Pengertian tanggung jawab adalah keadaan wajib dalam menanggung suatu hal. Dalam KBBI, tanggung jawab didefinisikan sebagai kewajiban dalam menanggung, memikul dan menanggung akibat yang ditimbulkan.

Secara makna, tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan perbuatan atau tingkah laku yang disengaja atau tidak di sengaja, sehingga mereka sadar akibat yang akan menimpanya. Dapat juga diartikan sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban.

Setiap individu memiliki tanggung jawab nya sendiri terhadap dirinya sendiri atau terhadap lingkungannya. Tanggung jawab individu harus berasal dari kesadaran dan hati nurani serta kemauan diri yang kuat dalam menanggung semua akibat yang ditimbulkan dari perbuatannya.

Timbulnya tanggung jawab itu disebabkan seorang anggota masyarakat yang hidup berdampingan dalam satu lingkup. Sehingga, agar tidak terjadi perselisihan dan perpecahan, manusia perlu memiliki rasa tanggung jawab atas dirinya dan persatuan dalam lingkungannya tersebut.

Sifat tanggung jawab adalah kodrati, sehingga sejak lahir manusia sudah diberikan tanggung jawab untuk mempertahankan dirinya sendiri dan tanggung jawab terhadap lingkungan atau orang lain.

Sehingga, tanggung jawab dapat dilihat dari sisi personal dan pihak lain yang terkait.

Jika ada seseorang yang tidak mau bertanggung jawab terhadap perbuatannya, maka orang lain akan memaksakan tanggung jawab tersebut kepada orang yang bertindak. Kecuali perbuatan anak yang belum bisa membedakan hal benar dan salah, maka tanggung jawab atas perbuatannya adalah orangtua.

Macam-macam tanggung jawab

Tanggung jawab adalah ciri-ciri manusia berada. Dimana, tanpa rasa tanggung jawab manusia akan mudah berbuat sesuatu tanpa memikirkan akibatnya. Berikut adalah beberapa macam tanggung jawab.

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Sebagai manusia haruslah bertanggung jawab kepada dirinya sendiri untuk selalu sadar dan mengembangkan kepribadian yang baik dan sesuai dengan norma. Dengan demikian, diri sendiri akan bermanfaat bagi orang sekitar. Contoh tanggung jawab untuk diri sendiri adalah kemandirian dalam berbagai hal yang menyangkut dengan bertahan hidup, kesehatan dan kebahagiaan.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga

Manusia adalah makhluk sosial, sehingga berkeluarga adalah hal yang sangat penting. Sikap kesadaran tidak lagi hanya untuk dirinya sendiri. Namun, tanggung jawab atas keluarganya dan keutuhan keluarga harus menjadi beban yang dipikul oleh semua anggota keluarga. Contohnya, seorang ayah yang memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

Setelah bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga, manusia juga harus ikut andil dalam sosial kemasyarakatan. Tidak mungkin, satu keluarga hidup dalam lingkup masyarakat tanpa ikut andil dalam ruang lingkup masyarakat kan. Sehingga, rasa tanggung jawab terhadap keutuhan dan ketentraman lingkungan masyarakat harus dijaga.

4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

Sebagai anggota masyarakat yang diakui, tentu kita diakui dan hidup dalam suatu negara. Sikap sadar terhadap kenyataan bahwa setiap manusia dan warga negara harus mematuhi segala konsekuensi sebagai manusia yang hidup dalam negara yang memiliki aturan dan hukum. Dalam berpikir dan bertindak tidak boleh semaunya sendiri sehingga mengancam keutuhan negara dan bangsanya. Apabila perbuatan seorang warga negara salah, maka Ia harus bertanggung jawab kepada negara melalui mekanisme hukum yang berlaku.

5. Tanggung jawab terhadap Tuhan YME

Sebagai manusia yang terlahir di dunia, jika kita memiliki akal pasti memikirkan siapa yang menciptakan kita. Kecuali orang-orang atheis yang tidak percaya akan adanya tuhan itu terserah mereka. Namun, sebagai manusia yang percaya Tuhan, rasa tanggung jawab terhadap Tuhan harus dilakukan melalui jalan masing-masing atau kepercayaan (agama) apapun sesuai keyakinan diri sendiri.