien diabetes umumnya menderita kondisi seperti kelelahan, haus, sering buang air kecil dll. Penyebab berat badan kurang juga bisa menjadi diabetes.

3. Miskin

Penyebab Badan Kurus Karena MiskinMungkin ini akan membuat sebagian pembaca tertawa, tapi sebagian orang memang kurus karena miskin, faktornya adalah tidak nafsu terhadap makanan yang kurang enak atau lezat untuk dimakan. Biasanya seseorang yang tidak memilik banyak uang akan lebih berhemat untuk mebeli makanan yang lezat atau berhemat sehingga hanya makanan seadanya yang harus dijadikan bahan konsumsi setiap harinya. Hal itu menyebabkan sebagian orang menjadi malas untuk mengkonsumsi makanan tersebut karena jenuh ingin sesuatu yang berbeda dan lebih nikmat. Tidak sedikit seorang yang naik dalam hal finansial atau seorang yang dulunya miskin menjadi kaya tidak sedikit dari mereka memiliki badan berisi saat ini.

4. Stres

Penyebab Badan Kurus Karena Stress

Stres memang menjadi masalah psikologis yang berasal dari banyak hal dalam kehidupan mulai dari masalah kerja, sekolah, tugas, pasangan hidup, rumah tangga, dan hal yang membuat khawatir lainnya. Karena terlalu banyak pikiran seseorang menjadi tidak selera dalam makan. Stress mempengaruhi psikologisnya, hal tersebut yang membuat badan akan menjadi susah untuk gemuk. Stress merupakan sebuah masalah yang berhubungan dengan emosi, masalah pada emosi tersebut dapat membuat pengaruh pada fisik. Menurut penelitian hal ini juga yang menyebabkan seseorang menjadi kurus dan tidak bisa gemuk karena kinerja pencernaan akan terganggu.

5. Terlalu Banyak Memiliki Aktifitas

Penyebab Badan Kurus Karena AktifitasBanyak memiliki aktifitas menyebabkan tubuh akan membuat sumber gizi yang telah dicerna diolah menjadi energi sehingga Gizi pada tubuh menjadi berkurang. Selain itu banyak aktifitas akan membuat seseorang mengalami kesulitan dalam mengatur pola makan sehingga menjadi tidak teratur seperti normalnya.

 

Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat Dan Sehat :

Makan Secara Teratur

Seseorang yang menderita masalah gizi kurang harus membuat jurnal makanan dan menentukan berapa kalori yang Anda konsumsi saat ini. Setelah mengkonsumsi setiap makanan dan makanan ringan, Anda harus membuat catatan kalori yang Anda konsumsi. Anda harus menambahkan 500 kalori untuk konsumsi kalori harian.

Konsumsi Makanan Bergizi

Beberapa orang kekurangan gizi dalam makanan mereka yang juga bisa menyebabkan berat badan kurang. Penting untuk mengkonsumsi beberapa makanan bergizi yang mengandung jumlah protein, mineral, karbohidrat dan vitamin yang sesuai. Anda harus mengkonsumsi biji-bijian utuh yang terdiri dari karbohidrat kompleks. Anda juga dapat menambahkan beberapa kacang dalam makanan Anda yang mungkin efektif dalam menambahkan lebih banyak kalori ke dalam tabel Anda. Jika Anda bisa mengonsumsi ikan dan ayam, ini akan menjadi sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Gunakan penambah nasfu makan serta konsumsi Suplemen Vitamin.

Kurangi Makanan Olahan, Junk Food, Makan Instan

Kurangi memakan makan Olahan dan Junkfood yang kurang bergizi bagi tubuh anda. Terlalu banyak makan cemilan junkfood yang enak terkadang malah membuat anda melupakan makanan utama yang menyehatkan untuk tubuh anda.

Hindari Stress dan Lakukan Gaya Hidup Sehat

Buat diri anda selalu dalam keadaan yang nyaman dan jauh dari tekanan. Hal tersebut akan membuat anda lebih memiliki waktu untuk memperhatikan tubuh anda. Berlibur serta Istirahat yang cukup dan teratur akan membuat tubuh anda lebih fresh dari biasanya.

Olahraga Yang Secukupnya

Lakukan olahraga seperti senam kecil yang akan mebuat otot tubuh anda aktif dan badan menjadi sehat dengan keluarnnya racun-racun melalui kringat anda. Berjemur dengan Sinar Matahari dipagi dan sore hari sangat bagus untuk tubuh manusia. Lakukan semua hal tersebut dengan batas Normal, jika anda tidak paham konsultasi pada seorang Instruktur Senam atau GYM yang ahli dalam menjaga kesehatan fisik.