Affiliate Marketing Adalah - Macam Jenis Serta Contoh Cara Kerja

Affiliate Marketing Adalah – Macam Jenis Serta Contoh Cara Kerja

Posted on

Affiliate Marketing Adalah – Setelah sebelumnya saya sempat membahas tentang macam-macam online payment di internet, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang affiliate marketing, mengapa? karena orang-orang yang sukses besar menjadi pebisnis internet hampir seluruhnya bermain di affiliate marketing, dengan pembahasan tentang affiliate marketing ini saya harap akan membantu anda memutuskan apakah affiliate marketing pilihan yang tepat untuk anda atau tidak.

Affiliate Marketing adalah program yang membayar jasa seseorang jika mereka berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.

Merchant atau Affiliate Merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet dengan mengandalkan penggalangan komunitas yaitu para affiliate marketers atau affiliate untuk memasarkan produk karena bisa memperluas jaringan pemasaran secara efektif dan efisien.

Affiliate Marketers atau Affiliate adalah orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual sehingga bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya dan akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual.

Bagaimana mekanisme kerja affiliate marketing?

Misalnya ada seorang affiliate merchant yang ingin menjual produknya. Affiliate merchant ini memiliki jaringan pemasar yaitu affiliate marketer. Sebelumnya affiliate merchant memberikan affiliate agreement yang merupakan sebuah dokumen legal yang mengikat affiliate marketer dengan affiliate merchant, berisi kesepakatan tentang syarat dan ketentuan untuk menjadi affiliate marketer.

Kemudian affiliate marketer memperoleh affiliate link dari affiliate merchant. Affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan affiliate ID affiliate marketer,setelah itu affiliate marketer akan mempromosikan affiliate link tersebut hingga ada calon pembeli yang disebut leads atau prospects membeli produk tersebut melalui affiliate link tadi, dengan begitu affiliate marketer akan diberi komisi untuk penjualan tersebut biasanya antara 10%-95% dari harga produk oleh affiliate merchant. Sedangkan affiliate merchant melakukan tugasnya mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membeli produk tersebut.

Hasilnya affiliate merchant mendapat keuntungan karena produknya terjual, affiliate marketer jugauntung karena affiliate merchant membagi hasil penjualan produk kepadanya dan tentu saja yang paling penting adalah leads atau prospects mendapatkan produknya. Nah anda pilih yang mana? Jadi affiliate merchant atau affiliate marketer? Namun intinya jika anda belum mempunyai produk sendiri lebih baik menjadi affiliate marketer sebaliknya jika anda punya produk sendiri dan ingin meningkatkan penjualan berlipat-lipat jadilah affiliate merchant! Ok sekian dulu kenalan dengan affiliate marketingnya nantikan posting saya berikutnya yang akan membahas lebih dalam mengenai affiliate marketing ini.