Bagaimana Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Belajar

0
39
Bagaimana Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Belajar

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Belajar – Anda mengalami kesulitan dalam belajar, ataukah Anda terbiasa belajar secara instant (baca buku sampai habis), ataukah Anda belajar di saat-saat keadaan mendesak, seperti mau ulangan semester atau ujian semester. Bayangkan Anda menghabiskan membaca beberapa BAB hanya dalam waktu singkat, tentu akan sulit sekali tertanam di memori otak kita. Dan tentu saja sangat menguras dan memeras energi kita.

Mulai sekarang cobalah merubah kebiasaan itu, mulailah belajar secara efektif, secara berkala dan berkelanjutan, ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam belajar, berikut beberapa cara mudah yang biasa saya lakukan. Belajar jika dilakukan dalam sehari habis akan terasa berat mulailah mengubah pola belajar anda yang harus hafal 1 buku dalam 1 malam.

Berikut Ini Cara Belajar Efektif Yang Memotivasi Anda Lebih Semangat :

1. Membiasakan diri belajar – ya dengan membiasakan diri untuk belajar di kala waktu senggang. Ketika bangun pagi adalah waktu terbaik untuk belajar, waktu istirahat siang, sore hari sebelum mandi dan makan dan malam sebelum tidur.

2. Jangan belajar terlalu lama, belajarlah sedikit, kira- kira 10 s/d 15 menit saja setiap di mana Anda punya waktu luang di luar segala kesibukan. Apakah Anda tau mengapa beberapa guru / dosen pasti terkadang terlambat 5-10 menit, hal itu bertujuan agar kita belajar dan mempersiapkan diri menerima materi yang akan di pelajari.

3. Belajar berulang-ulang, anda bisa belajar satu atau dua lembar saja setiap waktu yang Anda miliki, lakukan berulang-ulang, tentunya dengan ber ulang-ulang kita akan mudah mengingat dan memahaminya.

4. Belajar lalu praktekan, hal ini menurut saya efektif sekali, karena dengan kita belajar kemudia mempraktekannya ini akan meningkatkan daya ingat kita. Karena suatu ilmu jika hanya teori saja tanpa lansung praktek tentu akan cepat hilang, contoh sederhana, kita belajar komputer, tentunya kalo hanya teori kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer.

Bila kita belajar matematika, setelah kita mempelajarinya, kita buat soal sendiri dan jawab sendiri, kemudia periksa jawaban Anda, atau mintalah orang tua, saudara atau teman Anda sendiri untuk memeriksanya, begitu juga dengan pelajaran lainnya. Atau contoh lainnya, Anda belajar membuat css, tentunya kalau anda hanya membaca atau melihat tanpa mempraktekan, Anda akan beranggapan sangat susah sekali.

Jika Anda ingin membuat CSS mulailah dari bagian per bagian, misalnya bagian header atau category, hanya perlu utak atik sendiri bagian itu, sambil praktekan, bila Anda sudah bisa, saatnya melanjutkan ke bagian yang lainnya.

5. Bertanya, yupz dengan menanyakan bagian mana yang menurut kita sulit, itu akan memudahkan kita untuk memahami, banyak tempat untuk bertanya, bisa guru, orang tua, saudara, teman atau melalui media Internet jangan pernah malu untuk bertanya, kata orang mamu bertanya sesat di jalan, malu bertanya Ilmu akan sirna, jadi biasakan bertanya tentang hal yang belum kita pahami.

6. Belajar dan berdiskusi, kita bisa mengajak orang tua, saudara atau teman untuk mendiskusikan apa yang akan kita pelajari, dan yang di diskusikan jangan terlalu banyak, hanya satu permasalahan saja, dengan begitu kita akan semakin mudah mengingat pelajarannya.

Bila Anda mulai merasa jenuh, bosan atau malas belajar, segera rehat beberapa saat, atau lakukan kegiatan -kegiatan lain, dengan maksud merefresh memeri otak kita, tapi jagan biarkan hal ini berlarut-larut, karena kemalasan akan membayangi Anda, dan tentu saja Anda akan.

Tentu dengan mulai membiasakan diri belajar dengan baik, ber ulang-ulang, berkelanjutan, sambil mempraktekannya, dan tidak perlu berlama – lama, maka dengan sendirinya kita akan semakin mudah memahami apa yang kita pelajari.

Dan satu hal yang perlu di ingat, membaca dengan belajar itu berbeda, bila hanya membaca tanpa perlu kita pahami, kita sudah mampu membaca, tapi bila kita belajar, disamping membaca, kita juga memahami dan dapat mempraktekannya dengan baik.

Terkadang yang menjadi penghalang kita untuk belajar adalah pikiran kita, ketika melihat sesuatu terkadang kita mengatakan “Kelihatannya sangat sulit, saya tidak mengerti tentang ini, ah susah sekali”, tentu saja jika hanya dengan melihat kelihatannya rumit, tetapi jika kita memulai mencoba kita akan tahu apakah itu mudah atau sulit. Tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru agar ilmu dan pengetahuan kita bertambah.

Belajar itu gampang-gampang susah, tergantung dari bagaimana kita membiasakan diri, dan tanamkan dalam pikiran kita bahwa apa yang kita pelajari adalah hal yang menyenangkan.

Hanya ini yang bisa saya berikan, kurang atau lebihnya saya mohon maaf, dan bila ada yang menambahkan di persilakan, Terima kasih semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sukses selalu.

Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here