Tata Cara Sholat Istikharah: Cara Mendapat Jawaban dari Allah SWT

Hello Kawan Mastah, Sholat istikharah adalah salah satu doa yang dilakukan umat Islam untuk meminta petunjuk dari Allah SWT. Sholat istikharah dilakukan ketika seseorang akan mengambil sebuah keputusan atau menjalani sebuah permasalahan. Tujuan dari sholat istikharah adalah untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT dalam memutuskan segala hal.

Apa Itu Sholat Istikharah?

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh umat Islam ketika akan mengambil suatu keputusan. Sholat ini dilakukan dengan tujuan memohon petunjuk dari Allah SWT dalam menentukan pilihan. Sholat istikharah juga sering disebut dengan sholat doa memohon petunjuk.

Sholat istikharah dilakukan dengan niat yang jelas dan dijalankan dengan sepenuh hati. Setelah selesai melaksanakan sholat istikharah, umat Islam diharapkan untuk merasa yakin dengan keputusannya dan tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Berapa Rakaat Sholat Istikharah?

Sholat istikharah dilakukan dengan empat rakaat yang dianjurkan dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Setelah selesai melaksanakan sholat, umat Islam diharapkan untuk tidur dan tidak berbicara dengan siapa pun.

Jumlah Rakaat
Waktu Dilakukan
4 Rakaat
Sebelum tidur malam

Cara Melakukan Sholat Istikharah

Untuk melaksanakan sholat istikharah, umat Islam dapat mengikuti tata cara berikut:

1. Berwudhu

Sebelum melaksanakan sholat istikharah, umat Islam harus berwudhu terlebih dahulu. Pastikan diri sudah bersih dan suci untuk melaksanakan sholat.

2. Mendirikan Sholat

Setelah berwudhu, umat Islam harus menunaikan sholat istikharah dengan empat rakaat. Ketika melaksanakan sholat, umat Islam harus memusatkan perhatian pada Allah SWT dan memohon petunjuk dalam hati.

3. Membaca Doa Istikharah

Sesudah selesai sholat, umat Islam membaca doa istikharah yang artinya adalah memohon petunjuk dan pertolongan kepada Allah SWT. Doa istikharah sebaiknya dibaca dengan khidmat dan khusyuk, serta diucapkan dengan lisan yang jelas.

4. Tidur

Setelah selesai membaca doa istikharah, umat Islam diharapkan untuk tidur dan tidak berbicara dengan siapa pun. Tidur yang nyenyak akan memudahkan seseorang dalam menerima jawaban dari Allah SWT.

FAQ

1. Apa itu sholat istikharah?

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh umat Islam ketika akan mengambil suatu keputusan. Sholat ini dilakukan dengan tujuan memohon petunjuk dari Allah SWT dalam menentukan pilihan.

2. Bagaimana cara melaksanakan sholat istikharah?

Untuk melaksanakan sholat istikharah, umat Islam harus berwudhu terlebih dahulu. Setelah itu, sholatkan empat rakaat sholat istikharah dengan memohon petunjuk dari Allah SWT dalam hati. Setelah selesai sholat, bacalah doa istikharah dan tidurlah dengan nyenyak.

3. Apa yang harus dilakukan setelah melaksanakan sholat istikharah?

Setelah melaksanakan sholat istikharah, umat Islam diharapkan untuk merasa yakin dengan keputusan yang diambil dan tidak ragu-ragu. Namun, jika masih ada keraguan, lakukanlah sholat istikharah lagi hingga merasa yakin.

4. Apa itu doa istikharah?

Doa istikharah adalah doa yang dibaca setelah selesai melaksanakan sholat istikharah. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk dan pertolongan dalam menjalankan pilihan hidup.

Tata Cara Sholat Istikharah: Cara Mendapat Jawaban dari Allah SWT