Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Generasi Muda Bangsa Indonesia

0
189
Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Generasi Muda Bangsa Indonesia

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Generasi Muda Bangsa Indonesia – Tepat pada hari ini, beberapa tahun yang lalu, para pemuda di seluruh nusantara mengikrarkan “Sumpah Pemuda” pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda Indonesia ketika itu, yang mana isi dari Sumpah Pemuda tersebut adalah :

  • Pertama, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kedua Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Ketiga Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Beberapa Tahun Sudah perjalanan sumpah pemuda, yang menjadi dasar Lahirnya persatuan bangsa melalui Kongres Pemuda Indonesia, hal ini merupakan sejarah yang seharusnya tidak kita lupakan begitu saja, karena cita-cita pemuda kita pada waktu itu adalah memperkuat persatuan Indonesia. Dimana kongres tersebut dihadiri oleh pemuda-pemuda dari berbagai daerah, berbagai Suku, Agama dan Ras, tanpa memandang perbedaan.

Sungguh merupakan cita-cita yang mulia dari pemuda-pemuda kita saat itu, tetapi bagaimana dengan sekarang, sungguh miris sekali melihat Bangsa ini saat ini.

Sekarang, Bangsa Indonesia sudah lupa dengan sejarah pembentukan bangsanya, karena sudah di penuhi dengan berbagai macam permasalahan dan konflik di berbagai bidang. Permasalah Cacatnya Hukum di negeri ini, hukum bisa di beli, siapa banyak uang dialah yang berkuasa atas hukum, tidak adanya keadilan.

Permasalah dunia Pendidikan, pendidikan sekarang lebih lemah dari jaman dulu, karena sekarang di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, nilai bisa di nego, nilai bisa di beli. Bahkan dalam pembelajaran pun kebanyakan tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Malah orang luar yang lebih pandai berbahasa indonesia dari orang indonesia itu sendiri.

Kemudian, konflik antar suku bahkan sudah melibatkan Agama dan Ras. Di beberapa daerah hal ini sudah sering terjadi, lalu mau di kemanakan isi dari sumpah pemuda itu sendiri, yang tidak memandang Suku, Agama, dan Ras.

kemudia wilayah, adat dan budaya yang asli milik Indonesia, di klaim milik negara lain.Negara ini seakan-akan kesulitan mempertahankan wilayah, adat dan budaya yang sudah turun temurun kita miliki dari nenek moyang kita. Dan masih banyak permasalah-permasalahan lain yang di hadapi bangsa ini.

Beberapa Tahun Sudah Negara Indonesia berjalan Sejak Sumpah pemuda, tetapi selama itu negara ini tidak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Bangsa sudah lupa bahwa perjuangan para Tokoh-tokoh muda lah yang membuat Negara ini merdeka. Kita sudah lupa, sekarang kita sering membeda-bedakan antara satu dengan yang lainnya.

Lalu bagaimana dengan sahabat, apakah sudah melupakan sejarah Bangsa Indonesia, apakah sahabat sudah lupa dengan “Sumpah Pemuda”.

Semoga dengan semangat peringatan sumpah pemuda pada hari ini, kita merefleksikan kembali apa yang sudah terjadi sekarang ini.

Semoga cita-cita perjuangan para Pemuda kita dapat tercapai, dan bangsa ini menjadi makmu, aman, tentram dan Sejahtera.

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari kita sebagai pemuda Indonesia Penerus cita cita Bangsa menjadi Pemuda yang Mandiri, kratif, aktif dan inovatif. Serta mampu bersaing dengan bangsa luar di berbagai bidang.

Marilah saat ini kita juga Bersumpah Untuk bersama Memajukan Bangsa Indonesia Menjadi Lebih Baik dan Menjadi Yang Paling Baik diantara Negara-negara lainnya.