Integritas adalah sikap yang teguh mempertahankan prinsip-prinsip, normal, tidak korupsi dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri serta tidak goyah meski mendapat tekanan dari luar. Kata integritas bukan hanya sebatas semboyan, tetapi juga merupakan tindakan yang perlu diwujudukan.

Integritas berasal dari bahasa Inggris, integer, incorruptibility yang berarti teguh pendirian. Integritas juga memiliki makna mutu, sifat atau suatu keadaan yang menunjukkan kesatuan utuh sehingga memiliki potensi dalam memancarkan wibawa serta kejujuran. Seseorang dengan kepribadian berintegritas akan tampil penuh percaya diri serta tidak mudah terpengaruh.

Pembahasan apa itu integritas

Seperti yang telah dijelaskan bahwa integritas merupakan konsistensi atau keteguhan yang tak bisa digoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. Orang dapat disebut sebagai orang yang berintegritas apabila memegang seluruh nilai-nilai serta menerapkan nya dalam perilaku dan perbuatan.

1. Menurut Henry Cloud

Henry cloud menjelaskan bahwa apabila membahas mengenai integritas akan tidak lepas dari upaya menjadi seseorang yang terpadu pada setiap bagian diri, bekerja dengan baik dan menjalankan pekerjaan sesuai fungsinya sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Integritas menurut Henry sangat terkait erat dengan keutuhan dan keefektifan sebagai seorang manusia.

2. Menurut Ippho Santoso

Ippho Santoso menjelaskan integritas sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan. Menurut nya apabila merujuk pada asal katanya, integritas memiliki makna berbicara dengan utuh dan lengkap atau sepenuh-sepenuhnya.

3. Menurut Andreas Harefa

Andreas Harefa berpendapat bahwa integritas adalah tiga kunci yang dapat diamati seperti menunjukkan kejujuran, memiliki komitmen serta mengerjakan segala sesuatu dengan konsisten. Setiap perkataan dan perbuatan nya tercermin kejujuran dengan apa yang diucapkan.

4. Jacobs, 2004

Menurut jacobs integritas didefinisikan dengan menekankan pada konsistensi moral, keutuhan pribadi diri, serta kejujuran baik lisan maupun perbuatan.

5. Menurut Stephen R. Covery

Stephen membedakan antara kejujuran dan integritas dimana kejujuran adalah menyampaikan kebenaran, dan ucapannya sesuai dengan kenyataan. Sedangkan integritas ini membuktikan tidakannya sesuai dengan ucapan dari apa yang dia lakukan. Orang yang memiliki integritas dan kejujuran merupakan orang yang bebas dan merdeka tanpa pengaruh dari orang lain. Orang yang berintegritas dapat menunjukkan kemurnian dirinya sebagai seorang yanh tanggung jawab dan berdedikasi.

Ciri-ciri integritas

  • Orang yang jujur tidak menyembunyikan identitas aslinya untuk kebutuhan administrasi dan pendataan. Kecuali seorang intelijen yang wajib menyembunyikan identitas nya demi keamanan negara.
  • Bertindak sesuai dengan ucapannya juga merupakan ciri dari integritas. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa manusia dapat tak sesuai dengan ucapannya sehingga akan kembali disebut sebagai integritas apabila mau memperbaiki perbuatannya apabila melanggar ucapannya.
  • Sama di depan dan sama di belakang, artinya ketika berbicara kepada seseorang maka akan terus dilakukan meski tidak ada orang yang melihat.

Manfaat Integritas

Setiap kebaikan atau nilai-nilai luhur akan mengandung manfaat yang baik bagi pribadi yang melakukan maupun lingkungan tempat tinggal. Berikut ini adalah manfaat dari integritas.

1. Memiliki jiwa yang sehat

Secara psikis apabila seseorang telah berintegritas akan memiliki kondisi kejiwaan yang baik karena tidak memiliki perasaan was-was yang biasanya disebabkan oleh perbuatan yang melanggar. Sehingga perasaan khawatir atau takut ketahuan salah pada orang berintegritas tidak mengganggu.

2. Otak terlatih untuk berpikir kritis

Dalam suatu kondisi, seseorang akan dihadapkan pada situasi yang tidak direncanakan sebelumnya. Sehingga, melalui prinsip yang telah dipegang teguh, seseorang akan mampu mengkritisi masalah dengan berpegang pada aturan yang ada. Serta mempertimbangkan apa yang sebaik-baiknya untuk dilakukan.