Tumbuhan apapun di dunia pasti memiliki manfaat bagi kehidupan atau lingkungan sekitar. Namun, ada juga tumbuhan parasit yang harus dibersihkan agar tidak mengganggu ekosistem sekitar. Tumbuhan yang biasanya mendukung berlangsungnya lingkungan sekitarnya, seperti pohon, sayuran, dan tumbuhan lain yang dimanfaatkan untuk kehidupan disekitarnya.

Setiap kali menanam tumbuhan baik itu sayuran atau pohon, maka Anda akan mendapatkan manfaatnya. Mungkin tidak hanya manusia, tetapi ekosistem lain akan ikut membaik, tanah menjadi lebih subur karena mikroorganisme dapat bertahan dan manfaat lainnya.

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar

Selain manfaat di atas, menanam, merawat dan menjaga tumbuhan di sekitar lingkungan dapat memberikan manfaat yang banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar yang mungkin jarang diketahui.

1. Mengurangi kebisingan

Mungkin bagi Anda yang bertempat tinggal di pinggir jalan atau tempat yang ramai akan terganggu dengan berisiknya suara kendaraan yang lewat. Dengan menanam pohon atau tumbuhan di sekitar rumah, akan membantu mengurangi suara-suara bising. Biasanya jenis tanaman yang dapat menyaring suara adalah jenis tanaman semak, seperti tanaman titian atau pohon apapun yang penting ditanam rapat.

2. Menyaring debu

Selain mengurangi kebisingan, tumbuhan di sekitar rumah mampu menyaring debu yang bertebaran. Ketika rumah tidak ditanami tumbuhan biasanya ketika ada angin yang bercampur dengan debu, akan mudah masuk ke dalam rumah. Untuk itu, tumbuhan atau pohon yang ditanam sekitar rumah akan menyaring debu-debu yang bertebaran. Anda dapat melihat pohon-pohon pinggir jalan yang daunnya penuh dengan debu, karena memang memiliki manfaat dalam menyaring debu.

3. Membuat sejuk

Tanaman yang ditanam di sekitar rumah akan membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk secara alami. Meski tidak sesejuk udara dari AC, namun kesejukan alami dari tanaman lebih menyehatkan karena kaya akan oksigen. Pohon yang berada di depan rumah misalnya, jika sudah tinggi melebihi atap rumah, akan menghalangi terik matahari sehingga dalam rumah lebih sejuk ketika musim kemarau. Selain itu, tanaman yang merambat pada dinding rumah akan membantu meredam panas matahari.

Rumah yang terpapar sinar matahari secara langsung, akan membuat suhu udara di dalam rumah menjadi panas dan pengap. Sehingga apabila ada tanaman yang merambat pada dinding luar rumah, panas matahari akan diredam. Tanaman yang merambat bisa bermacam-macam, bahkan diantaranya ada yang berbunga. Sehingga selain bermanfaat untuk menangkal panas matahari, bisa juga untuk hiasan.

4. Menyimpan air tanah dan menghindari longsor

Pohon atau tanaman yang memiliki akar kayu bermanfaat untuk menyimpan air tanah. Dalam hal ini ketika air hujan turun ketanah, air tersebut tidak begitu saja meresap ke dalam tanah. Tetapi, air tersebut akan diserap oleh akar-akar pohon. Dengan demikian, ketersediaan air tanah akan terjaga.

Selain itu, akar pohon membantu menahan tanah agar tidak bergerak atau longsor akibat daerahnya yang curam. Untuk itu, menanam pohon atau tanaman di daerah dengan kemiringan curam sangat penting dilakukan.

5. Membantu dalam cuaca ekstrim

Rumah yang ditanami berbagai macam tanaman rumahan, dapat membantu ketika cuaca ekstrim tak menentu. Curah hujan sulit diprediksi, serta kemarau panjang yang susah untuk ditebak akan membuat ketersediaan air tanah tidak menentu. Untuk itu, menanam pohon di sekitar rumah dapat membantu mensiasati ketersediaan air tanah. Selain itu, tanah di sekitar tumbuhan menjadi lebih subur karena kaya akan unsur hara dan dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman produktif.