Jenis-Jenis Genre Game Beserta Macam Contohnya

Jenis-Jenis Genre Game Beserta Macam Contohnya

Jenis-Jenis Genre Game Beserta Macam Contohnya – Seiring berkembangnya teknologi serta perkembangan zaman, maka Teknologi dalam seni entertaiment yaitu game menjadi suatu hiburan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat saat ini. Selain memberikan tantangan game juga memberikan pengalaman bagi pemain untuk mendapatkan wawasan serta informasi baru dari game yang dimainkan. Game digital yang dulunya hanya sebuah permainan yang ditujukan untuk mengisi waktu luang, game kini mulai dilombakan dan para developer berlomba-lomba membuat game digital yang dapat memberikan pengalaman baik bagi pengguna. Dahulu yang hanya mulai dari Gamebot, Nitendo, Sega, PS1, PS2, PS3, XBox, PS4 Game Mobile Android dan yang paling sakti dari semua itu adalah Game PC yang sangat multifungsi.

Open World

Siapa yang tidak tau game Open World, semua versi game GTA yang sangat terkenal itu adalah jenis Open World. Dimana Player bisa menjelajah keseluruh penjuru Map yang sangat luas tanpa harus berganti Map atau loading. Benar untuk sebagian tempat memang harus melewati loading, tapi ciri khas dari Game Open World yaitu player bebas untuk menjelajah ke manapun sesuai yang dia inginkan. Bahkan jika tidak sesuai dengan misi yang diberikan oleh game Player bisa menikmati area manapun yang ingin dituju.

Game Open Wolrd sangat populer sekarang ini, biasanya yang paling banyak berjenis Open World dengan gameplay RPG Adventure Action. Game jenis ini juga mengunggulkan arena seperti situasi serta Grafik pada Arena yang diunggulkan untuk memanjakan mata pemain.

Contoh Open World Action :

Contoh Open World Action :
Contoh Open World Action

Grand Theft Auto

Contoh Open World – RPG (Action Adventure) :

dark_soulsDark Souls (Open World – RPG )

 

RPG (Role Playing Games)

Game RPG adalah sebuah game di mana player memainkan suatu tokoh yang ada dalam game. Didalam game ini biasanya terdapat unsur seperti experience point, atau perkembangan karakter yang kita mainkan sehingga membuat karakter kita naik level dan semakin kuat. Unsur cerita dalam game RPG sangat kental. Ada yang akhir ceritanya bisa kita tentukan sendiri tergantung apa yang kita lakukan dalam game. Biasanya di game RPG terdapat juga sistem equipment, di mana untuk memperkuat karakter yang kita mainkan diperlukan kombinasi perlengkapan yang mempengaruhi dalam menjalankan game RPG.

Selain itu di game RPG kita dapat menjelajahi peta yang cukup luas. Game RPG di bagi menjadi 2 genre yaitu Action RPG dan Turn Based RPG. perbedaan kedua turunan RPG tersebut ialah pada sistem battle nya. dimana Action RPG memiliki kebebasan dalam mengendalikan karakter dan battlenya yang real time ( tidak harus saling menunggu untuk menyerang ). Untuk Turn Based RPGsistem battlenya lebih cenderung ke strategi. Dimana kita harus memberikan perintah kepada karakter seperti Attack, Magic, Skill dan memilih musuh yang di serang dalam setiap pertarungan. kelebihan Turn Based RPG adalah kita di tuntut untuk membuat taktik agar dalam sebuah pertarungan karakter kita dapat memenangkan pertarungan dan mendapat experience point. 

Contoh Game RPG (Role Playing Game) :

Contoh Action RPG – Strategy :Strategy RPG
 Final Fantasy 12
Contoh Turn Based RPG :
Contoh Turn Based RPGFinal Fantasy X
Contoh MMORPG (Massively Multiplayer Online RPG):

avabel_onlineAvabel Online (Android Mobile)

 

Stragey Game

Game strategi adalah game di mana kita sebagai pemain menjalankan berbagai unit-unit yang unik untuk memenangkan permainan tersebut. Gameplay nya biasanya kita mengatur unit atau pasukan untuk bertahan, menahan, bahkan mengalahkan musuh yang ada di game tersebut. Disini kita harus membangun pertahanan, bangunan, dan pasukan dengan biaya tertentu yang dapat di dapatkan dari sumber sumber yang ada di dalam map pertempuran. Game strategy ada yang berbasis Real Time Strategy dan ada yang Turn Based Strategy. Di Real Time Strategi kita mengendalikan unit yang kita mainkan secara langsung tanpa menunggu giliran. Makanya harus Ekstra cepet-cepet berfikir karena musuhmu gak akan nungguin kamu mikir. Bisa-bisa karena kamu kelamaan mikir pasukanmu sudah di libas sama musuhmu. Kalau di Turn Based Strategy ya bayangin aja kalau kamu main catur. Kita menyusun strategy buat ngalahin musuh, tapi kita ga boleh nge dahuluin musuh kita.

