Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

Halo Kawan Mastah! Siapa yang suka dengan kue tradisional? Hari ini saya akan membahas tentang cara membuat kue lapis tepung beras yang lezat dan mudah dibuat. Kue ini sangat populer di Indonesia dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan penutup. Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue lapis tepung beras, mari kita siapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan
Jumlah
Tepung beras
300 gram
Tepung sagu
100 gram
Merica bubuk
1/4 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Santan kental
500 ml
Pandan
2 lembar
Gula pasir
250 gram
Gula merah
100 gram
Air
1 liter

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue lapis tepung beras.

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Tepung Beras

Untuk membuat adonan kue lapis tepung beras, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Mengukus Adonan Tepung Beras

Pertama-tama, kita akan membuat adonan tepung beras. Masukkan tepung beras ke dalam wadah dan tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus. Setelah itu, tambahkan merica bubuk dan garam ke dalam adonan tepung beras. Aduk rata.

Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm yang sudah dioles dengan margarin. Tuang setengah bagian adonan tepung beras ke dalam loyang dan ratakan. Kukus adonan tersebut selama 10-15 menit hingga matang.

Langkah 2: Membuat Adonan Santan

Selagi adonan tepung beras dikukus, kita bisa membuat adonan santan. Campurkan santan, gula pasir, dan pandan ke dalam panci. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga gula larut dan santan mengental. Setelah itu, angkat dan saring adonan santan agar tidak ada ampas pandan.

Langkah 3: Membuat Adonan Gula Merah

Adonan gula merah digunakan sebagai salah satu lapisan pada kue lapis tepung beras. Untuk membuat adonan gula merah, potong-potong gula merah dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan air dan masak gula merah dengan api kecil hingga gula larut dan mengental. Setelah itu, saring adonan gula merah agar tidak ada ampas. Sisihkan.

Langkah 4: Menumpuk Lapisan Kue

Setelah adonan tepung beras matang, keluarkan dari loyang dan potong-potong adonan menjadi persegi. Letakkan satu potongan adonan tepung beras pada loyang dan tuang adonan santan sedikit-sedikit di atasnya. Tambahkan adonan gula merah di atas adonan santan. Ulangi langkah ini hingga adonan tepung beras habis.

Kukus kue selama 10-15 menit hingga matang. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Kue lapis tepung beras siap dihidangkan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Apa yang harus dilakukan jika adonan kue lapis tepung beras terlalu kental?

Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit air hingga adonan menjadi lebih encer. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan air karena hal tersebut dapat mempengaruhi tekstur dari kue lapis tepung beras.

2. Apakah kue lapis tepung beras bisa disimpan di dalam kulkas?

Ya, kue lapis tepung beras bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Simpan kue dalam wadah kedap udara agar kue tidak mudah basi. Sebelum disajikan, dinginkan kue terlebih dahulu di suhu ruangan atau di dalam kulkas selama beberapa menit.

3. Bisakah tepung sagu diganti dengan tepung terigu?

Tepung sagu dapat diganti dengan tepung terigu jika tidak tersedia. Namun, perlu diingat bahwa textur dari kue lapis tepung beras akan berbeda jika menggunakan tepung terigu.

4. Mengapa adonan tepung beras harus dikukus terlebih dahulu?

Kukus adonan tepung beras terlebih dahulu dapat membuat adonan terlihat lebih jelas dan rata. Hal ini dapat mempengaruhi penampilan dari kue lapis tepung beras.

5. Bagaimana cara membuat kue lapis tepung beras dengan varian rasa yang berbeda?

Kue lapis tepung beras dapat diubah varian rasanya dengan menambahkan pewarna makanan atau bahan-bahan seperti cokelat atau keju parut. Namun, pastikan bahwa bahan-bahan tersebut cocok dan tidak mengganggu rasa dari kue lapis tepung beras.

Sekian tutorial tentang cara membuat kue lapis tepung beras yang lezat dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras