Pengertian Bilangan Cacah – Artikel Belajar Matematika

0
146
Pengertian Bilangan Cacah - Artikel Belajar Matematika

Pengertian Bilangan Cacah – Bilangan cacah adalah sebuah himpunan bilangan bulat yang tidak terdeiri dari angka negatif, yaitu {0, 1, 2, 3,..}. Dengan kata lain suatu himpunan bilangan asli yang ditambah 0. Angka pada bilangan cacah yaitu selalu tidak bertanda negatif (-).

Apabila kepada himpunan bilangan asli ditambahkan satu anggota baru”nol”yang dilambangkan dengan “0”,maka terbentuklah himpunan baru,yang dinamakan bilangan cacah (cordinal number).

Himpunan bilangan cacah dilambangkan dengan :
C ={0,1,2,3,4,….}

Bilangan nol dapat didefinisikan sebagai “bilangan kardinal dari suatu himpunan kosong”, yaitu himpunan yang tidak mempunyai sama sekali anggota.Jadi n (Q) =0

Bilangan cacah yaitu bilangan yang dapat memberikan jawaban atau keterangan tentang banyaknya anggota suatu himpunan,dan bilangan ini adalah merupakan bilangan yang pertama–tama diperkenalkan kepada anak-anak pada pemulaan berhitung.

Karena himpunan bilangan asli adalah merupakan himpunan bagian dari himpunan cacah, maka semua definisi dan sifat-sifat himpunan bilangan asli, juga berlaku untuk bilangan cacah, dengan mengganti perkataan” bilangan asli” dengan “bilangan cacah”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here