Tanda Anak Autis – Ciri Ciri Fisik Anak Autis Ringan

Tanda yang menunjukkan bahwa Anak Anda mungkin menderita Autisme

Tanda Anak Autis – Ciri Ciri Fisik Anak Autis Ringan . Autisme adalah gangguan neurodevelopmental yang menghambat perkembangan sosial dan perilaku anak. Di berbagai negara belahan dunia, banyak orang tua tidak menyadari bahwa anak mereka Autis, hal tersebut mulai terungkap dan disadari saat mencapai tingkat keparahan Autisme.

Dizaman Modern saat ini dengan kemajuan berbagai teknologi, peningkatan dalam kelainan perilaku juga bertambah dan grafik tingkat autisme juga meningkat. Menurut penelitian, perkiraan 64 per 10.000 orang menderita autisme (RCI).

Pada kebanyakan kasus anak autis disalahpahami dan tidak diurus dengan benar. Kepada semua orang tua, jika anak Anda menunjukkan gejala berikut, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter. Autisme dapat diterapi untuk membuat pola perilaku pada seorang anak yang autis mampu beradaptasi dengan lingkungan dan dunia kerja kedepannya sehingga bisa menjalani kehidupan sebagaimana orang normal pada umumnya.

9 Gejala Ciri Tanda Fisik Anak Autis :

1. SULIT BERKOMUNIKASI

Mereka menunjukkan sedikit minat untuk berkomunikasi dengan orang lain dan biasanya juga jarang berkomunikasi dengan orang tua mereka sendiri. Mereka merespons dengan kalimat pendek yang memberikan jawaban langsung tanpa menjelaskannya secara berlebihan dan lebih rinci. Komunikasi dengan orang asing juga benar-benar terbatas dalam beberapa kasus. Banyak anak autis tidak menanggapi saat nama disebut atau perintah yang diberikan kepada mereka. Mereka lebih tertarik bertindak untuk sibuk di dunianya sendiri.

2. POLA PERILAKU SUKA MENGULANG-ULANG

Ini adalah tanda paling umum bagi seorang bayi atau balita yang mengalami autisme. Anak autis memiliki perilaku atipikal, Mereka cenderung sering mengulangi beberapa gerakan atau permainan atau kebiasaan tertentu. Ini tidak disengaja melainkan memang diakibatkan dari kebiasaan pola perilaku anak autis. Pada umumnya tidak ada kerusakan pada bagian otak yang terdeteksi namun gejala ini sangat sering terjadi pada seorang anak autisme .

3. TIDAK ADA KONTAK MATA

Sebagian besar anak autis tidak mau berinteraksi dengan orang yang belum dikenal dan bahkan ketika mereka dipaksa oleh orangtuannya, saat berkomunikasi mereka biasanya tidak melihat mereka (Kontak Mata). Beberapa anak bersikap cuek (Tidak Peduli) dan tidak merespon sama sekali saat mereka dipaksa melakukan kontak mata. Mereka akan menunjukan sikap takut atau mulai menangis. Tetapi hal ini tidak dapat begitusaja dijadikan patokan sebagai ciri anak autis, karena sebagian anak Normal juga terkadang memiliki sifat pemalu.

4. AGRESIF DAN MUDAH SETRESS

Anak autis biasanya cepat marah. Tingkat Kemarahan pada seseorang memang berbeda, tetapi beberapa anak autis akan menujukan ekspresi merusak barang sementara yang lain mungkin juga menyakiti diri mereka sendiri dalam kasus yang lebih parah. Dalam kasus tersebut, Orang Tua harus sangat berhati-hati saat merawat anak autisme tingkat parah. Bila orang tua tidak mengetahui fakta bahwa anak mereka mungkin menderita autisme, biasanya mereka salah mengira dan hanya menyangka bahwa anak tersebut hanya memiliki sifat keras kepala. Bagaimanapun perilaku yang tidak terkendali tersebut merupakan indikasi bahaya.

5. TERLAMBAT BERKEMBANG – PERKEMBANGAN TIDAK SEIMBANG

Tingkat perkembangan Seorang anak dapat ditetapkan melalui apa yang bisa dicapai seorang anak pada umurnya. Tapi anak Autism kebanyakan mengalami keterlambatan perkembangan. Mereka mungkin bagus pada satu hal tapi tertunda pada perkembangan lainnya. Orangtua sering salah paham tentang mereka dan menganggap mereka sebagai seorang yang lamban tapi mereka harus mengerti fakta bahwa hal tersebut bisa merupakan ciri anak autism.

6. TIDAK SUKA PERUBAHAN

Anak autis membenci perubahan dan bahkan jika suatu hal kecil seperti mengganti sprai tidur, hal itu mungkin dianggap sangat penting bagi mereka. Mereka biasanya menyukai hal yang sama dan benci mengubah sesuatu bahkan pada hal sedikit pun.

7. BAHASA SULIT DIPAHAMI

Seorang anak autis terkadang menggunakan Nada bicara yang tidak wajar seperti tinggi dan rendah nada bicara bercampur aduk. Bagi orang normal berbicara dengan penderita autis akan tidak mudah untuk dimengerti dan dipahami. Dan hal tersebut merupakan bagian dari tanda ciri seorang anak merupakan autis ringan. Hanya sebagian kecil orang saja yang bisa berkomunikasi dan memahami percakapan. Pada seorang anak autis mempunyai bahasanya tersendiri dan untuk berkomunikasi pun juga akan terasa sulit. Oleh karena itu, seorang anak autisme memiliki sifat yang jarang sekali berkomunikasi dengan orang lain.

8. EKSPRESI DAN EMOSIONAL YANG MINIM

Banyak anak autis tidak mengerti ekspresi wajah seperti kesedihan atau kebahagiaan atau kemarahan dll. Bahkan juga beberapa anak autis tidak memiliki empati Ekspresi wajah kesedihan kepada orang lain. Mereka juga tidak bisa mengerti perasaan emosional pada orang lain. Tentu tidak semua anak autis memiliki ciri tersebut, tetapi banyak anak autis tidak paham dengan Emosi yang dialami oleh orang lain.

9. HIPERAKTIF

Ciri anak autis sejak dini juga ada yang mengalami hiperaktif atau menjadi sangat aktif untuk melakukan berbagai macam hal yang dilakukannya. Tetapi ada juga ciri anak autis sejak dini yang cenderung lebih diam.

Kepada semua orang tua, jika anak Anda menunjukkan perilaku yang tiba-tiba atau tidak biasa atau beberapa gejala yang disebutkan di atas, berkonsultasilah dengan dokter untuk keterangan lebih jelas. Tulisan diatas hanya menujukan tanda dan ciri seorang balita atau anak yang mungkin merupakan seorang penderita autisme. Belum tentu anak anda autis karena tanda dan ciri-ciri yang disebutkan diatas, coba untuk mengubah pola perilaku dan melakukan didikan (Parenting) yang benar.

Terapi Penanganan Untuk Anak Autis Di Rumah - Artikel BelajarBaca Juga : Terapi Penanganan Untuk Anak Autis Di Rumah – Artikel Belajar