Poster adalah salah satu karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas berukuran besar, sedang atau kecil. Biasanya poster juga disebut sebagai plakat. Plakat banyak ditempelkan pada dinding atau permukaan datar yang biasanya di tempat umum seperti pinggir jalan.

Tujuan dibuatnya poster tentu saja untuk menarik perhatian mata khalayak ramai. Isi dari poster pun bermacam dengan tujuan tertentu.

Saat ini poster yang banyak disebar adalah poster iklan, yang tentu saja agar banyak yang membeli produk tertentu atau menghadiri acara/event tertentu. Selain itu, poster juga digunakan untuk media pendidikan, propaganda, sosialisasi dan bisa juga untuk dekorasi.

Selain sebagai media informasi, plakat atau poster juga bisa diisi dengan salinan karya seni terkenal seperti lukisan. Cat poster yang digunakan juga disebut sebagai cat plakat yang memiliki sifat pekat dan bersifat datar, sehingga cocok untuk dijadikan gambar dekoratif.

Apa yang dimaksud poster menurut para ahli

Definisi poster menurut para ahli memiliki pemahaman yang berbeda. Berikut adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian poster.

1. Nana Sudjana

Menurut Nana, poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan dimana tujuannya untuk mengundang perhatian publik yang melihatnya dan cukup lama dalam menanamkan gagasan kedalam ingatan.

2. Arsyad

Arsyad menjelaskan bahwa poster merupakan suatu media visual dua dimensi yang berisikan gambar dan pesan yang tertulis singkat namun memiliki pesan-pesan tertentu. Selain itu, poster juga mampu memengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

3. Rudi Susilana

Menurut Rudi, poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang orang yang lewat.

4. Sri Anitah

Sri Anitah menjelaskan poster sebagai suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat, padat dan jelas.

5. Depdikbud

Departemen pendidikan dan kebudayaan mendefinisikan poster sebagai suatu media yang terdiri dari lambang kata dan simbol yang sangat sederhana dan pada umumnya mengandung anjuran, larangan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.

Ciri-ciri Poster

Seperti karya seni lainnya, poster juga memiliki ciri dan karakteristik sebagai berikut ini.

1. Poster dibuat dengan desain grafis yang berisi teks dan gambar dengan menggunakan media kertas atau kain yang berukuran besar atau kecil dan tidak mudah rusak walau terkena panas dan hujan.

2. Poster sering dipasang pada dinding atau tempat tempat umum yang banyak dilihat oleh orang banyak.

3. Kontras warna yang digunakan poster sangat kuat, sehingga menarik perhatian publik.

4. Penyampaian pesan dan informasi disertai dengan gambar yang juga berhubungan dengan konteks pesannya.

5. Informasinya sangat singkat sehingga mudah untuk diingat meskipun dibaca sambil lalu.

6. Penggunaan kata-kata dalam poster terkesan unik, namun efektif dalam menyampaikan gagasan atau pesan.

Jenis jenis poster

Poster memiliki beberapa jenis sesuai dengan isinya dan tujuannya. Menurut isinya, poster dibedakan menjadi berikut.

  • poster niaga, yakni poster yang dibuat sebagai media komunikasi mengenai suatu produk dan jasa
  • poster kegiatan, menyampaikan informasi suatu event yang menyangkut khalayak ramai
  • poster pendidikan, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi yang mendidik masyarakat seperti jaga kebersihan.
  • layanan masyarakat, poster ini dibuat untuk menyampaikan informasi layanan masyarakat yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat.
  • karya seni, bersifat ekspresif dimana pesan yang dapat diartikan oleh setiap orang berbeda-beda.