Telekomunikasi merupakan teknik pengiriman atau penyampaian sebuah infomasi, yang dikirim dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dalam pengertian lain Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan bahwa pengertian telekomunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak.

Telekomunikasi ini mempunyai beberapa jenis, berikut ini mengenai jenis-jenis dari telekomunikasi :

1. Telegraf

Telekomunikasi ditemukan pertama kali oleh Samuel F.B Morse pada tahun 1838 yang dibantu oleh asistennya. Telegraf membutuhkan listrik sebagai media untuk perambatannya, pesan yang bisa disampaikan melalui telegraf masih sebatas dalam bentuk kode. Kode ini disebut sebagai kode morse.

Kode morse adalah sebuah kode yang terdiri dari angka, huruf, ataupun karakter-karakter lain yang kemudian dikirim ke tempat lain yang berjarak sangat jauh. Setelah itu jika telah sampai di tempat tujuan, telegraf ini akan menerjemahkannya menjadi karakter yang dapat dimengerti oleh manusia.

2. Telepon

Telepon pertama kali ditemukan oleh Antonio Meucci walaupun ada yang menyebutkan Alexander Graham Bell juga seorang yang pertama kali menemukan telepon. Namun terlepas dari siapa penemunya, telepon adalah sarana berkomunikasi secara langsung yang menggunakan suara dengan jarak yang jauh maupun dekat. Cara kerja dari telepon yakni dengan mengubah suara menjadi energi listrik, lalu disalurkan melalui jaringan yang disebut jaringan komunikasi.

3. Faksimile

Faksimile atau biasa disebut dengan faks adalah suatu cara berkomunikasi yang melalui objek yang berupa tulisan,gambar atau data lain yang kemudian dikirim ke penerima/tujuan.

Faks ini sering dipergunakan untuk mengirim data-data penting, yaitu seperti data perusahaan, ataupun objek yang penting lainnya. Penggunaan faks ini sangat populer pada pertengahan abad ke 19. Namun seiring berjalannya waktu faks ini sudah sangat jarang digunakan karena sudah ada teknologi yang sangat jauh lebih modern seperti email.

4. Televisi

Televisi merupakan alat komunikasi yang sangat populer pada awal abad ke 20. Alat ini menampilkan video dan suara dalam menyampaikan informasi. Penyampaian informasi melalui alat ini hanya bisa dilakukan secara searah saja.

5. Radio

Sebelum adanya televisi, radio menjadi alat komunikasi yang paling populer di zamannya,  seperti halnya televisi alat ini juga menjadi alat komunikasi yang searah saja, bahkan alat ini hanya bisa mengeluarkan suara saja. Cara kerja  alat ini dalam menyampaikan suara adalah melalui gelombang yang disebut juga dengan gelombang radio. Gelombang ini lah yang kemudian bergerak dengan cara menyebar di daerah sekelilingnya yang mana ini yang menjadi penyebab bahwa jangkau radio itu terbatas pada wilayah yang berada dalam radius pancaran sinyal pemancar radionya, dan ini merupakan kelemahan dari gelombang ini (radio).

6. Telepon Bergerak

Telepon bergerak atau biasa juga disebut dengan handphone merupakan salah satu teknologi komunikasi yang cukup terkini, dan sistem telekomunikasinya adalah yang sering digunakan di era modern ini.  Teknologi dalam telepon bergerak ini sudah sangat jauh dari telepon zaman dulu yakni sudah bisa melakukan berbagai jenis komunikasi mulai dari mengirim suara, tulisan, gambar, video, dokumen dan juga telepon bergerak ini sesuai dengan namanya bisa dibawa kemana-kemana karena sudah ada baterai dalam alat ini sehingga lebih memudahkan untuk dibawa-bawa.

Perkembangan telekomunikasi sudah sangat berkembang dengan pesat, bahkan semua orang bisa melakukannya dengan sangat mudah dan tidak harus kemana-mana. Tinggal berdiam diri dirumah pun masih bisa melakukan komunikasi keluar.

Dalam komunikasi zaman sekarang juga bisa melakukan komunikasi dengan orang yang tidak dikenal yakni melalu media sosial dan lain segainya. Kurang lebih dari jenis-jenis telekomunikasi diatas menggambarkan alur perkembangan alat komunikasi dari zaman lama hingga zaman sekarang ini.