Contoh Game Strategy :

Contoh Real Time Strategy :

Contoh Real Time StrategyComand & Conquer 3 : Kane Wrath

Contoh Turn Based Strategy :

Contoh Turn Based StrategyBrigandine
Contoh Card Strategy :
Yu Gi Oh Online – Card Strategy Game

Shooter Game

Nah kalau game yang satu ini pasti cukup terkenal akhir- akhir ini. Game Shooter udah pasti lah game tembak tembakan. Unsur pentingnya ya pasti senjata api baik jaman modern maupun jaman jadul kaya perang dunia. Nah game shooter yang sering kita liat itu ada FPS (First Person Shooter) dan TPS (Third Person Shooter). Perbedaan kedua jenis game ini adalah sudut pandang pemain dalam memainkan game. Kalau FPS itu sudut pandangya orang pertama (biasanya cuma keliatan tangan, senjata ama crosshair), kalau TPS sudut pandang orang ke-3 (keliatan badan dari karakter yang kita mainkan). dari pada bingung langsung aja dah ke contoh

Contoh Shooter Game :

Contoh First Person Shooter (FPS) : 
Contoh First Person Shooter (FPS)
 Counter Strike
Contoh Third Person Shooter : 
Contoh Third Person ShooterConflict Vietnam

Racing Game

Game ini sudah pasti gak asing di dengar lagi. udah ada kata kuncinya racing, berarti ya game balapan. Dari balapan mobil, motor sampai kuda juga termasuk game racing. Tujuanya pasti menjadi yang tercepat. Tema yang biasa di ambil di game balapan adalah balapan jalanan dan balapan resmi. Di beberapa game pemain juga bisa meng upgrade dan memodifikasi kendaraannya agar lebih cepat dan terlihat bagus

Contoh Game Racing :

Racing Sports :
Racing SportsNeed For Speed The Run
Contoh Game Racing Action :
Contoh Racing ActionRoad Redemption Alpha

Simulator Game

Game simulation adalah game yang di buat dari hal hal yang ada di dunia nyata. Mungkin game ini di ciptakan untuk orang yang ingin mencoba sesuatu seperti mengendalikan pesawat terbang tetapi di dunia nyata tidak bisa melakukanya ( bayangin aja kalo kamu naikin pesawat terus pesawatnya jatoh, mending kalo bisa, Naik pesawat beneran aja ga pernah ). Game ini juga bermanfaat juga untuk latihan dimana kita tidak bisa menggunakan barang yang asli. Game ini di buat se realistis mungkin dari kendali sifat dan mungkin masalah yang di hadapi di kenyataanya. Game ini terbilang agak rumit karena di buat berdasarkan objek asli yang di simulasikan. Tapi kalau sudah menguasai game ini maka kamu akan tahu cara kerja objek yang sebenarnya secara garis besar.

Contoh Game Simulation :

Driving Simulator :
Bus Driving Simulator
Life (Framing, Love & Dll) Simulator :
Life SimulatorHarvest Moon

Fighting Game

Bertarung! inilah poin dari fighting Game . Biasanya pemain di bolehkan memilih bebas karakter yang ingin di gunakan. Tujuan game ini mengalahkan musuh dengan bertarung dengan gaya masing masing karakter beserta jurusnya. Dalam game ini pemain menggunakan karakter dan melawan karakter lainya . biasanya pertarungan 1 vs 1 di tempat yang sempit.

Contoh Fighting Game (Battle Arena): 

Contoh Fighting Game (Battle Arena)Tekken

Sports Game

Sports game adalah salah satu genre game yang di buat dari olahraga yang ada di kehidupan nyata. Dari pemain, wasit, stadion sampai strategi permainan di perhatikan disini. Tokoh dari game ini biasanya benar-benar ada di dunia nyata. Tapi ada juga yang merupakan hasil kreasi pembuat game. Sistem permainan tiap game berbeda tergantung jenis olahraga dan yang membuat.

Contoh Sport Game :

Contoh Sport GamePro Evolution Soccer

Arcade Game

Arcade Game sepertinya adalah nenek moyang dari segala game. Dilihat dari permainanya yang biasanya tanpa ujung dan semata-mata untuk mengejar nilai. Unsur cerita tidak terlalu di perhatikan di sini, walaupun jaman sekarang sudah banyak game jenis ini yang di dandani ulang meskipun sistem dan tujuanya masih sama seperti keluaran jaman sebelumnya. Game ini lebih bertujuan hanya untuk menghibur di waktu senggang, walaupun tujuan semua game adalah menghibur. Gameplaynya sangat sederhana.

Contoh Arcade Game : 

Contoh Arcade Game Tetris
Jadi bagaimana apakah anda sudah pernah memainkan semua genre game di atas ? jika sudah tentunya anda pasti seorang gamer sejati. Seiring kemajuan teknologi pasti akan sejalan dengan inovasi game jenis baru yang layak untuk dimainkan. Mungkin tulisan diatas terdapat penjelasan yang kurang komplit, tentunya anda bisa menyarankan untuk menambahkan pendapat anda di kolom komentar. Semoga artikel ini menambah informasi bagi kita tentang macam-macam genre jenis game yang dapat kita mainkan saat ini.