Pengertian energi adalah suatu kemampuan dalam melakukan sebuah tindakan atau usaha pekerjaan. Kata energi diambil dari bahasa Yunani yakni ergon yang berarti kerja. Dalam melakukan segala aktvitas manusia senantiasa menggunakan energi dengan sadar, meskipun kebanyakan dari kita tidak menyadarinya.

Energi merupakan suatu besaran turunan yang memiliki satuan N.m atau Joule. Tujuan energi dan kerja adalah sama, sehingga energi sering didefinisikan sebagai sebuah tenaga atau gaya dalam berbuat sesuatu. Pengertian lain adalah kemampuan dalam melakukan sebuah pekerjaan tertentu. Sedangkan kerja dapat diartikan sebagai sebuah usaha dalam memindahkan beda dengan menggunakan gaya.

Berdasarkan KBBI, pengertian energi adalah sebuah gaya atau kekuatan yang diperlukan dalam melakukan berbagai proses kegiatan. Energi adalah bagian dari suatu benda tetapi tak terikat pada benda itu, artinya energi dapat berubah-ubah dan berpindah sesuai dengan mediumnya.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

1. Pardiyono

Menurut Pardiyono, energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh sebuah benda.

2. Robert L. Wolke

Sedangkan Robert menjelaskan energi adalah suatu kemampuan dalam membuat sesuatu terjadi. Artinya, ada hal yang dapat membuat sesuatu terjadi baik itu dari keadaan tidak ada menjadi ada, ada menjadi tidak ada, atau sesuatu yang ada menjadi berubah.

3. Mikrajuddin

Mikrajuddin menjelaskan definisi energi adalah kemampuan benda dalam melakukan usaha.

4. Michael J. Moran

Pengertian energi menurut Michael adalah suatu konsep dasar termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dalam analisis teknik.

Macam dan Bentuk Energi

Energi yang umumnya kita ketahui dan paling besar manfaatnya adalah matahari. Energi panas yang dihasilkan matahari bermanfaat bagi kehidupan manusia dan alam di muka bumi. Ada banyak sekali pemanfaatan energi yang bersumber dari matahari, mulai dari mengeringkan pakaian hingga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga surya.

1. Energi Mekanik

Energi mekanik adalah salah satu jenis energi yang dimiliki oleh benda karena sifat gerakannya. Energi ini ada karena terdapat gerakan. Sedangkan jenis energi mekani dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu energi potensial dan energi kinetik.

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda pada tempat atau kedudukan tertentu. Contoh umum energi potensial adalah air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Sedangkan energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena kelajuannya. Semakin cepat pergerakan benda tersebut maka energi kinetiknya semakin besar.

2. Energi bunyi

Bunyi merupakan energi yang dihasilkan dari getaran partikel-partikel udara pada sekitar sumber bunyi. Pada dasarnya, setiap getaran yang terjadi pada benda pasti menimbulkan energi bunyi, tetapi tidak semua bunyi dapat didengar oleh telinga manusia. Semakin kuat getarannya, maka bunyi akan terdengar lebih kencang.

3. Energi panas

Energi panas merupakan energi yang terjadi karena pergerakan internal partikel penyusun dalam sebuah benda. Energi panas dapat berpindah melalui tiga cara yakni konduksi, konveksi, dan radiasi. Contohnya adalah energi panas dari matahari.

4. Energi cahaya

Cahaya merupakan energi yang dihasilkan oleh gelombangmagnetik. Contoh nyatanya adalah lampu, semakin jauh dari sumber cahaya maka akan semakin sedikit pengaruh cahaya terhadap penglihatan panca indera.

5. Energi kimia

Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan karena adanya aktivitas zat kimia dan timbulnya reaksi kimia.

6. Energi nuklir

Energi ini tergolong baru dibandingkan jenis energi lainnya. Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan dari reaksi inti oleh bahan radioaktif. Sumber energi nuklir adalah adanya pembalehan inti atom atau ketika penyatuan inti atom.