Beberapa kali atau mungkin kalian sering mendengar kata toxic. Kata ini umumnya jadi kata familiar ketika mengobrol dengan teman dekat. Tetapi sebenarnya bukan toxic yang diucapkan atau dituliskan ketika chatting, tapi kata-kata kotor yang umumnya dikategorikan sebagai toxic.

Arti Kata Toxic

Kata toxic merujuk pada racun atau beracun. Sesuai dengan sifat racun, kata-kata yang termasuk ke dalam toxic ini dapat memengaruhi orang sekitar untuk terjerumus kedalam keburukan. Tidak hanya itu, toxic juga sering dikaitkan dengan sifat seseorang.

Menyusahkan seseorang, membuat sedih, menggoda untuk malas dan hal lain yang dapat menimbulkan keburukan adalah sifat dari toxic. Kamu mungkin akan menjauhi orang-orang toxic yang membuatmu jauh dari jalan baik, bahkan dari teman dekatmu sendiri.

Ciri-ciri Toxic People

Toxic people adalah orang-orang yang memiliki kepribadian yang sering menyusahkan dan merugikan orang lain baik secara fisik maupun emosional. Bukannya mau pilih-pilih teman, tapi kamu harus hati-hati dalam berkawan. Biasanya, teman toxic itu susah bahagia, sering iri, dengki dan tidak suka apabila ada orang lain bahagia, bahkan temannya sendiri.

Toxic people memiliki sikap egois dan hanya akan berteman apabila ada maunya. Mungkin setiap orang menilai dirinya sebagai orang baik, atau jangan-jangan kamu tidak sadar kalau kamu sendiri adalah orang yang ‘beracun’?

Inilah beberapa ciri-ciri seseorang sebagai toxic atau racun bagi lingkungan di sekitarnya. Semoga kamu bukan termasuk kedalam orang orang toxic ya.

1. Mau senangnya aja

Ketika teman atau di lingkungannya dalam keadaan normal dan bahagia, Ia pasti tak mau ketinggalan. Namun, ketika ada teman yang meminta bantuan biasanya orang toxic akan acuh tak acuh dan berkata maaf tidak bisa membantu. Selain itu, apabila Ia melakukan kebaikan sekali saja pasti akan selalu dibahas.

2. Tak memiliki sikap empati

Bukan hanya tak mau menolong, orang toxic biasanya sangat suka menghakimi temannya ketika melakukan kesalahan atau berada dalam masalah. Bukannya menolong, mendukung atau menghibur, orang seperti ini lebih suka menyalah-nyalahkan. Sekali memiliki empati, teman toxic memiliki maksud tersembunyi, misalnya sebagai alasan kalau dia pernah membantu dan berharap temannya membantu lagi.

3. Suka hutang dan tak mau membayar

Jenis toxic people yang satu ini mungkin orang yang membuat jengkel. Memang sih sebagai teman dekat kita bisa membantu dengan memberikan hutangan. Tapi, biasanya orang toxic akan memaksa hutang dan lupa untuk membayar kembali. Jika sudah terjebak dalam pertemanan seperti ini, lebih baik Anda menjauhinya atau justru kamu yang seperti itu?

4. Suka berbohong dalam hal apapun

Toxic people lebih sering melakukan kebohongan dalam hal apapun. Tak hanya berbohong untuk menutupi kesalahan, berbohong kerap dilakukan bahkan ketika ngobrol santai. Kenapa mesti berbohong? Toxic people ingin mendapat perhatian dan sanjungan atas cerita-ceritanya. Kalau jenis toxic people ini sih, mending di ‘iya’in aja daripada banyak omong.

5. Suka memanipulasi orang lain

Orang toxic apabila menginginkan sesuatu akan melakukan apapun untuk mewujudkannya. Dia akan ‘mengorbankan’ dan memanipulasi teman atau orang disekitarnya supaya mau melakukan apa yang dia inginkan. Bahkan dia sanggup berbohong ribuan hal supaya tujuannya terwujud.

6. Merasa paling hebat dan paling benar

Mungkin kamu dan teman-teman pernah melakukan perjalanan atau berwisata. Tak heran jika ada salah satu orang yang suka mengatur dan berkata bahwa apa yang dikatakan adalah hal paling benar. Apabila ada yang menyangkal, dia pasti akan melakukan apapun untuk mendukung perkataannya bahwa dia paling benar. Siapapun yang menyanggah, Ia akan membantah dengan beribu alasan yang bahkan tidak logis.