Konsep Waktu Dalam Sejarah

Konsep Waktu Dalam Sejarah

Posted on

Peranan waktu dalam sejarah adalah hal yang sangat penting. Jadi, sejarah akan menceritakan perjalanan waktu yang panjang dan berkelanjutan. Sejarah tentunya tidak hanya kategori ilmu pelajaran yang mempelajari tentang perkembangan saja. Namun, sejarah juga akan mempelajari tentang perubahan, kesinambungan dan pengulangan dari rangkaian kejadian yang sudah ditemukan pada masa lalu tersebut.

Jadi, kita mempelajari banyak hal tentang waktu di dalam sebuah sejarah. Didalam sejarah sendiri kita mempelajari konsep waktu, yaitu:

1. Perkembangan

Sebuah perkembangan akan tercipta jika sebuah peradaban masyarakat melakukan perubahan dari masa ke masa. Hal ini juga menjadi bagian konsep waktu dalam sejarah yang menandakan adanya sebuah perubahan yang bersifat positif. Perubahan ini akan ditandai dengan adanya penyempurnaan bentuk dari sesuatu yang sederhana hingga menjadi konsep yang lebih kompleks.

2. Kesinambungan

Tidak hanya menghasilkan perkembangan, namun juga sebuah kesinambungan. Kesinambungan ini merupakan kaitan yang terjadi antara perubahan bentuk lama dengan bentuk perkembangan baru yang terjadi. Sehingga peranan lembaga-lembaga atau adat tradisi lama tetap digunakan dan terpakai secara baik oleh masyarakat yang baru.

3. Pengulangan

Konsep pengulangan sendiri berarti membuat sebuah sejarah atau peristiwa yang pernah terjadi akan dilakukan atau terjadi lagi di masa yang akan datang. Sehingga terjadi kolerasi antara peristiwa lampau dengan yang sekarang atau yang akan datang.

4. Perubahan

Biasanya, konsep dari perubahan ini akan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Perubahan dan perkembangan adalah konsep yang sama. Dimana sebuah peradaban akan berubah dan mengalami kemajuan. Namun, perubahan ini akan mengubah banyak hal dalam waktu yang relatif singkat dan sangat berpengaruh sekali.

Pentingnya Konsep Waktu Dalam Sejarah

Nah, setelah mengenali 4 konsep di atas, anda pastinya ingin tahu seberapa penting sebenarnya konsep waktu dalam sejarah tersebut? Tentunya pernananya sangat penting dan berpengaruh. Karena, sejarah sendiri merupakan pembelajaran mengenai konsep waktu atau sebuah proses yang menggunakan pemetaan waktu.

Di dalam sejarah, kita bisa mengenali bagaimana perubahan tertentu dan bagaimana perkembangannya. Sehingga, sejarah akan mempelajari tentang perjalanan waktu yang telah berlangsung tentang sesuatu hal. Semua peristiwa yang diamati serta dipelajari dalam sejarah akan menggunakan 3 dimensi waktu, yaitu:

  • Masa lalu
  • Masa sekarang
  • Masa depan

Perubahan peristiwa yang terjadi dalam rentang tiga jenis masa tersebut akan disimpan dan kelak akan menjadi sebuah sejarah. Proses waktu sendiri akan dinyatakan sebagai gambaran garis linear atau garis lurus. Kenapa? Karena waktu akan terus bergerak dari titik awal atau masa dahulu hingga masa depan yang belum bisa kita prediksi.

Tiga jenis dimensi waktu tersebut akan menggambarkan bahwa kita yang menghadapi masa sekarang akan terus bergerak lurus hingga masa depan. Penggambaran proses pergerakan waktu ini terbentuk dari detik, menit hingga hitungan abad. Istilah yang menyatakan waktu masa kini juga sangat relatif, karena waktu akan selalu berjalan dan bergerak.

Sedangkan, di dalam sejarah kita mempelajari sebuah prinsip kelangsungan yakni sebuah konsep waktu yang terus berjalan dari masa lalu hingga masa depan. Dalam prinsip ini diperlukan batasan waktu yang dikenal dengan istilah kurun waktu (batas awal) dan periode yang dihitung terus secara berurutan.

Sehingga, waktu ini akan sangat berperan dalam menentukan batasan perhitungan sejarah tertentu. Dimana perhitungan tersebut akan selalu berkelanjutan dan dijedai dengan periode waktu. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kapan terjadinya sebuah sejarah tertentu dan kronologi kejadiannya.