Perilaku makhluk hidup dapat diamati dari berbagai sudut pandang. Salah satunya yaitu melalui hubungannya dengan makhluk hidup lain. Makhluk hidup yang memiliki hubungan khusus dengan makhluk hidup lainnya menghasilkan berbagai jenis sifat, dimana hubungan tersebut dapat bersifat menguntungkan, merugikan, maupun netral. Salah satu jenis studi yang mengamati jenis – jenis hubungan makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya adalah simbiosis.

A. Pengertian Simbiosis

Simbiosis adalah hubungan dua makhluk hidup dengan jenis yang berbeda dimana memiliki berbagai jenis sifat yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan makhluk hidup tersebut. Simbiosis dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan menjadi perilaku khusus bagi suatu individu terhadap individu lainnya. Simbiosis memiliki berbagai jenis berdasarkan sifat yang dihasilkannya, yaitu mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.  Selain itu, aktivitas makhluk hidup pada simbiosis dibedakan menjadi dua kategori yaitu ektosimbiosis dan endosimbiosis. Ektosimbiosis adalah hubungan dua makhluk hidup dimana keberadaan dua makhluk hidup tidak bernaung pada salah satu makhluk hidup tersebut, sedangkan endosimbiosis merupakan hubungan dua makhluk hidup yang salah satu makhluk hidupnya berada pada tubuh atau bagian dalam makhluk hidup lawannya dalam berinteraksi.

B. Macam Jenis Simbiosis

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup dimana aktivitas keduanya sama – sama membawa keuntungan pada kedua belah pihak. Simbiosis mutualisme memiliki beberapa contoh yaitu:

a). Hubungan antara Kupu – Kupu dan Lebah

Simbiosis Mutualisme Penyerbukan Bunga Oleh Kupu Kupu

Hubungan antara dua jenis makhluk hidup ini bersifat mutualisme yaitu sama – sama menguntungkan. Aktivitas kupu – kupu yang mendapatkan asupan makanan dari bunga yaitu berupa madu ternyata membantu bunga tersebut dalam proses penyerbukannya. Hal ini tentu saja menguntungkan kedua belah pihak.

b). Hubungan antara Kerbau dan Burung Jalak

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Kerbau dengan Burung Jalak

Hubungan yang berwujud simbiosis mutualisme lainnya adalah hubungan antara kerbau dan burung jalak. Kerbau yang memiliki kutu di tubuhnya akan dihinggapi oleh jalak yang sedang mencari makanan. Kutu tersebut menjadi makanan yang dikonsumsi oleh jalak. Pada akhirnya, kerbau terbebas dari kutu dan jalak mendapatkan makanan.

c). Hubungan antara Manusia dan Tumbuhan

Manusia dan tumbuhan ternyata merupakan contoh lain dari sebuah bentuk simbiosis mutualisme. Pasalnya, manusia yang mengeluarkan zat berupa karbon dioksida di udara dapat membantu tumbuhan dalam proses fotosintesisnya. Dan, tumbuhan juga mengeluarkan oksigen yang dapat membawa udara segar dan sehat untuk dihirup oleh manusia.

d). Hubungan Ikan Badut dan Anemon Laut

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Ikan Badut dan Anemon Laut

Hubungan saling menguntungkan lainnya terbentuk dari aktivitas ikan badut dengan anemon laut. Ikan badut memakan parasit yang berada pada anemon laut. Keuntungan tentu saja didapatkan oleh kedua belah pihak, dimana ikan badut mendapatkan makanan dan anemon laut terbebas dari parasit yang mengganggunya.

e). Hubungan Burung Hantu dan Manusia

Simbiosis Mutualisme Hubungan antara Manusia dengan Burung Hantu

Burung hantu yang terkenal dengan wajah seramnya ternyata membawa hubungan mutualisme dengan manusia yang berprofesi sebagai petani. Burung hantu yang terkenal mengonsumsi tikus akan sangat membantu petani dalam menyerang hama tersebut dari ladangnya. Hasilnya burung hantu mendapatkan santapan dan hasil panen petani tidak terganggu.

2. Simbiosis Parasitisme

Selain dari hubungan yang menguntungkan maka timbul pula hubungan yang merugikan. Simbiosis parasitisme merupakan hubungan dua jenis makhluk hidup dimana salah satu makhluk hidup mendapatkan keuntungan dengan memberikan kerugian pada makhluk hidup lainnya. Simbiosis parasitisme memiliki beberapa contoh yaitu:

a). Hubungan Benalu dan Inangnya

Contoh Gambar Simbiosis Parasitisme Pohon Mangga dengan Benalu

Tumbuhan benalu ternyata merupakan sebuah parasit pada sebuah pohon yang menjadi inangnya. Pasalnya, benalu mengisap asupan makanan yang diperlukan sebuah pohon untuk tetap bertahan hidup. Hal ini hanya menguntungkan pihak benalu semata dan merugikan pohon sehingga pohon bisa mengalami kematian.

b). Hubungan Tikus dan Petani

Contoh Gambar Simbiosis Parasitisme Petani dengan Tikus

Selain dari hubungan mutualisme yang terjadi antara burung hantu dan petani, maka terjadi pula hubungan parasitisme antara tikus dan petani. Tikus yang menjadi hama tersebut merusak hasil panen di ladang petani dengan memakan tumbuhan yang ditanam tersebut. Alhasil, petani mengalami kerugian besar dan tikus mengalami kekenyangan.

c). Hubungan Kutu dan Hewan/Manusia

Contoh Gambar Simbiosis Parasitisme Kutu dengan Manusia

Kutu merupakan parasit yang ditemukan pada rambut atau bulu tubuh suatu makhluk hidup. Keberadaan kutu benar – benar merugikan segala pihak yang dihinggapinya karena kutu menghisap darah dan bisa menimbulkan penyakit.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup dimana salah satu makhluk hidup merasa diuntungkan dan pihak satunya bersifat netral yaitu tidak merasa dirugikan atau diuntungkan. Simbiosis ini memiliki beberapa contoh yaitu:

a). Hubungan Katak dan Pohon

Katak yang sedang kehujanan tentunya mencari sebuah perlindungan. Oleh sebab itu, katak sering kali menyinggahi pohon sebagai tempat perlindungannya pada saat hujan. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi kata tetapi tidak membawa keuntungan maupun kerugian pada pohon tersebut.

b). Hubungan Ikan Remora dan Ikan Hiu

Gambar Simbiosis Komensalisme Hubungan antara Ikan Remora dan Ikan Hiu

Kedua jenis ikan ini ternyata memiliki hubungan yang sangat unik. Dimana predator berdarah dingin bernama hiu justru memberikan keuntungan pada ikan remora yang berukuran kecil. Ikan remora akan memakan sisa – sisa makanan yang berada di sekitar hiu dan mendapati perlindungan ketika berada di dekat ikan hiu tersebut.

c). Hubungan Anggrek dan Inangnya

Gambar Simbiosis Komensalisme Hubungan antara Anggrek dan Pohon

Anggrek yang memiliki inang sebuah pohon akan mendapati keuntungan yaitu mendapatkan zat penting seperti air dan dibantu proses fotosintesisnya. Hal ini sangat menguntungkan bagi anggrek tetapi tidak pula menimbulkan kerugian pada pohon yang menjadi inangnya tersebut.