Ununseptium (Uus) | Tenesin (Ts) : Penjelasan Dan Sejarah

Ununseptium (Uus) | Tenesin (Ts) : Penjelasan Dan Sejarah

Ununseptium (Uus) | Tenesin (Ts) : Penjelasan Dan Sejarah

Sejarah Ununseptium (Uus)

Percobaan pertama berlangsung di Laboratorium Flerov Reaksi Nuklir di tahun 2009. Dua isotop terdeteksi, Uus-293 ​​dan Uus-294. Dua tahun kemudian, para ilmuwan berhasil mengisolasi isotop Uus-289, dan eksperimen awal berhasil diulang pada tahun 2012. Periset di Pusat Helmholtz untuk Heavy Ion Research mengkonfirmasi penemuan Ununseptium pada tahun yang sama.

Uus memiliki nomor atom 117. Ununseptium adalah nama sementara. Ini adalah elemen super berat dengan berat atom 294. Ini juga dikenal sebagai eka-astatine dan elemen 117. Ununseptium disebut elemen 117 karena memiliki 117 proton dan 117 elektron. Unsur-unsur dengan jumlah proton yang tinggi tidak ditemukan bebas di alam. Unsur terberat yang terjadi di alam memiliki 92 proton (uranium). Elemen yang lebih berat dibuat dalam setting penelitian dengan menggunakan reaksi nuklir untuk menambahkan lebih banyak proton. Elemen dengan proton lebih banyak umumnya tidak stabil dan membusuk dengan cepat. Mengingat bahwa unsur-unsur tersebut berkurang dengan cepat, sulit untuk memprediksi sifat-sifatnya dan menemukan penggunaan dan aplikasi praktis. Para ilmuwan bereksperimen dengan elemen yang lebih berat untuk mengetahui apakah ada lebih banyak elemen sebelum pulau kestabilan tercapai.

Keterangan Ununseptium (Uus)

  • Nomor atom: 117
  • Berat atom: 294
  • Nomor periode: 7
  • Nomor golongan: VIIA
  • Fase pada Suhu Kamar: Diperkirakan bisa Padat
  • Nama golongan: Halogen

Ununseptium merupakan salah satu unsur terberat dan artifisial. Sifat kimia dan fisikanya belum cukup dipelajari sampai saat ini. Kepadatan elemen, konfigurasi elektron, dan jari-jari atom tidak diketahui dan begitu pula energi ionisasi, fase, dan titik leleh dan titik didih. Radius dan elektronegatif Van Der Waals juga tidak diketahui. Ununseptium diperkirakan memiliki 4 keadaan oksidasi – +5, +3, +1, dan -1. Status oksidasi yang paling stabil adalah +1 sementara keadaan lainnya kurang umum. Ini adalah elemen kelompok 17 dan diprediksi akan berbagi sifat seperti energi ionisasi dan titik leleh dan titik didih dengan halogen lainnya, termasuk astatin, yodium, brom, klorin, brom, dan fluorin. Uus adalah periode 7, elemen p-blok dengan kerapatan yang diharapkan sebesar 7,1 gram per sentimeter kubik. Elemen p-blok lainnya adalah xenon, yodium, germanium, dan fosfor. Ununseptium memiliki beberapa isotop dengan waktu paruh yang sangat pendek. Isotop terpanjang adalah Uus-2293 dan Uus-294. Kehidupan setengah dari isotopnya sampai 40 milidetik. Semua isotop peluruhan secara radioaktif. Salah satu senyawa yang mungkin dari Uus adalah UusH.

Elemen Transuranium dan Sifatnya

Elemen transuranium seperti Ununseptium diproduksi secara sintetis, dan nomor atomnya lebih tinggi dari 92. Elemen transuranium seperti nobelium, mendelevium, curium, plutonium, dan neptunium diproduksi di laboratorium seperti Society for Heavy Ion Research and JINR. Mereka biasanya dinamai menurut para ilmuwan terkenal di dunia. Ununseptium adalah elemen transuranium terberat kedua setelah ununoctium. Nama sementara diberikan sebelum konfirmasi.

Peran Kegunaan Dan Bahaya

Tidak ada kegunaan yang diketahui di luar penelitian dasar dan eksperimental kimia . Uus tidak ditemukan di alam bebas , dan efek lingkungan dan kesehatannya juga belum dipelajari.

Contact Us!