Malaikat memiliki sifat yang berbeda dengan makhluk Allah seperti jin atau manusia. Ia adalah makhluk Allah yang diciptakan dari nur atau cahaya dan hanya mematuhi perintah Allah. Berikut ini adalah sifat-sifat yang dimliki para malaikat.

1. Selalu bertasbih kepada Allah siang dan malam tanpa pernah berhenti.

2. Tidak memiliki sifat manusia dan jin seperti hawa nafsu, rasa lapar, rasa sakit, mengantuk, gelisah, bergurau atau lainnya.

3. Selalu takut dan hanya taat kepada Allah SWT

4. Tidak pernah berbuat maksiat dan selalu melaksanakan apa yang diperintahkan Allah

5. Memiliki sifat pemalu

6. Terganggu dengan bau tidak sedap/busuk

7. Tidak membutuhkan makan dan minum

8. Mampu berubah wujud atas izin dari Allah

9. Malaikat tidak memiliki jenis kelamin

10. Malaikat tidak pernah mau masuk ke rumah yang terdapat binatang anjing dan patung (berhala)

11. Dapat bergerak secepat cahaya karena malaikat terbuat dari nur

12. Dalam melaksanakan tugasnya, malaikat tidak pernah lelah dalam menjalankannya

13. Sebagai makhluk ghaib, malaikat tidak dapat dilihat, diraba, dicium oleh panca indera manusia. Namun, malaikat bisa dilihat ketika berubah wujud menyerupai manusia (kecuali wujud asli malaikat Jibril ketika peristiwa nabi menerima wahyu dan Isra Mi’raj)

Penjelasan tentang malaikat

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah dari cahaya ketika sebelum manusia diciptakam. Salah satu sifat keutamaan malaikat adalah mereka tidak pernah ingkar sedikitpun kepada Allah dan hanya mematuhi perintah-Nya.

Karena malaikat adalah makhluk mulia, percaya kepada malaikat merupakan rukun iman yang ke dua. Sebenarnya ada ribuan malaikat yang diciptakan oleh Allah, namun kita wajib mengetahui sepuluh malaikat. Berikut adalah malaikat dan tugasnya.

1. Malaikat Jibril

Ia adalah salah satu malaikat yang paling sering berkomunikasi dengan Rasulullah. Malaikat Jibril memiliki tugas mulia yakni menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail diberikan tugas oleh Allah untuk memberi rezeki kepada umat manusia. Tidak hanya muslim, tetapi semua yang hidup telah dibagi rezekinya oleh Allah melalui perantara malaikat Mikail. Bentuk-bentuk rezeki juga bermacam-macam salah satunya adalah membagi turunnya hujan.

3. Malaikat Israfil

Tugas utama malaikat mulia israfil adalah meniup sangkakala di hari kiamat. Melalui terompet kematian ini, semua makhluk di jagat raya akan musnah sesuai dengan kehendaknya.

4. Malaikat Izrail

Julukan dari Malaikat Izrail adalah malaikat kematian. Memang benar, karena malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut setiap makhluk yang bernyawa. Salah satu riwayat yang paling terkenal mengenai malaikat Izrail adalah ketika hendak mencabut nyawa Rasulullah.

5. Malaikat Munkar

Menanyai dan memeriksa amal manusia di alam kubur. Dalam hadis juga disebutkan bahwa apabila pertanyaan-pertanyaan dari malaikat Munkar dapat dijawab, maka selamatlah Ia. Apabila tidak mampu menjawab, orang itu akan mendapat siksa kubur, nauzubillah.

6. Malaikat Nakir

Tugasnya sama seperti malaikat munkar yaitu menanyai dan memeriksa amal perbuatan manusia bersama malaikat munkar.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat setiap amal baik yang diperbuat manusia. Setiap niat dalam hati tidak akan luput dari catatan amal. Apa-apa yang diperbuat dengan niat baik akan dicatat oleh malaikat Raqib.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid memiliki tugas untuk mencatat setiap amal buruk manusia. Apapun kejelekan yang dikerjakan manusia, baik lisan atau niat buruk akan di catat oleh malaikat Atid.

9. Malaikat Malik

Tugas malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Pada beberapa riwayat bahwa malaikat Malik tidak pernah tersenyum.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan memiliki tugas utama untuk menjaga pintu surga.