Cara Membuat Seblak Mie untuk Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Apa kabar? Pada artikel kali ini, saya akan berbagi cara membuat seblak mie yang lezat dan mudah untuk diikuti. Seblak mie adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari mie dan bumbu-bumbu yang pedas dan gurih. Bagi pecinta makanan pedas, seblak mie adalah pilihan yang tepat untuk disantap. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai pembuatan seblak mie, pastikan semua bahan-bahan sudah tersedia di dapur. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Mie instan
1 bungkus
Daun bawang
1 batang
Kol
50 gram
Wortel
50 gram
Bawang putih
3 siung
Cabe rawit
3 buah
Bawang merah
5 siung
Tomat
1 buah
Garam
secukupnya
Minyak sayur
3 sendok makan
Air
500 ml

Langkah-Langkah

Jangan khawatir, Kawan Mastah. Membuat seblak mie tidaklah sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang akan digunakan. Cuci bersih semua sayuran dan potong-potong sesuai dengan selera. Pisahkan mie dari bumbunya dan rebus mie dalam air mendidih selama 3-4 menit. Setelah itu, tiriskan mie dan sisihkan.

2. Tumis Bumbu-Bumbu

Setelah semua bahan siap, panaskan minyak sayur dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris halus hingga harum. Masukkan cabe rawit yang sudah diiris kecil-kecil dan tumis hingga layu. Jangan lupa tambahkan sedikit garam untuk menambah cita rasa.

3. Masukkan Sayuran

Selanjutnya, masukkan sayuran seperti kol dan wortel ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan tumis selama 3-4 menit hingga sayuran sedikit layu. Jangan lupa tambahkan garam lagi sesuai selera.

4. Tambahkan Air

Setelah sayuran layu, tambahkan 500 ml air ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan air mendidih. Setelah itu, masukkan mie yang sudah direbus dan aduk rata dengan bumbu dan sayuran. Biarkan seblak mie mendidih selama 3-4 menit hingga semua bahan matang sempurna.

5. Sajikan

Setelah seblak mie matang, angkat dari wajan dan sajikan di mangkuk. Taburi seblak mie dengan daun bawang yang sudah diiris halus dan potongan tomat yang segar. Seblak mie siap disantap!

FAQ

1. Apakah Seblak Mie Pedas?

Ya, seblak mie biasanya sangat pedas. Namun, tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera. Jika tidak suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabe rawit yang digunakan.

2. Apakah Seblak Mie Bisa Disimpan?

Seblak mie sebaiknya disantap langsung setelah dimasak. Jika ingin menyimpan, seblak mie harus disimpan di dalam kulkas dan harus dimakan dalam waktu 1-2 hari.

3. Apakah Seblak Mie Sehat?

Seblak mie mengandung banyak kalori dan garam, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, seblak mie tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Nah, itu tadi cara membuat seblak mie yang lezat dan mudah untuk diikuti. Selamat mencoba, Kawan Mastah!

Cara Membuat Seblak Mie untuk Kawan Mastah