Platypus Berkembang Biak dengan Cara

Hello Kawan Mastah! Siapa yang tidak mengenal platypus? Binatang yang terkenal karena penampilannya yang unik dan aneh. Platypus adalah binatang yang hanya ditemukan di Australia dan Tasmania. Binatang ini unik karena memiliki beberapa ciri-ciri yang tidak umum, seperti memiliki paruh mirip bebek, bulu berwarna coklat, dan ekor seperti beaver. Namun, tahukah kamu bahwa mereka juga mempunyai cara berkembang biak yang unik?

Platypus Betina Bertelur

Letakkan kursor pada gambar untuk melihat deskripsi

Gambar Platypus Bertelur
Gambar Platypus Bertelur Source Bing.com
  • Platypus betina bertelur
  • Tidak seperti mamalia pada umumnya yang melahirkan anak, platypus betina bertelur
  • Satupun dari 2 ovarium platypus betina dapat saja menghasilkan 2-3 butir telur
  • Telur platypus berkulit lembut dan berukuran kecil layaknya kismis

Platypus Bertelur Seperti Reptil

Proses perkembangbiakan platypus hampir mirip dengan reptil. Mereka bertelur dan tidak memberikan perawatan yang intensif pada anak mereka.

Setelah menetas dari telur, platypus anak memiliki ukuran yang sangat kecil, dengan panjang sekitar 15 milimeter dan beratnya kurang dari 0,5 gram. Anak-anak platypus ini disebut ‘puggles’, dan mereka sangat rentan terhadap predator

Platypus Jantan Bertanduk

Letakkan kursor pada gambar untuk melihat deskripsi

Gambar Platypus Jantan Bertanduk
Gambar Platypus Jantan Bertanduk Source Bing.com
  • Platypus jantan memiliki kelenjar racun pada bagian tumitnya
  • Platypus jantan juga memiliki taring di rahangnya yang berfungsi sebagai alat pertahanan diri
  • Taring pada platypus jantan tidak tumbuh sepanjang hidupnya. Pada usia 6 bulan, taring ini sudah mencapai ukuran maksimal

Platypus Berkembang Biak dengan Cara Aneh

Platypus Jantan Memamerkan Racunnya untuk Daya Tarik Betina

Platypus jantan memiliki cara yang unik untuk menarik perhatian betina. Mereka memamerkan racun pada tumit mereka saat ingin memikat hati betina.

Platypus jantan dalam masa kawin akan memamerkan bagian tumitnya yang terdapat kelenjar racunnya dengan cara mengangkat kaki belakang dan memamerkan tumitnya seperti sedang menari.

Platypus Betina Memilih Jantan dengan Taring Terbaik

Letakkan kursor pada gambar untuk melihat deskripsi

Gambar Taring Platypus
Gambar Taring Platypus Source Bing.com
  • Platypus betina memilih jantan dengan taring terbaik sebagai pasangannya
  • Taring platypus jantan yang panjang dan kuat merupakan pertanda kesehatan dan kebugaran
  • Platypus betina biasanya memilih jantan berdasarkan panjang taringnya

Platypus Betina Membuat Sarang Sederhana

Setelah memilih pasangan, platypus betina akan membuat sarang yang sederhana untuk bertelur. Sarang mereka dibuat dari rumput dan daun-daun di sekitar air.

Saat sarang sudah selesai dibuat, platypus betina akan bertelur di dalamnya dan tinggal menunggu telurnya menetas. Setelah menetas, anak platypus akan tinggal bersama betinanya selama beberapa bulan sebelum akhirnya dilepas ke alam liar.

FAQ

Bagaimana Proses Pembuahan pada Platypus?

Platypus jantan mempunyai kantong yang disebut kloaka, yang berfungsi sebagai tempat keluarnya sperma. Platypus betina mempunyai kloaka yang berfungsi sebagai tempat masuknya sperma dari jantan.

Setelah telur dikeluarkan oleh platypus betina, platypus jantan akan mengeluarkan sperma ke dalam kloakanya untuk membuahi telur.

Bagaimana Platypus Betina Merawat Anak-anaknya?

Setelah anak platypus menetas, mereka akan tinggal bersama betinanya selama beberapa bulan. Platypus betina memberikan perawatan yang minim pada anak-anak mereka dan hanya memberikan susu kepada mereka.

Platypus betina tidak mengajarkan anak-anak mereka cara berburu atau bertahan hidup. Anak platypus harus belajar sendiri setelah dilepas dari betinanya.

Apakah Platypus Terancam Punah?

Platypus termasuk spesies yang terancam punah karena habitat alaminya semakin terancam. Mereka juga menjadi korban pemburuan dan pembukaan lahan baru.

Sebagai spesies yang unik, upaya konservasi dan perlindungan perlunya dilakukan untuk menjaga kelestarian platypus dan habitat mereka.

Apakah Platypus Berbahaya bagi Manusia?

Platypus tidak berbahaya bagi manusia. Mereka cenderung menghindari kontak dengan manusia dan hanya menyerang jika merasa terancam.

Selain itu, racun yang dimiliki oleh platypus jantan tidak cukup kuat untuk membahayakan manusia.

Sekian artikel mengenai platypus berkembang biak dengan cara yang unik. Semoga dapat menambah pengetahuanmu tentang binatang yang unik dan langka ini!

Platypus Berkembang Biak dengan Cara