Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan tanpa merasakan kelelahan yang berlebih dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan setelahnya. Kebugaran jasmani diperlukan oleh tubuh agar terlatih dan kuat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkan kesehatan seseorang, tetapi cara mengukur individu dalam melakukan kegiatan harian. Ada tiga hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu fisik, fungsi organ dan respon otot. Fisik berkaitan dengan otot, tulang dan sendi. Fungsi organ berkaitan dengan efisiensi sistem jantung, paru-paru dan pembuluh darah. Respon otot berhbungan dengan kelenturan dan kekuatan.

Pembahasan Kebugaran Jasmani

Kami akan jelaskan pengertian kebugaran jasmani secara lengkap dan menurut organisasi kesehatan di dunia mengartikan sebagai sehat dan bugar. Sehat merupakan terbebasnya tubuh baik fisik atau mental dari segal gangguan penyakit. Sedangkan bugar adalah bentuk kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan harian rutin secara maksimal.

1. Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Berikut ini adalah unsur-unsur dalam kebugaran jasmani beserta penjelasannya secara lengkap, serta contoh bentuk latihannya.

Kelincahan, merupakan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi tubuh misalnya gerak tubuh dari depan ke belakang, atau dari kanan ke kiri. Contoh latihannya adalah lari zig-zag dan naik-turun anak tangga.

Kekuatan, yaitu kemampuan dalam menggunakan otot dalam menerima beban pada saat bekerja. Kekuatan otot yang maksimal dapat didapatkan dengan cara latihan beban berat menggunakan atau tanpa alat bantu. Contoh latihannya adalah push up, sit up, angkat beban, dan squat jump.

Ketepatan, merupakan kemampuan individu dalam mengendalikan gerakan anggota tubuh sesuai dengan sasaran. Contoh latihannya adalah melempar bola pada keranjang basket dan bentuk latihan lainnya yang mengandalkan konsertrasi dan koordinasi gerak tubuh.

Daya tahan, adalah kemampuan seseorang menggunakan organ tubuh bagian dalam seperti jantung dan paru-paru secara efektif sehingga dapat bertahan lama. Contoh latihannya seperti lari 12 menit, lari multistage, lari naik turun bukit.

Koordinasi, adalah kemampuan seseorang dalam menyelaraskan gerakan tubuh dalam satu pola gerakan yang efektif. Contoh latihannya seperti memantulkan bola ke tembok menggunakan tangan kanan dan dikembalikan dengan tangan kiri. Umumnya, koordinasi membutuhkan insting dan fokus.

Daya otot, adalah kemampuan individu dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang relatif singkat. Contoh latihannya vertical jump, side jump dan front jump.

Keseimbangan, adalah kemampuan dalam mengendalikan tubuh menggunakan organ dan syaraf otot sehingga dapat bergerak dengan stabil. Contoh latihannya adalah senam, loncat indah, sikap lilin dan berjalan diatas balok kayu.

Kecepatan, merupakan kemampuan individu dalam melakukan gerakan yang berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya yang dapat dicapai sesuai kemampuan tubuh. Contoh latihannya adalah lari sprint sejauh 50-200 meter.

2. Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani bagi manusia memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut adalah manfaat dari kebugaran jasmani apabila dapat mempraktekkan setiap latihan secara rutin.

  • Dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
  • Mengurangi resiko obesitas karena kegiatannya membakar lemak
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengatasi depresi dan stres
  • Meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh sehingga lebih kuat dalam menjalani banyak aktivitas
  • Meningkatkan kemampuan tubuh dalam memulihkan sel-sel rusak
  • Dapat terhindar dari penyakit tulang keropos (osteoporosis)
  • Meningkatkan kelentukan persendian
  • Menambah kekuatan otot dan kecepatan
  • Gerak tubuh semakin terkoordinasi dengan baik
  • Menghindari penyumbatan pembuluh darah dan gagal jantung

Itulah penjelasan mengenai kebugaran jasmani. Semoga Anda dapat menarik manfaat dari artikel jelaskan pengertian kebugaran jasmani tersebut.