Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Posted on

Secara umum manajemen sumber daya manusia ini adalah upaya yang dilakukan untuk mencari, mengembangkan dan evaluasi terhadap sumber daya manusia yang potensial. Manajemen sumber daya manusia ini merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pengaturan hubungan dan peran dari SDM bagi sebuah perusahaan.

Karena, tidak ada sebuah perusahaan yang tidak membutuhkan SDM (sumber daya manusia) dan juga divisi HR alias Human Resource. Divisi HR ini yang memiliki tanggung jawab untuk bisa mengelola manajemen sumber daya manusia yang dibutuhkan agar efisiensi perusahaan tercapai dengan baik.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Tidak hanya mengenali apa itu manajemen sumber daya manusia, kali ini kita juga akan membahas mengenai tujuan dari manajemen tersebut. Pada dasarnya, tujuan manajemen sumber daya manusia ini terdiri dari dua kategori umum, yaitu:

Produktivitas

Jika divisi dari manajemen sumber daya manusia ini bisa mengelola SDM dan memberikan evaluasi yang baik maka akan menghasilkan tenaga kerja yang bermanfaat. Sehingga, produktivitas yang didapatkan akan semakin meningkat. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya kualitas SDM tersebut. Bukankah tujuan dan target perusahaan akan lebih mudah dicapai jika SDM yang dimiliki semakin baik kinerjanya?

Hal inilah yang seharusnya dilakukan oleh manajemen sumber daya manusia. Dimana manajemen tersebut diharapkan bisa menghasilkan SDM terbaik untuk pengembangan produktivitas yang tertarget. SDM yang terampil pastinya bisa memberikan kemampuan terbaik mereka dan memberikan banyak hal positif jika dibandingkan dengan yang belum terampil.

Sehingga, perusahaan akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan bantuan SDM yang lebih terampil. Namun, pastinya perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih agar bisa melatih dan mencari SDM yang lebih bertalenta tersebut.

Profit

Bahkan, SDM yang lebih terampil dan terlatih juga akan membawa laba atau profit (keuntungan) yang lebih banyak bagi perusahaan nantinya. Secara tidak langsung, tujuan dari pencarian SDM berkualitas bagi sebuah perusahaan berupa tercapainya profit oriented atau laba yang tinggi.

Sumber Daya Manusia

Dimana kinerja SDM diuji dari perbandingan hasil dari output dan input. Jadi, hasil profit atau besarnya laba yang dimiliki oleh perusahaan menjadi tolak ukur tentang seberapa baik SDM yang mereka miliki tersebut.

Jika ditinjau secara umum dua poin di atas yang menjadi tujuan dari manajemen sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Namun, berikut beberapa tujuan khusus yang harus kita ketahui, yaitu:

  • Mencari serta mengembangkan tenaga kerja yang bisa dipercaya, memiliki sebuah motivasi yang baik dan terampil bagi sebuah perusahaan maupun organisasi.
  • Memberikan perbaikan serta peningkatan terhadap kualitas SDM yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Dimana perbaikan kualitas ini nantinya akan diukur melalui ketrampilan, kecakapan dan kontribusi yang diberikan dalam pelaksanaan sistem operasional pekerjaan.
  • Merekrut SDM terbaik melalui prosedur seleksi calon tenaga kerja berdasarkan peraturan pekerjaan.
  • Menciptakan sebuah lingkungan pekerjaan yang menghasilkan SDM produktif dan keharmonisan antara keryawan dan manajemen perusahaan.
  • Memberikan keselarasan dan keseimbangan antara setiap tujuan dari pekerjaan tenaga kerja.
  • Peningkatan kesejahteraan tenaga kerja secara fisik dan rohani.
  • Memberikan kesempatan terhadap semua SDM untuk bisa mendapatkan dan menunjukkan kemampuan mereka sebagai calon tenaga kerja.
  • Memberikan keadilan, transparansi dan perhatian bagi setiap SDM yang akan dikelola sebagai tenaga kerja dalam sebuah perusahaan.
  • Pengelolaan tenaga kerja dengan mengetahui dan mempertimbangkan perbedaan dan kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing SDM tersebut.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai manajemen sumber daya manusia beserta fungsinya.