Pengertian Bilangan Cacah - Artikel Belajar Matematika

Pengertian Bilangan Cacah – Artikel Belajar Matematika

Posted on

Pengertian Bilangan Cacah – Bilangan cacah adalah sebuah himpunan bilangan bulat yang tidak terdeiri dari angka negatif, yaitu {0, 1, 2, 3,..}. Dengan kata lain suatu himpunan bilangan asli yang ditambah 0. Angka pada bilangan cacah yaitu selalu tidak bertanda negatif (-).

Apabila kepada himpunan bilangan asli ditambahkan satu anggota baru”nol”yang dilambangkan dengan “0”,maka terbentuklah himpunan baru,yang dinamakan bilangan cacah (cordinal number).

Himpunan bilangan cacah dilambangkan dengan :
C ={0,1,2,3,4,….}

Bilangan nol dapat didefinisikan sebagai “bilangan kardinal dari suatu himpunan kosong”, yaitu himpunan yang tidak mempunyai sama sekali anggota.Jadi n (Q) =0

Bilangan cacah yaitu bilangan yang dapat memberikan jawaban atau keterangan tentang banyaknya anggota suatu himpunan,dan bilangan ini adalah merupakan bilangan yang pertama–tama diperkenalkan kepada anak-anak pada pemulaan berhitung.

Karena himpunan bilangan asli adalah merupakan himpunan bagian dari himpunan cacah, maka semua definisi dan sifat-sifat himpunan bilangan asli, juga berlaku untuk bilangan cacah, dengan mengganti perkataan” bilangan asli” dengan “bilangan cacah”.

Gravatar Image
Beberapa referensi mungkin dikutip dari luar yang mana sumber mungkin memiliki HAK CIPTA (Copy Right) mohon pengunjung untuk tidak membagikan ulang atau diperjual belikan, mohon untuk tetap menghormati pemegang hak Cipta dan memanfaatkan konten untuk tujuan yang baik dan benar.