Hewan apapun di dunia memiliki peran dan manfaat masing-masing bagi lingkungan sekitarnya. Manusia, hewan dan tumbuhan hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain. Jika salah satu makhluk bermasalah, maka pihak lain juga ikut terdampak. Untuk itu, diperlukan keharmonisan dalam hidup berdampingan di dunia ini.

Manusia dibutuhkan makhluk lain untuk mengelola bumi, sedangkan tumbuhan dimanfaatkan manusia sebagai sumber makanan begitupun beberapa jenis hewan. Hewan juga membutuhkan manusia untuk dilindungi dan menjaga ekosistem alam mereka ketika sumber makanan mereka rusak atau habis. Karena saling ketergantungan, maka setiap makhluk wajib menjaga satu sama lain.

Manfaat hewan bagi lingkungan sekitar

Meskipun beberapa hewan liar seperti serangga beracun berbahaya bagi manusia, masih ada beberapa hewan yang banyak dimanfaatkan bagi kehidupan di lingkungan sekitarnya. Berikut ini adalah manfaat dari hewan.

1. Dimanfaatkan dagingnya

Hewan yang biasanya dimanfaatkan dagingnya adalah sapi, kambing, unta, kerbau, ayam, ikan dan lain sebagainya. Daging pada hewan mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia untuk membangun sel-sel tubuh serta menjaga imunitas. Tanpa hewan, manusia akan kekurangan nutrisi hewani yang mana sangat penting bagi perkembangan manusia dan otak.

2. Dimanfaatkan bulunya

Selain dagingnya, hewan juga dapat dimanfaatkan bulunya sebagai bahan dasar pembuatan benang. Hewan yang biasanya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pembuatan benang adalah bulu domba.

3. Dimanfaatkan kulitnya

Kulit hewan juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam barang berkelas seperti sepatu, jaket, tas dan barang lainnya. Harga dari barang-barang dari kulit biasanya sangat mahal karena memang proses pembuatannya yang tidak mudah serta butuh waktu lama.

4. Dimanfaatkan tenaganya

Selain bagian tubuhnya yang dapat dimanfaatkan, hewan juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Mungkin di pedesaan masih ditemukan sapi atau kerbau yang dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah. Selain itu ada pula kuda yang dimanfaatkan tenaganya untuk kendaraan umum seperti delman.

5. Dimanfaatkan kotorannya

Meski menjijikkan, kotoran hewan bermanfaat sebagai bahan pembuatan pupuk. Tanpa pupuk, tanaman produktif petani seperti padi, sayur-sayuran akan kekurangan nutrisi dan berakibat pada layu dan mati. Untuk itu kotoran hewan diperlukan sebagai bahan pembuatan pupuk kandang organik yang tidak berbahaya bagi tanah.

6. Sebagai sarana pembelajaran

Hewan hewan langka yang dilindungi seperti cendrawasih, elang, komodo dan lain sejenisnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran. Dengan demikian, para siswa memiliki kesempatan untuk mengenal satwa langka yang dilindungi. Mengenal mereka secara langsung akan berbeda dengan hanya menonton video atau gambarnya, sehingga dengan pembelajaran langsung timbul rasa cinta untuk melindungi mereka.

7. Membantu tanaman

Tidak hanya manusia, beberapa jenis hewan seperti lebah membantu tanaman dalam proses pembuahan. Meskipun dapat dibantu oleh angin, namun tidak selamanya bisa mengandalkan angin untuk proses pembuahan. Sehingga hewan seperti lebah sangat membantu tanaman. Selain itu, lebah juga membantu mengurangi hama tanaman seperti ulat yang memakan daun.

8. Dimanfaatkan susunya

Manfaat susu alami yang berasal dari hewan sangat besar bagi pertumbuhan manusia. Hewan yang bisa dimanfaatkan susu nya adalah sapi, kambing dan kuda. Kandungan nutrisi pada susu hewan tersebut sangat baik bagi tubuh seperti tinggi akan kalsium dan protein. Dimana kalsium adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Sedangkan protein banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus.